Conditional Type 1 Dan Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat


Conditional sentence type 1 adalah salah satu jenis conditional sentence yang sudah sering kita dengar pamakaiannya. Conditional sentence atau yang sering dikenal sebagai kalimat pengandaian merupakan gabungan dari dua kalimat. Salah satu kalimatnya adalah kalimat bersyarat yang apabila terjadi maka kalimat satunya kemungkinan juga akan terjadi. Terdapat beberapa jenis atau tipe conditional sentence, yang tiap-tiap tipe-nya dipisahkan tergantung dari tingkat kemungkinan kejadian yang disebabkan kalimat syarat (if clause). Ayo kita pelajari bersama penjelasan materi tentang conditional sentence type 1 berikut ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 1

Conditional Sentence Type 1

Pelajari Pengertian Conditional Sentence Type 1 Ini

Conditional type 1 adalah bentuk kalimat pengandaian yang paling sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari dan akan terjadi dimasa mendatang, Maka, peluang terjadinya if clause masih sangat mungkin terjadi.

Contohnya : If you come to mosque this afternoon, they will give you a rice box. (Jika kamu datang ke masjid sore ini, mereka akan memberimu kotak nasi).

Related: Pengertian Intensive Pronoun Serta Contoh Penggunaannya

Kalimat diatas adalah gabungan dari dua kalimat dan menjadi satu kalimat. Kalimat pertama yaitu ‘If you come to mosque this afternoon’ adalah kalimat if clause (kalimat pengandaian) dan kalimat kedua yaitu ‘they will give you a rice box’ adalah akibat yang ditimbulkan apabila kalimat if clause benar terjadi. Artinya ‘jika kamu tidak datang me masjid, maka akibatnya pula kamu tidak akan dapat nasi kotak’.

Inilah Pola Kalimat Atau Rumus Conditional Sentence Type 1

Rumus kalimat conditional type 1 adalah sebagai berikut:

If + Subjek + Verb 1, Subjek + Will + Infintive

Atau:

If + Simple Present Tense + Simple Future Tense

Pola kalimat dalam conditional type 1 ini pun bisa di balik/di tukar strukturnya menjadi sebagai berikut:

Subjek + Will + Infintive, If + Subjek + Verb 1.

Atau:

Simple Future Tense + If + Simple Present Tense

Contoh Penggunaan Conditional Sentence Type 1 Dalam Kalimat

Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang bisa dijadikan bahan acuan sobat-sobat semua dalam membuat sebuah kalimat conditional type 1 ini:

Rina will finish her homework on time if she do it by herself. (Rina akan menyelesaikan PR-nya tepat waktu jika ia mengerjakannya sendiri).

If my brother come home late again, my father will be very angry.(Jika adik laki-laki saya pulang kerumah terlambat lagi, ayah saya akan sangat marah).

I will buy a car if I am promoted to be a new manager in Horizon Hotel.(Saya akan membeli sebuah mobil jika saya dipromosikan menjadi manager di Hotel Horizon).

I will give my sister a present if she can reach a high score in her classroom.(Saya akan memberikan saudara perempuan saya sebuah hadiah jika dia meraih nilai tertinggi di kelasnya).

I will take my family to Trans Studio Bandung  if my car is sold. (Saya akanmengajak keluarga saya ke Trans Studio Bandung jika mobil saya terjual).

Demikianlah penjelasan tentang Conditional Type 1 Dan Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat. Cobalah untuk berlatih membuat contoh kalimat dengan pola conditional sentence type 1 ini, karena materi tentang conditional sentence termasuk tantangan berat yang akan sobat hadapi terutama dalam Ujian Nasional baik di tingkat SMP maupun SMA dan SMK. Terima kasih banyak sudah membaca artikel di Bigbanktheories.com, semoga bermanfaat bagi sobat semua yang sedang mempelajari Bahasa Inggris. Temukan juga penjelasan tentang materi conditional untuk type lainnya di website kami. Kami tunggu kunjungannya lagi besok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *