Common And Proper Noun Serta Contoh Penggunaannya


Apa yang dimaksud dengan proper noun? Dan apa pula yang membedakannya dengan common noun? Ikuti penjelasan kami dalam artikel kali ini untuk mengetahui contoh contoh proper noun dan common noun serta penggunaan keduanya dalam kalimat. Dan tidak hanya itu saja lho sobat, dalam artikel ini kami juga akan berusaha menyediakan semua hal yang perlu kamu ketahui seputar common and proper noun, mulai dari pengertiannya hingga tentang perbedaan antara keduanya. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Common Dan Proper Noun

Penjelasan Tentang Common And Proper Noun

Pengertian Common Noun Dan Proper Noun

Seperti yang sudah pernah kita pelajari, noun (kata benda) adalah kata yang kita gunakan untuk menamai orang, hewan, tempat, benda serta ide pikiran. Nah dari keseluruhan noun ini masih bisa kita klasifikasikan lagi secara lebih jauh menjadi common dan proper noun.

Pengertian Common Noun

Related: Penjelasan Tentang Particle Dalam Grammar Bahasa Inggris

Common noun adalah kata yang kita gunakan untuk menamai benda benda yang sifatnya umum. Seperti apa benda yang bersifat umum itu? Misalnya saja kamu masuk kedalam kamarmu, ada benda apa saja disana? Mungkin ada bantal (pillow), kipas angin (fan), kasur (bed), rak rakan (shelves), selimut (blanket) dan masih banyak lagi. Nah yang seperti inilah yang merupakan contoh common noun.

Apa lagi nih contoh dari common noun? Wah tentunya masih banyak sekali ya sobat, karena common noun ini ada dimana mana. Misalnya saja saat kita sedang keluar rumah, banyak sekali common noun yang bisa kita lihat, contohnya : sekolah (school), rumah (house), jalanan (street), mobil (car), pasar (market), dan sebagainya.

Bahkan saat kita melihat orang dan menyebutkannya, ini juga bisa termasuk kedalam common noun. Walaupun bahwa sebenarnya jika sudah menyangkut nama dan gelar, maka mereka akan termasu dalam proper noun. Tapi tetap ada kok beberapa common noun yang bisa kita gunakan dan merujuk ke kata benda “people”, misalnya saja : teacher (guru), writer (penulis), singer (penyanyi), boyfriend, girlfriend, chef dan sebagainya.

Hal yang perlu kita ingat saat belajar tentang common nouns ini adalah dalam penulisannya common noun ini pada umumnya tidak diawali dengan huruf capital (capital letter).

Contoh Kalimat Common Noun

I always want to live in a big city.

My teacher gave me too many homework.

Bagaimana sobat, cukup rinci ya penjelasan dan contoh common noun diatas. Selanjutnya ayo kita pelajari pengertian serta contoh dari proper noun agar kita tau apa bedanya antara common dan proper noun dalam Bahasa Inggris.

Pengertian Proper Noun

Proper noun adalah kata yang kita gunakan untuk menamai benda benda yang sifatnya spesifik. Apa maksudnya dengan benda yang spesifik? Maksudnya disini adalah kita menggunakan proper noun untuk menamai benda spesifik dari suatu jenis tertentu. Misalnya jenis benda nya adalah sepatu (shoes), maka contoh proper noun nya adalah merek nya seperti Nike, Converse dan sebagai nya. Dan perlu kita ingat, dalam penulisannya proper noun ini selalu diawali dengan huruf capital tidak perduli dimanapun mereka muncul dalam satu kalimat.

Bagaimana sobat, bisa dimengerti kan pengertian dan contoh proper noun yang telah kami berikan? Nah, supaya kamu lebih paham lagi tentang perbedaan common and proper noun, ayo kita lihat contoh kalimat proper noun berikut ini kemudian bandingkan dengan contoh common noun yang sudah kita baca sebelumnya.

Contoh Kalimat Proper Noun

I always want to live in a Jakarta.

Mr. Dirga gave me too many homework.

Bagaimana sobat? Saya yakin dengan dua contoh singkat ini sobat akan semakin mudah memahami perbedaan common and proper noun dalam Bahasa Inggris ya. Sekarang pastinya kamu sudah membayangkan lebih banyak lagi contoh common dan proper noun yang sebenarnya sudah kamu tau sejak lama. Oke kalau begitu jangan lupa untuk menuliskannya dalam buku catatanmu, karena artikel dari kami tentunya tidak begitu lengkap. Terimakasih untuk kunjungannya sobat, semoga materi dari kami bermanfaat. Sampai jumpa lagi.

Referensi :

  1. What Is A Proper Noun? – http://www.gingersoftware.com/content/grammar-rules/nouns/proper-noun/ – Diakses tanggal 3 Desember 2016
  2. Common Noun – http://www.gingersoftware.com/content/grammar-rules/nouns/common-noun/ – Diakses tanggal 3 Desember 2016
  3. Pengertian Dan Contoh Kalimat Common And Proper Noun – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-common-proper-nouns – Diakses tanggal 3 Desember 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *