Cleft Sentence Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya


Cleft sentence itu apa sih? Mungkin temen-temen juga penasaran ya dengan istilah yang satu ini. Awalnya saya juga berpikir begitu sobat, tapi ternyata setelah saya coba browsing dan cari penjelasan nya di google, saya baru tau bahwa kita sebenarnya sudah akrab dengan penggunaan kalimat yang disebut dengan “Cleft Sentence” ini sobat.

Sebagai buktinya, coba deh kamu perhatikan kalimat berikut ini “It was Alex who found the key.” Saya yakin sobat semua pernah ya mendengar kalimat dengan susunan atau konstruksi seperti ini. Nah, kalimat dengan pola seperti inilah yang ternyata disebut dengan “Cleft Sentence” itu sobat. Penasaran kan dengan pengertian Cleft Sentence dan contoh-contoh nya, temukan penjelasa lengkapnya di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Pengertian Cleft Sentence Dan Contohnya

Cleft Sentence Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Pengertian Cleft Sentence

Cleft sentence adalah struktur kalimat yang tergolong kedalam salah satu jenis complex sentence (memiliki main clause dan dependent clause) dalam Bahasa Inggris. Pola ini biasanya dikenal juga dengan sebutan “cleft construction” atau “cleft clause”. Menurut sumber yang saya baca, sebutan Cleft Sentence berasal dari kata “cleave” yang artinya “membelah”. Hal yang menarik adalah ternyata ada juga yang menerjemahkan “Cleft Sentence” kedalam Bahasa Indonesia sebagai “Kalimat Sumbing” karena kata “Cleft” yang berarti “sumbing”. Namun, menurut saya pribadi, pengertian “kalimat terbelah” lebih cocok sebagai terjemahan dari istilah cleft sentence ini.

Related: Verbal Phrase Dalam Bahasa Inggris Dan Jenis Jenisnya

Penggunaan cleft sentence ternyata memiliki fungsi tersendiri yaitu untuk memberi penekanan akan informasi tertentu yang terkandung di dalam kalimat. Awalnya saya juga bingung dengan penjelasan tentang cleft sentence yang saya temukan di internet, namun setelah saya menemukan contohnya di thoughtco(dot)com, saya jadi mendapat pencerahan akan fungsi dan pengertian cleft sentence dalam Bahasa Inggris. Contoh di bawah ini merupakan contoh Cleft Sentence yang mungkin dan bisa kita bentuk dari normal sentence atau kalimat normal berikut ini: Bimo bought a new bag yesterday.

Contoh Cleft Sentence yang bisa dibentuk:

It was Bimo who bought a new bag yesterday. (Fokusnya adalah Bimo)

It was yesterday that Bimo bought a new bag. (Fokusnya adalah yesterday “waktu kejadian”)

It was a new bag that Bimo bought yesterday. (Fokusnya adalah a new bag)

Bagaimana sobat, terasa kan perbedaannya? Nah, dari contoh di atas, kita juga bias melihat bahwa dalam Cleft Sentence, ada bagian dari kalimat yang akan berpindah posisi nya dari kalimat normal nya, dan inilah mungkin yang dimaksud dengan “terbelah” yang menjadi nama jenis kalimat ini. Selain itu, dari contoh di atas, kita bias menyimpulkan bahwa bagian kalimat yang bias di fokuskan atau diberi penekanan dengan menggunakan Cleft Sentence adalah: subject, object serta adverbial.

Cara Membentuk Cleft Sentence

Dalam Bahasa Inggris, ada beberapa cara ternyata yang bias kita lakukan untuk membentuk sebuah Cleft Sentence, namun yang paling umum dan sering digunakan adalah cleft sentence yang diawali dengan “it” atau yang dikenal dengan “it-clefts” dan uga yang diawali dengan “what” atau dikenal dengan “wh-cleft”. Contoh yang kita pakai di atas adalah contoh “it-cleft” karena diawali dengan “it”. Jika dituliskan, kira-kira rumus atau pola nya adalah seperti berikut ini:

It + Verb be + subject / object / adverbial (yang menjadi fokus) + subordinate clause

Contoh “It-clefts”

It was yesterday that I met her parents.

It was her parents whom I met yesterday.

It is the man who protects the bank from robbery.

Contoh “Wh-clefts”

What I need is an ice cream.

What I really wanted was to be with you.

What I enjoyed from the concert was the magic show.

Contoh Cleft Sentence Lengkap Dengan Berbagai Variasi

Berikut ini saya tampilkan beberapa contoh Cleft Sentence dengan berbagai variasi yang saya temukan di internet.

The reason why I went to dentist yesterday was to clean my teeth.

The thing that inspire me from your speech is your final statement.

The person who build the tree house was my grandfather.

All I want right now is a holiday.

Nah, itulah sobat penjelasan singkat tentang Cleft Sentence dalam Bahasa Inggris, saya harap informasi yang saya sajikan kali ini bias bermanfaat ya. Oh ya, jika melihat contoh di atas, ternyata sebuah cleft sentence bias diawali dengan kata “All” ya, lalu bagaimana menurutmu dengan lirik lagu Adele “All I ask”, apakah itu juga contoh penggunaan cleft sentence? Silahkan share pendapatmu di kolom komentar ya, terimakasih. Sampai ketemu lagi dan jangan lupa baca juga Perbedaan Click Dan Clique Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Cleft Sentence (It dan What) – https://www.wordsmile.com/cleft-sentence-it-dan-what – Diakses tanggal 15 September 2018
  2. Cleft Sentences – http://www.bbc.co.uk/worldservice/learningenglish/youmeus/learnit/learnitv149.shtml – Diakses tanggal 15 September 2018
  3. Definition and Examples of Cleft Sentences – https://www.thoughtco.com/what-is-cleft-sentence-1689851 – Diakses tanggal 15 September 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *