Conditional Type 1 Dan Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat


Sobat, ayo kita bahas bersama tentang Conditional Sentence Type 1 dalam materi kali ini. Jika sebelumnya sobat sudah sempat membaca penjelasan tentang Conditional Sentence yang saya buat, mungkin saat ini sobat sudah punya gambaran umum tentang materi kita kali ini ya. Tapi seandainya kamu belum sempat mempelajari materi itu, izinkan saya untuk membahas sekilas tentang Conditional Sentence secara umum.

Conditional Sentence  adalah pola kalimat dalam Bahasa Inggris yang menceritakan suatu kondisi dan dampaknya. Hal ini kita kenal juga dengan istilah kalimat pengandaian. Conditional Sentence terdiri dari dua buah klausa dimana satu klausa berperan sebagai syarat dan satu klausa lainnya adalah hasil yang terjadi jika syarat dalam klausa yang pertama tadi terpenuhi. Klausa yang berisi syarat atau kondisi ini disebut dengan “if clause” dan ia merupakan sebuah dependent clause. Klausa yang berisi result atau dampak adalah main clause atau induk kalimatnya. Conditional Sentence dibagi menjadi beberapa tipe dan Conditional Sentence Type 1 ini adalah salah satunya. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 1

Conditional Sentence Type 1

Pengertian Conditional Sentence Type 1

Conditional Sentence Type 1 adalah pola kalimat yang digunakan untuk membicarakan suatu hal yang memiliki kemungkinan untuk terjadi di masa depan selama kondisi yang menjadi syarat di bagian “if clause” nya terpenuhi atau terwujud. Perlu sobat perhatikan dengan jelas bahwa Conditional Sentence Type 1 ini fokusnya menyatakan bahwa suatu halmungkinterjadi, tapi belum pasti. Inilah yang membedakannya dengan Conditional Sentence Type 0, karena di dalam Conditional Sentence Type 0 hal yang dibicarakan adalah hal yangpastiterjadi sedangkan dalam Conditional Sentence Type 1 hanya sekedar “mungkin“.

Related: Artikel Ini Khusus Membahas Penggunaan Verb Go Dalam Kalimat

Contoh: If you come to the Mosque this afternoon, you will get a rice box. (Jika kamu datang ke Masjid sore ini, kamu akan dapat nasi kotak.)

Jika kita perhatikan dari kalimat di atas, kondisi yang disebutkan pada bagian “if clause” merupakan hal yang belum terjadi. Artinya, hal ini masih sangat mungkin untuk dilakukan atau diwujudkan. Oleh karena itu, dampak atau hasil yang disebutkan dalam main clause juga memiliki kemungkinan untuk terjadi. Tapi ingat! Hal ini tetap saja sebuah kemungkinan, artinya bisa saja walaupun kondisi pada bagian “if clauseterwujud dan si “you” benar-benar pergi ke Masjid sore itu, bisa saja dia tetap tidak diberi nasi kotak (misalnya jika ternyata pada saat dia sampai di Masjid namun jatah nasi kotak sudah habis).

Rumus Conditional Sentence Type 1

Berikut ini akan saya jabarkan rumus Conditional Sentence Type 1. Silahkan sobat ikuti pola berikut ini jika kamu ingin membuat kalimat dalam bentuk Conditional Type 1.

Rumus: If + Simple Present Tense, Simple Future Tense

Rincian: If + Subject + Verb 1, Subject + will + bare infinitive

Seperti biasa, struktur di atas bisa kita balik dan menempatkan main clause di depan. Jika sobat membalik rumus di atas, maka susunannya akan jadi seperti ini:

Rumus: Simple Future Tense + if + Simple Present Tense

Rincian: Subject + will + bare infinitive + if + Subject + Verb 1

Contoh Penggunaan Conditional Sentence Type 1 Dalam Kalimat

Berikut adalah beberapa contoh Conditional Sentence Type 1 yang bisa sobat jadikan sebagai bahan acuan dalam membuat berbagai contoh Conditional Sentence Type 1 ini:

Rina will finish her homework on time if she does it by herself. (Rina akan menyelesaikan PR-nya tepat waktu jika ia mengerjakannya sendiri).

If my brother come home late again, my father will be very angry.(Jika adik laki-laki saya pulang kerumah terlambat lagi, ayah saya akan sangat marah).

I will buy a car if I am promoted to be a new manager in Horizon Hotel.(Saya akan membeli sebuah mobil jika saya dipromosikan menjadi manager di Hotel Horizon).

I will give my sister a present if she can reach a high score in her classroom.(Saya akan memberikan saudara perempuan saya sebuah hadiah jika dia meraih nilai tertinggi di kelasnya).

I will take my family to Trans Studio Bandung  if my car is sold. (Saya akan mengajak keluarga saya ke Trans Studio Bandung jika mobil saya terjual).

Baca Juga: 25 Contoh Conditional Sentence Type 1 Beserta Artinya

Demikianlah penjelasan tentang Conditional Sentence Type 1 Dan Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat. Cobalah untuk berlatih membuat contoh kalimat dengan pola Conditional Sentence Type 1 ini, karena materi tentang Conditional Sentence termasuk tantangan berat yang akan sobat hadapi terutama dalam Ujian Nasional baik di tingkat SMP maupun SMA dan SMK. Terima kasih banyak sudah membaca artikel di Bigbanktheories.com, semoga bermanfaat bagi sobat semua yang sedang mempelajari Bahasa Inggris. Temukan juga penjelasan tentang materi Conditional untuk type lainnya di website kami. Kami tunggu kunjungannya lagi besok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *