Classifying Adjective Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya


Classifying adjective adalah jenis kata sifat dalam Bahasa Inggris yang tergolong kedalam non-gradable adjective. Artinya, kata sifat yang masuk kedalam kategori classifying adjective tidak memiliki tingkatan level atau derajat. Hal ini tentu sangat berbeda dengan adjective lain yang masuk kedalam kelompok gradable adjective seperti misalnya kata “small” yang bisa diturunkan level nya menjadi “very small” dengan menambahkan adverb di depan adjective nya.

Mempelajari pengertian classifying adjective beserta contoh nya dapat membantumu untuk lebih mudah mengenali bentuk-bentuk adjective yang mungkin muncul dalam keseharianmu. Pemahaman akan materi ini juga akan mampu meminimalisir kesalahpahaman kita akan perubahan bentuk adjective dalam Bahasa Inggris. Pelajarilah materi ini dengan teliti, tidak perlu terlalu dibawa serius karena materi kali ini saya yakin sangat mudah dan menyenangkan untuk kamu baca. – Bigbanktheories.com

Classifying Adjective And Example

Classifying Adjective Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Pengertian Classifying Adjective

Classifying Adjective adalah adjective yang digunakan untuk mengelompokkan (to classify) kata benda (noun) berdasarkan jenis nya. Apa yang dimaksud dengan “jenis” di sini? Misalnya nih, kita punya sebuah kotak, benda yang kita miliki ini tentu bisa kita golongkan lagi dong kedalam beberapa jenis contohnya jika dilihat dari fungsi, mungkin kotak ini adalah “kotak musik”, atau jika dilihat dari jenis bahan nya, mungkin saja ini adalah “kotak kayu” atau bahkan bisa jadi ini adalah “kotak besi”. Kata sifat yang seperti inilah yang kita sebut dengan Classifying Adjective sobat.

Related: Ternyata Ini Perbedaan Dan Cara Penggunaan Kata So Dan Too

Seperti yang sudah saya sampaikan sekilas di atas bahwa Classifying Adjective ini adalah jenis adjective yang non-gradable atau tak memiliki tingkatan. Apa sih maksudnya? Yang dimaksud dengan non-gradable di sini adalah bahwa kata sifat yang berada dalam cakupan Classifying Adjective tidak bisa dimodifikasi dengan menggunakan adverb of degree seperti: very, extremely, rather, quite, enough, slightly dan sebagainya.

Supaya sobat lebih yakin, mari kita coba saja. Kita ambil satu contoh penggunaan Classifying Adjective misalnya pada frasa “kotak kayu” atau “wooden box”. Pada contoh ini, yang berperan sebagai adjective adalah kata “wooden” ya, nah bisakah kita menambahkan salah satu adverb of degree terhadap kata itu? Misalnya dengan mengubahnya menjadi “very wooden box” atau “wooden enough” ? jawabannya tentu saja tidak bisa. Ini artinya Classifying Adjective itu termasuk non-gradable adjective.

Contoh Classifying Adjective

Setelah sobat memahami pengertian Classifying Adjective di atas, kini saatnya saya menunjukkan beberapa contoh Classifying Adjective yang sering kita temui dalam berbagai teks Bahasa Inggris.

1.I really want to buy a wooden chair.

(Saya sangat ingin membeli sebuah kursi kayu.)

2.I don’t play any musical instrument.

(Saya tidak memainkan alat music apapun.)

3.Welcome to the annual sport competition of SMK Wiyata Mandala.

(Selamat datang di pertandingan olahraga tahunan SMK Wiyata Mandala.)

4.I always love American car.

(Saya selalu menyukai mobil Amerika.)

5.This is my medical report.

(Ini adalah laporan medis milik saya.)

6.Exercising in the morning is my daily routine.

(Berolahraga di pagi hari adalah rutinitas harian saya.)

7.Wearing sexy clothes is prohibited in eastern culture.

(Mengenakan pakaian seksi itu dilarang dalam budaya timur.)

8.Last week we went to my grandmother’s paddy field.

(Minggu kemarin kami pergi ke sawah milik nenek.)

9.I used to climb this guava tree when I was eight years old.

(Saya dulu sering memanjat pohon jambu biji ini saat saya masih berusia delapan tahun.)

10.My phone doesn’t have any external memory.

(Hape saya tidak memiliki memori eksternal sama sekali.)

Oke deh sobat, seperti itulah penjelasan singkat tentang Classifying Adjective yang bisa saya bagi melalui artikel kali ini, saya harap penjelasan yang saya sajikan tidak ribet untuk dipahami ya. Semoga sobat mendapat pengetahuan baru dengan berkunjung ke website saya hari ini. Terimakasih banyak atas waktu yang sudah kamu luangkan untuk membaca artikel kali ini, silahkan lanjutkan dengan membaca Daftar Kata Terpanjang Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya.

Referensi:

  1. Classifying Adjectives – https://www.studyladder.com/games/activity/classifying-adjectives-32978 – Diakses tanggal 6 Mei 2019
  2. Pengertian dan Contoh Kalimat Classifying Adjective Bahasa Inggris – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-classifying-adjectives – Diakses tanggal 6 Mei 2019
  3. Classifying Adjectives: Word That Group Objects – https://www.thoughtco.com/what-is-classifying-adjective-1689753 – Diakses tanggal 6 Mei 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *