Concluding Sentence Beserta Contoh Dan Cara Membuatnya


Hai sobat! Kali ini kita akan belajar tentang Concluding Sentence (kalimat kesimpulan) dalam Bahasa Inggris. Buat kamu yang belum tau apa itu yang dimaksud dengan concluding sentence, silahkan simak sebentar penjelasan singkat yang saya sajikan di bawah ini. Dalam tulisan kali ini akan dijabarkan secara bertahap mulai dari definisi atau pengertian concluding sentence, jenis-jenis concluding sentence, cara membuatnya serta contoh concluding sentence dalam Bahasa Inggris. Silahkan dibaca dan dipahami ulasan singkat berikut ini, saya harap informasi berikut ini bisa bermanfaat bagi sobat pembaca semua. – Bigbanktheories.com

Pengertian Concluding Sentence Dan Contohnya

Concluding Sentence Beserta Contoh Dan Cara Membuatnya

Pengertian Concluding Sentence

Saat kalian membaca sebuah karangan, kalian akan menemukan bahwa ada semacam pengulangan pernyataan yang telah disebutkan sebelumnya di paragraf terakhir. Bagian itu disebut concluding sentence.

Secara sederhana conclude itu artinya menyimpulkan, lalu bagaimana dengan concluding sentence?

Related: Penjelasan Lengkap Reflexive Verb Serta Contoh Kalimatnya

Apa itu concluding sentence?

Concluding sentence adalah suatu kalimat penutup di mana pada kalimat ini ide pokok di awal paragraf pertama beserta kalimat-kalimat penjelasnya disatukan menjadi suatu kesatuan. Fungsi concluding sentence sejatinya adalah menguatkan ide dari kalimat-kalimat yang telah ditulis sebelumnya.

Sederhananya seperti ini:

Ide pokok di paragraf pertama : Ada 3 alasan kenapa Budi disebut baik hati.

Ide pendukung ke 2: Budi suka membantu ayah.

Ide pendukung ke 3: Budi suka membantu tetangga.

Ide pendukung ke 4: Budi suka membantu Ibu guru.

Ide untuk concluding sentence: Budi adalah orang yang baik hatinya karena suka membantu ayah, tetangga, dan Ibu guru.

Dari ilustrasi di atas, kita bisa melihat bahwa concluding sentence menegaskan ide bahwa Budi adalah orang yang baik hatinya dengan menyertakan alasan-alasan yang telah ditulis pada paragraf sebelumnya.

Secara sederhana, concluding sentence itu adalah suatu kesimpulan. Bedanya, dalam menyusun concluding sentence ini, paragraf akan terlihat lebih baik jika menyertakan atau menyebutkan kembali ide-ide yang tergantung pada paragraf pendukung.

Namun, penting untuk diketahui, tidak semua paragraf itu memiliki dan harus memiliki concluding sentence. Ada kalanya suatu paragraf itu sangatlah pendek sehingga tidak diperlukan adanya concluding sentence.

Cara Membuat Concluding Sentence

Dalam membuat concluding sentence, kita tidak bisa hanya sekedar menulis semaunya saja. Berikut ini adalah beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam membuat concluding sentence.

Pertama, kita harus menyatakan kembali ide pokok yang terdapat di dalam paragraf. Misalnya jika paragraph itu mengenai “pentingnya berkendara dengan aman”, jangan tiba-tiba menulis tentang “indahnya persaudaraan”. Tentu saja ini akan menimbulkan ketidaksesuaian dan membuat pembaca bingung.

Kedua, pada dasarnya concluding sentence ini adalah rangkuman atau intisari dari sebuah paragraph. Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk membuat rangkuman berdasarkan poin-poin kunci yang ada di paragraf.

Misalnya, di suatu paragraf poin-poin pentingnya adalah mengenai “siapa itu Jomblo, apa yang Jomblo sukai, kapan Jomblo doa minta hujan, dsb” maka di concluding sentence haruslah berisi tentang poin-poin mengenai Jomblo, bukan yang lain.

Ketiga, ada kalanya concluding sentence adalah sebuah pernyataan mengenai kesimpulan berdasarkan informasi yang ada di dalam paragraf. Oleh karena itu, penarikan kesimpulan haruslah berdasarkan informasi yang terdapat di paragraf.

Misalnya jika kita menemukan poin-poin informasi seperti ini “dia cuek sama aku, dia jarang balas chat aku, dia cuma read chat aku, dia nggak pernah kasih kabar, dsb”, maka bisa disimpulkan bahwa “dia sudah tidak sayang aku lagi” atau “mungkin dia lelah” hehehe.

Keempat, ada kalanya concluding sentence itu memberikan suatu prediksi yang didasari oleh informasi detil yang ada di paragraf. Jadi, concluding sentence tidak boleh berisi hal-hal yang ada di luar informasi yang telah ditulis sebelumnya.

Misalnya, jika kita menemukan poin-poin informasi seperti ini “komet Halley terlihat pertama kali pada tahun 2002, komet Halley terlihat kedua kalinya pada tahun 2006, komet Halley terlihat kembali pada tahun 2010 untuk ketiga kalinya”, maka bisa diprediksi bahwa “komet Halley terlihat setiap 4 tahun sekali dan akan terlihat lagi pada tahun 2014.”

Dari empat poin di atas, dapat ditarik suatu benang merah bahwa hal yang terpenting dalam concluding sentence adalah adanya konsistensi serta relasi berdasarkan rentetan informasi-informasi yang telah diketahui sebelumnya.

Selain itu ada beberapa kata-kata transisi (transition word) yang bisa digunakan dalam membuat concluding sentence. Transition word memiliki makna yang beragam dan berfungsi untuk menandai bahwa kalimat setelahnya adalah sebuah concluding sentence. Berikut ini adalah beberapa transition word yang bisa digunakan untuk membuat concluding sentence.

all in all

in other words

in any event

in brief

in short

therefore

Contoh Concluding Sentence

Berikut ini adalah contoh concluding sentence yang terdapat pada suatu paragraf berdasarkan penjelasan-penjelasan yang telah saya tulis sebelumnya.

Paragraf dalam bahasa Indonesia.

Budi adalah salah satu temanku yang baik hati dan ada 3 alasan mendasar kenapa aku menilai dia sebagai orang yang baik hati. Pertama, dia rajin sekali membantu ayahnya dalam mengurus perkebunan yang mereka miliki. Kedua, Budi dikenal sebagai anak yang suka membantu tetangga yang membutuhkan bantuannya. Ketiga, Budi suka membantu Ibu guru di kelas untuk membawa peralatan yang diperlukan dalam kegiatan belajar dan mengajar. Karena itu, Budi aku anggap sebagai orang yang baik hati karena suka membantu ayahnya, tetangga, maupun Ibu guru.

Paragraf dalam bahasa Inggris.

Budi is one of my friends who is kind and I have 3 reasons why do I think he is a kind person. Firstly, he is so diligent to help his father in managing their farm. Secondly, Budi is well-known as a boy who always helps his neighbours who need his help. Thirdly, Budi loves to help teacher in carrying some stuffs that are needed in teaching and learning activity. Therefore, I think Budi is a kind person because he loves to help his father, neighbours, or even teacher.

Pada contoh paragraf di atas, dapat kita cermati strukturnya adalah sebagai berikut ini.

Ada 3 alasan kenapa Budi disebut baik hati.

Budi suka membantu ayah.

Budi suka membantu tetangga.

Budi suka membantu Ibu guru.

Budi adalah orang yang baik hatinya karena suka membantu ayah, tetangga, dan Ibu guru.

Kalimat pertama adalah ide pokok pada paragraf tersebut. Sementara pada kalimat 2, 3, dan 4 adalah kalimat-kalimat pendukung ide pokok pada kalimat pertama. Untuk kalimat ke 5, itu merupakan concluding sentence.

Jadi, seperti contoh di atas, concluding sentence tersebut tidak berisi hal lain. Concluding sentence tersebut berisikan mengenai alasan-alasan kenapa Budi disebut sebagai orang yang baik. Ingat, konsistensi adalah hal yang sangat penting dalam membuat concluding sentence.

Oke deh, itulah tadi pembahasan singkat tentang concluding sentence beserta contohnya dalam Bahasa Inggris, mudah-mudahan informasi yang saya sajikan kali ini bermanfaat bagi sobat pembaca semua, khususnya bagi kamu yang sedang mencoba memahami apa yang dimaksud dengan concluding sentence itu. Saya akhiri sampai disini, jika ada pertanyaan langsung saja lewat kolom komentar, sampai ketemu lagi dalam artikel lainnya dan jangan lupa baca juga Penjelasan Lengkap Analytical Exposition Text Dan Contohnya.

Referensi:

  1. Concluding Sentence – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-concluding-sentences-bahasa-inggris – Diakses tanggal 24 Mei 2018
  2. Concluding Sentence: Definition, Examples & Starters – https://study.com/academy/lesson/concluding-sentence-definition-examples-starters.html – Diakses tanggal 24 Mei 2018
  3. Concluding – https://www.ntid.rit.edu/sea/processes/paragraph/process/concluding – Diakses tanggal 24 Mei 2018
  4. Concluding Sentence – http://writeenglish.net/theconcludingentence1-1.php – Diakses tanggal 24 Mei 2018
  5. Concluding Sentences – http://writesite.elearn.usyd.edu.au/m3/m3u2/m3u2s5/m3u2s5_1.htm – Diakses tanggal 24 Mei 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *