Catenative Verbs Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya


Catenative verbs adalah salah satu jenis verb (kata kerja) dalam Bahasa Inggris yang penting untuk kita pelajari. Meski mungkin secara tidak sadar kita sebenarnya telah sering menggunakan jenis verb ini dalam percakapan sehari-hari, namun memahami pengertian serta contoh penggunaannya tentu akan sangat bermanfaat bagi kita.

Istilah “Catenative” yang menjadi namanya ini ternyata berasal dari Bahasa Latin yaitu “catena” yang berarti “rantai”. Bila kita coba terjemahkan sendiri dengan menggunakan arti dari Bahasa Latin itu, maka “Catenative Verbs” bisa bermakna “kata kerja berantai”. Jadi penasaran kan sekarang seperti apa sebenarnya yang dimaksud dengan Catenative Verbs itu. Simak penjelasan singkatnya di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Catenative Verb

Catenative Verbs Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Pengertian Catenative Verbs

Catenative verbs adalah nama untuk verb yang bisa diikuti oleh verb lain dalam klausa yang sama sehingga membentuk sebuah rangkaian verb (chain verb). Dari bentuk nya yang seperti rantai inilah nama Catenative Verbs muncul sebagai label dari verb yang unik ini. Mengapa hal ini tergolong unik? Karena ternyata tidak semua verb bisa berfungsi sebagai Catenative Verbs. Perhatikan contoh Catenative Verbs berikut ini:

Related: Pengertian Nonfinite Verbs Serta Tipe Dan Contoh Kalimatnya

I love swimming.

Pada contoh di atas, yang merupakan contoh Catenative Verbs adalah kata “Love” yang kemudian diikuti dengan verb lain, yang dalam hal ini berbentuk verb-ing yaitu “swimming”. Bagaimana sobat? Sudah paham kan sekarang apa yang dimaksud dengan Catenative Verbs itu? Saya yakin saat ini kamu juga mulai menyadari bahwa selama ini kamu ternyata sudah sering menggunakan Catenative Verbs dalam kalimat yang kamu ucapkan.

Sebelum kita masuk ke pembahasan contoh Catenative Verbs, sobat perlu tau bahwa verb yang bisa mengikuti sebuah Catenative Verbs bisa berbentuk: infinitive (bare infinitve / to infinitive), verb –ing, dan past participle.

Contoh Catenative Verbs

Berikut ini akan saya tampilkan beberapa contoh Catenative Verbs beserta pasangan verb yang bisa mengikuti nya:

Catenative Verbs + infinitive

Beberapa verb berikut ini adalah contoh Catenative Verbs yang sering diikuti oleh bentuk infinitive: afford, agree, apply, arrange, ask, beg, choose, claim, dare, decide, demand, deserve, determine, expect, fail, help, hesitate, hope, let, manage, mean, offer,  prepare, pretend, promise, refuse, seek, struggle, swear, threaten, volunteer, want, dan wish.

Contoh:

I want to buy an ice cream. (want: Catenative Verbs, to buy: to infinitive)

Let go of him! (Let: Catenative Verbs, go: bare infinitive)

Catenative Verbs + Verb –ing

Cukup banyak ternyata contoh Catenative Verbs yang bisa diikuti oleh verb –ing. Beberapa diantaranya adalah: admit, anticipate, appreciate, avoid, can’t help, can’t stand, consider, deny, dislike, enjoy, escape, fancy, finish, get used to, give up, go, imagine, involve, justify, keep on, look forward to, mention, mind, postpone, practice, put off, report, risk, save, stop, suggest, dan tolerate.

Contoh:

I look forward to meeting you. (look forward to: Catenative Verbs, meeting: verb – ing)

Do you mind telling me the answer? (mind: Catenative Verbs, telling: verb –ing)

Catenative Verbs + to infinitive / verb –ing

Sebagian Catenative Verbs ternyata ada yang bisa diikuti oleh bentuk “to infinitive” dan juga “verb –ing”. Perubahan bentuk verb yang mengikuti Catenative Verbs tersebut ada yang berdampak pada perubahan makna nya dan ada pula yang tidak. Beberapa verb tersebut adalah: can’t bear, begin, bother, come, continue, hate, like, love, need, regret, remember, prefer, start, dan try.

Contoh:

Don’t bother to come to my party. / Don’t bother coming to my party.

(Artinya tidak berubah: Jangan repot-repot datang ke pestaku.)

Catenative Verbs + past participle

Setelah mencari di beberapa sumber, ternyata bagian inilah yang paling sedikit. Salah satu Catenative Verbs yang diketahui bisa diikuti oleh bentuk past participle adalah verb “Get”.

Contoh: He got paid in dollar. (got: Catenative Verbs, paid: past participle)

Itulah sekilas penjelasan tentang Catenative Verbs dalam Bahasa Inggris yang bisa saya bagikan. Jika terdapat kekurangan dalam materi yang saya sajikan kali ini, saya mohon maaf dan harap bisa dimaklumi. Semoga informasi yang ada dalam postingan ini bermanfaat bagimu, sampai jumpa lagi dalam bahasan materi lainnya. Silahkan pelajari juga Pengertian dan Contoh Central Determiner Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Catenative Verbs – https://www.englishclub.com/grammar/verbs-catenative.php – Diakses tanggal 9 Mei 2019
  2. Catenative Verb – https://en.wikipedia.org/wiki/Catenative_verb – Diakses tanggal 9 Mei 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *