Cara Membaca Angka, Tanggal Dan Tahun Dalam Bahasa Inggris


Halo temen-temen, pada artikel kali ini kita akan mempelajari cara membaca angka, tanggal dan tahun dalam Bahasa Inggris yang tentunya masih berhubungan dengan materi sebelumnya tentang Cardinal and Ordinal numbers. Melalui pembahasan kali ini, temen-temen akan mengetahui pentingnya mempelajari materi tentang numbers dan cara pengucapannya, karena kemampuan untuk membaca tanggal dan tahun dalam Bahasa Inggris akan sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam dunia pendidikan dan dunia kerja.

Terdapat perbedaan dalam cara untuk membaca angka dalam Bahasa Inggris dengan cara membaca angka dalam Bahasa Indonesia. Dalam Bahasa Inggris untuk membaca angka berupa angka desimal atau pecahan terdapat aturan-aturan tertentu yang harus kita perhatikan. Hal yang sama juga berlaku dalam cara membaca tanggal dan tahun dalam Bahasa Inggris. Jadi jika temen-temen nantinya agak kesulitan dalam memahami materi kali ini, itu adalah hal yang sangat wajar.

Sekarang ayo kita perhatikan penjelasan tentang cara membaca angka, tanggal dan tahun berikut ini. – Bigbanktheories.com

Related: Negative Adverb Dalam Grammar Beserta Contoh Dan Artinya
Cara Pengucapan Dan Penulisan Tanggal Dan Tahun Dalam Bahasa Inggris

Cara Membaca Angka Tanggal Dan Tahun Dalam Bahasa Inggris

Aturan Tentang Cara Membaca Angka, Tanggal Dan Tahun Dalam Bahasa Inggris

Cara Membaca Tanggal Dalam Bahasa Inggris

Untuk menyebutkan tanggal dalam Bahasa Inggris, kita akan menggunakan Ordinal number. Dalam proses menuliskannya, kita dapat menuliskan nama bulannya terlebih dahulu kemudian diikuti dengan penulisan tanggalnya. Perhatikan contoh berikut ini:

Tanggal 25 Desember – December 25th – Dibaca : The twenty-fifth of December

Tanggal 03 Oktober – October 3rd – Dibaca : The third of October

Cara Membaca Tahun Dalam Bahasa Inggris

Membaca tahun dalam Bahasa Inggris memang agak sedikit rumit karena banyak aturan yang berlaku. Namun secara umum ikutilah langkah-langkah berikut agar temen-temen dapat membaca tahun dalam Bahasa Inggris dengan lebih mudah. Untuk membaca tulisan “tahun” dalam Bahasa Inggris, kita bisa memisahkan angka tahun tersebut menjadi dua bagian terlebih dahulu menjadi 2 angka diawal dan 2 angka diakhir (contoh: 1985 – menjadi “19” dan “85”). Selanjutnya, bacalah terlebih dahulu dua angka diawal sebagai satu kesatuan seperti contoh diatas, angka awalnya adalah “19”, kemudian dilanjutkan dengan dua angka terakhir yang juga dibaca sebagai satu kesatuan. Perhatikanlah beberapa contoh berikut ini:

Tahun 1985 – “19” dan “85” – Dibaca : Nineteen eighty-five

Tahun 1980 – “19” dan “80” – Dibaca : Nineteen eighty

Kalau temen-temen menemukan angka Nol pada bagian depan dari dua angka terkahir, maka angka Nol tersebut kit abaca seperti membaca huruf O dalam Bahasa Inggris. Berikut ini adalah contohnya :

Tahun 1903 – “19” dan “03” – Dibaca : Nineteen o three

Tahun 1608 – “16” dan “08” – Dibaca : Sixteen o eight

Untuk pengucapan tahun setelah tahun 2000, kita boleh menggunakan pola seperti diatas dan boleh juga langsung menambahkan kata Two thousand, diikuti dengan angka belakangnya. Contohnya :

Tahun 2005 – Dibaca : Two thousand five

Tahun 2010 – Dibaca : Two thousand ten

Cara Membaca Bilangan Desimal Dalam Bahasa Inggris

Desimal dalam Bahasa Inggris dibaca sebagai “point”. Cara membacanya adalah dengan menyebutkan angka tersebut satu persatu. Untuk lebih jelasnya perhatikan contohberikut ini :

Angka 0.5 – Dibaca : point five atau zero point five.

Angka 2.75 – Dibaca : Two point seven five

Angka 1.753 – Dibaca : One point seven five three

Cara Membaca Pecahan (Fractions) Dalam Bahasa Inggris

Dalam membaca pecahan, kita akan menggabungkan Cardinal number dan Ordinal Number. Cardinal number kita gunakan di posisi Pembilang (Numerator) sedangkan Ordinal number kita gunakan di posisi penyebut (Denominator). Kita harus merubah penyebut menjadi bentuk plural dengan menambahkan huruf “s” jika angka di posisi pembilang lebih dari satu, kecuali jika penyebutnya adalah angka “2”, yang akan dibaca sebagai “half” dan perubahannya adalah menjadi “halves”. Perhatikan contoh berikut :

Pecahan ½ – Dibaca : One half atau a half

Pecahan ¼ – Dibaca : One fourth atau a quarter

Pecahan 1/3 – Dibaca : One third

Pecahan ¾ – Dibaca : Three fourths

Pecahan 2/3 – Dibaca : Two thirds

Pecahan 3/2 – Dibaca : Three halves

Sebenarnya masih ada beberapa cara membaca angka dalam Bahasa Inggris yang penting seperti cara membaca persen, membaca jumlah uang, membaca ukuran dan sebagainya, namun cara membacanya tidak jauh berbeda dengan cara membaca angka dalam Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, pembahasan kita tentang Cara Membaca Angka, Tanggal dan Tahun dalam Bahasa Inggris kita akhiri sampai disini dulu. Terimakasih telah berkunjung lagi ke bigbanktheories.com semoga artikel-artikel di website ini bermanfaat bagi temen-temen, sampai jumpa di artikel selanjuntnya.

Referensi :

  1. Numbers in English – http://www.edufind.com/english-grammar/numbers-english/ – diakses tanggal 27 Februari 2016

2 THOUGHTS ON “Cara Membaca Angka, Tanggal Dan Tahun Dalam Bahasa Inggris”

  1. Sangat membantu, terima kasih 🙂


    1. Halo Momogi, terimakasih juga untuk komentarnya ya, kami sangat senang kalau artikel kami bisa bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *