Cara menggunakan Which Dan That Yang Tepat Serta Contohnya


Kamu bingung tentang cara menggunakan kata Which dan That yang tepat dalam sebuah kalimat? Jangan takut dan malu saya juga bingung kok, hehe dulunya. Tapi seiring berjalannya waktu dan dengan beberapa kali latihan membuat kalimat dengan kata “Which” dan “That” akhirnya saya mendapat pencerahan, tsee-ching (bunyi kalo dapet ide di film kartun).

Dari pencerahan yang saya dapet, inilah kira kira sedikit penjelasan yang bisa saya bagikan buat sobat pembaca semua tentang perbedaan “Which” dan “That”, serta cara yang tepat untuk menggunakan keduanya dalam kalimat. Baca pelan pelan ya gaees, jangan sampe kamu melewatkan poin penting dari penjelasan berikut ini, kalo sampe terlewat bisa bisa kamu harus balik lagi dan baca artikel ini dua kali hehe. – Bigbanktheories.com

Relative Pronoun

Perbedaan Which Dan That

Cermati Perbedaan Kata Which Dan That Dalam Sebuah Kalimat

Ayo kita perhatikan dua kalimat berikut ini, salah satu kalimat menggunakan “Which” dan kalimat lainnya menggunakan “That”. Ingat ya, kedua kalimat ini benar namun memiliki makna yang berbeda. Dengan memperhatikan kalimat berikut, kamu akan mendapatkan gambaran tentang perbedaan Which dan That dalam kalimat Bahasa Inggris.

Related: Penjelasan Dan Contoh Pronoun Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Kalimat 1 : The shoes, which have purple stripes, are new.

Kalimat 2 : The shoes that have purple stripes are new.

BeTi ya sob, hehe alias beda tipis. Dalam kalimat pertama, kata “which have purple stripes” merupakan informasi tambahan tentang “The shoes”, yang artinya si pembicara memberitahukan pada si pendengar bahwa sepatu sepatu itu bergaris ungu, dan semuanya baru.

Tapi dalam kalimat kedua, kata “that have purple stripes” bermaksud membatasi sepatu mana yang sedang kita bicarakan. Kita tidak sedang membicarakan tentang semua sepatu, tapi kita hanya sedang membicarakan tentang sepatu yang bergaris ungu saja. Jadi pada kalimat ini, hanya sepatu bergaris ungu yang baru.

Weew, sedikit panjang ya penjelasannya, jangan terburu buru, baca lah lagi contoh kalimat Which dan That diatas beserta penjelasannya. Kalau kamu sudah yakin memahami contoh dan penjelasan tersebut, baru lanjutkan membaca artikel ini.

Dari penjelasan diatas, inilah aturan atau cara menggunakan which dan that yang tepat : Gunakanlah kata “Which” (jangan lupa penempatan koma seperti contoh) jika kelompok kata yang mengikutinya merupakan tambahan informasi. Dan gunakanlah kata “That” jika tujuan kita adalah membatasi benda yang sedang kita bicarakan.

Inilah Beberapa Contoh Kalimat Menggunakan Which Dan That

The house that I was telling you about is next to the post office.

Leap years, which have 366 days, contain an extra day in february.

Cats that are naughty will be put in a cage.

The cake, which was chocolate, tasted delicious.

Sebagian besar orang memang masih sering tertukar dalam menentukan penggunaan Which dan That yang tepat dalam kalimat. Oleh karena itulah muncul angapan bahwa Which dan That memang bisa saling menggantikan. Sebenarnya sih ini tidak apa apa, tapi akan lebih baik kalau kita terus berlatih tentang cara menggunakan Which dan That dalam kalimat Bahasa Inggris.

Terimakasih telah menyempatkan membaca artikel kami tentang Cara menggunakan Which Dan That Yang Tepat Serta Contohnya dalam kalimat Bahasa Inggris. Kami harap artikel singkat ini dapat memberikan masukan pengetahuan baru bagi rekan rekan pembaca semuanya. Kami tunggu kunjungannya lagi besok ya sobat, sampai jumpa.

Referensi :

  1. Using Which And That Correctly – http://www.betterwritingskills.com/tip-w022.html – Diakses tanggal 27 Juni 2016
  2. That vs Which – http://www.diffen.com/difference/That_vs_Which – Diakses tanggal 27 Juni 2016
  3. Which Versus That – http://www.quickanddirtytips.com/education/grammar/which-versus-that-0?page=1 – Diakses tanggal 27 Juni 2016

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *