Complement Dalam Bahasa Inggris Beserta Jenis Dan Contohnya


Complement dalam Bahasa Inggris adalah sebuah materi yang bisa dikatakan sangat penting untuk kita ketahui. Hal ini dikarenakan Complement berkaitan erat dengan keutuhan makna suatu kalimat. Kata “Complement” jika kita terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia artinya adalah “Pelengkap”, namun menurut saya meskipun materi ini disebut “pelengkap”, bukan berarti keberadaannya dalam sebuah kalimat menjadi hal yang bersifat opsional atau pilihan, karena sebuah kalimat yang membutuhkan complement justru akan terasa tidak utuh makna nya bila complement nya tidak diikutsertakan atau dimunculkan.

Complement dalam Bahasa Inggris bisa dibedakan menjadi beberapa jenis. Dalam kesempatan kali ini saya akan mengulas masing-masing jenis complement tersebut secara singkat beserta beberapa contohnya. Macam-macam complement dalam Bahasa Inggris adalah: Subject Complement, Verb Complement dan juga Object Complement. Masing-masing jenis complement tersebut sudah saya bahas secara lebih rinci dalam artikel yang terpisah, jadi jika sobat ingin mempelajari lebih jauh tentang salah satu macam complement tersebut, silahkan kunjungi link yang telah saya sediakan. Sekarang, ayo kita pelajari secara garis besar tentang apa itu complement dalam Bahasa Inggris. – Bigbanktheories.com

Pengertian Complement Dalam Grammar Beserta Contohnya

Complement Dalam Bahasa Inggris Beserta Jenis Dan Contohnya

Pengertian Complement

Yang dimaksud dengan Complement adalah sebuah kata atau lebih yang berfungsi untuk melengkapi makna atau memberi keterangan terhadap Subject, Verb dan juga Object. Dari sinilah asalnya tiga macam complement yang saya sebutkan di atas. Hanya dengan berdasarkan pengertian Complement ini, saya yakin sobat masih belum ada gambaran ya, seperti apa sih yang disebut dengan Complement itu? Nah, untuk menjawab rasa penasaranmu, di bawah ini akan saya paparkan secara singkat penjelasan dari masing-masing jenis Complement dalam Bahasa Inggris yang saya lengkapi juga dengan contohnya. Silahkan disimak.

Related: Emphatic “Do” Dalam Grammar Bahasa Inggris Dan Contohnya

Subject Complement

Secara sederhana, yang dimaksud dengan Subject Complement adalah sebuah kata atau frasa yang memberi keterangan terhadap subject dari sebuah kalimat. Sebuah subject complement akan selalu mengikuti sebuah linking verb seperti: to be, to feel, to become, to taste, to smell, to look,  dan juga to appear. Supaya kamu bisa memahami pengertian subject complement ini, silahkan perhatikan contoh berikut:

Contoh Subject Complement

Mr. Dikta is a writer.

Dalam contoh kalimat di atas, yang merupakan Subject Complement adalah “a writer”. Taukah kamu apa alasannya? Tentu saja jawabannya adalah karena frasa “a writer” memberikan keterangan terhadap subject kalimat yang dalam hal ini adalah “Mr. Dikta”. Dengan keberadaan Subject Complement, kalimat tersebut jadi memiliki makna yang utuh. Bayangkan jika kalimat tersebut kita potong sebatas “Mr.Dikta is” tentu kita akan bertanya-tanya “kenapa memangnya?” atau “siapa memang nya dia?”.

Dari penjelasan di atas, mungkin kamu mulai berani menyimpulkan ya bahwa berarti subject complement dari contoh di atas bisa kita ganti dengan keterangan yang lain. Ya, kesimpulan mu benar sekali sobat. Kita bisa saja mengganti nya dengan “Mr. Dikta is handsome” atau “Mr. Dikta is kind” dan sebagai nya. Bagaimana, sudah cukup jelas ya tentang subject complement.

Verb Complement

Verb Complement adalah kata atau kelompok kata yang melengkapi makna verb dalam sebuah kalimat. Secara sederhana, yang termasuk kedalam verb complement adalah object dari sebuah kalimat, baik itu berupa direct object maupun berupa indirect object. Saya yakin sobat sudah mengerti ya apa itu direct object dan indirect object. Oleh karena itu, saya juga yakin sobat pasti langsung paham sekarang dengan verb complement. Supaya semakin yakin, yuk kita lihat contoh verb complement di bawah ini:

Contoh Verb Complement

I love singing.

Dalam contoh kalimat di atas, yang menjadi verb complement adalah “singing”. Ingat, meskipun berbentuk “-ing” namun kata “singing” disini berfungsi sebagai gerund yang artinya ia dianggap sebagai noun (kata benda), yang membuatnya mampu menjadi sebuah object.

Bagaimana dengan bentuk object yang lainnya? Apakah bisa juga menjadi verb complement? Jawabannya, tentu saja. Sekali lagi ingat ya sobat, verb complement merupakan object dari suatu verb (kata lerja), apapun bentuknya.

Object Complement

Yang dimaksud dengan Object Complement adalah adjective (kata sifat) atau noun (kata benda) yang muncul setelah direct object dalam sebuah kalimat dan memberikan keterangan terhadap direct object tersebut. Hal yang penting uncut kita ketahui berkaitan dengan object complement ini adalah beberapa verb (kata kerja) yang memungkinkan munculnya penggunaan object complement dalam kalimat. Beberapa verb tersebut adalah: appoint, call, choose, elect, make, dan name. Supaya lebih jelas, perhatikanlah contoh penggunaan object complement berikut ini:

Contoh Object Complement

The class members elected Ardi their leader.

Dalam contoh di atas, yang merupakan object complement adalah “their leader”. Hal ini dikarenakan frasa “their leader” menjadi pelengkap yang memberikan keterangan terhadap object, yang dalam contoh kali ini adalah “Ardi”.

Bagaimana sobat, singkat dan sederhana kan penjelasan tentang complement dalam Bahasa Inggris kali ini. Saya harap informasi yang ada dalam tulisan ini bisa kamu pahami dengan mudah ya. Ingat, kamu juga bisa mempelajari masing-masing jenis complement di atas secara lebih mendalam dengan mengunjungi artikel khusus yang membahasnya secara terpisah. Terimakasih banyak atas kunjunganmu hari ini, semoga apa yang saya sajikan bermanfaat. Sampai ketemu lagi dan jangan lupa baca juga Perbedaan Complement dan Compliment Serta Contoh Kalimatnya.

Referensi:

  1. Pengertian, Contoh Kalimat Subject-Verb Complement Bahasa Inggris – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-subject-verb-complement – Diakses tanggal 28 Juli 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *