Cepat Memahami Pengertian Dan Penggunaan Relative Pronouns


Memahami pengertian serta penggunaan relative pronouns harus bisa kita lakukan dengan cepat. Mengapa begitu? Hal ini tentunya karena relative pronoun sangat penting peranannya dalam kalimat dan juga sangat sering digunakan. Jika kita menghabiskan waktu yang lama untuk mempelajarinya maka mungkin akan sulit bagi kita untuk bisa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan lancar.

Melalui penjelasan dalam artikel kali ini, kami akan mencoba membantumu agar lebih cepat memahami pengertian dan penggunaan relative pronouns. Selain bahasa penjelasan yang mudah dimengerti, contoh contoh yang akan kami tampilkan juga merupakan contoh kalimat yang kemungkinan besar sudah pernah kamu dengar sebelumnya, dan kami percaya hal ini akan mempercepat proses pemahamanmu. Silahkan baca artikel ini sampai selesai ya sobat. – Bigbanktheories.com

Relative Pronoun

Pengertian Dan Penggunaan Relative Pronouns

Pengertian Relative Pronoun

Sebuah relative pronoun adalah kata ganti (pronoun) yang digunakan untuk merujuk atau mengarahkan ke noun (kata benda) yang telah disebutkan sebelumnya. Noun yang dirujuk bisa berupa benda, tempat, orang, hewan, ataupun ide. Kita bisa menggunakan relative pronoun untuk menghubungkan dua kalimat.

Related: Penjelasan Lengkap Word Order Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Hanya ada beberapa kata saja yang merupakan relative pronoun dalam Bahasa Inggris. Yang paling umum digunakan misalnya: which, that, who, whom, whose, whoever, whomever, whichever, serta kata what, when dan where yang juga bisa berfungsi sebagai relative pronoun dalam situasi tertentu. Nah, karena hanya ada sedikit kosakata yang termasuk dalam relative pronoun, maka tidak banyak juga aturan tentang penggunaan relative pronoun ini dalam kalimat. Baca dan pahami peraturan berikut ini ya sobat.

Peraturan Pemakaian Relative Pronoun Dalam Kalimat

Saat relative pronoun digunakan dalam kalimat, mereka bisa berfungsi sebagai possessive pronoun, object, ataupun subject.

Saat relative pronoun digunakan untuk mengenalkan restrictive relative clauses, tidak diperlukan comma (tanda koma) sebagai pemisah antara restrictive clause dengan main clause nya.

Dalam American English, kata “whom” jarang digunakan sebagai relative pronoun dalam percakapan lisan. Namun dalam hal menulis, tetap gunakan kata ini ya jika diperlukan.

Rumus Lengkap Penggunaan Relative Pronoun Dalam Kalimat

Kita tau bahwa relative pronoun ini tidak bisa berdiri sendiri dan akan selalu menjadi bagian dari sebuah clause yang disebut dengan relative clause yang posisinya dalam kalimat adalah sebagai subordinate clause. Sedangkan relative clause ini akan menjadi bagian dari sebuah complex sentence yang merupakan gabungan dari independent clause dengan subordinate clause. Dengan penjelasan ini, maka seperti inilah bentuk rumus lengkap penggunaan relative pronouns dalam kalimat.

Relative Clause : Relative Pronoun +/- Subject + Verb

Complex Sentence : Independent Clause + Relative Clause

Contohnya :

Relative Pronoun: Who

Relative Clause: who can watch my cat while I go on vacation.

Complex Sentence: I am looking for someone who can watch my cat while I go on vacation.

Nah bagitulah sobat penjelasan mudah tentang relative pronoun dalam Bahasa Inggris, mudah mudahan bisa membantu kamu agar lebih cepat menguasai materi ini ya. Sebagai penutup, akan kami tampilkan beberapa contoh penggunaan relative pronoun dalam kalimat.

Contoh Kalimat Relative Pronoun

The wrestler who won the battle last night is from Kalimantan.

(Pegulat yang memenangkan pertandingan tadi malam berasal dari Kalimantan.)

The toy that I bought yesterday is already broken.

(Mainan yang saya beli kemarin sudah rusak.)

The small café on Kartini street, where we usually spend time together, is closed.

(Kafe kecil di jalan Kartini, dimana kita biasa menghabiskan waktu berdua, sekarang tutup.)

Oke deh sobat, sampai disini dulu, terimakasih untuk kunjungannya. Kami minta maaf jika ada kesalahan dan kekurangan dalam penyampaian materi kali ini, sampai jumpa lagi di artikel lainya.

Referensi :

  1. Relatives Pronoun – http://www.gingersoftware.com/content/grammar-rules/relative-pronouns/ – Diakses tanggal 21 November 2016
  2. Pengertian, Penggunaan dan Contoh Kalimat Relative Pronouns – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-relative-pronouns – Diakses tanggal 21 November 2016

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *