Cara Dan Contoh Penggunaan Tanda Baca Quotation Marks


Quotation marks artinya tanda kutip ( “ ..” ) bila kita terjemahkan dalam Bahasa Indonesia. Kita semua tentu pernah menggunakannya saat menulis. Biasanya kita menggunakan tanda ini saat menyebutkan istilah istilah khusus dalam tulisan kita, atau juga untuk mengutip perkataan seseorang. Dan masih banyak lagi contoh penggunaan quotation marks ini yang mungkin sudah pernah kita lakukan. Tapi apakah kita sudah menggunakannya dengan cara yang tepat dan memang sesuai dengan fungsi tanda baca quotation marks ini? Ayo kita cari tau bersama. – Bigbanktheories.com

Punctuation In English - Quotation Marks

Cara Dan Contoh Penggunaan Quotation Marks

Pengertian Quotation Marks

Quotation marks adalah punctuation (tanda baca) yang kita gunakan untuk menunjukkan atau menandai awal dan akhir dari sebuah kata (word) atau frasa (phrase) yang kita rasa sebagai sesuatu yang special atau merupakan sesuatu yang berasal dari luar teks yang sedang kita tulis. Quotation marks bisa dalam bentuk double ( “. . .” ) ataupun single ( ‘ . . .’ ) tergantung pilihan kita sebagai pengguna, namun ada ketentuan tambahan juga mengenai hal ini yang akan kita pelajari dalam artikel kali ini.

Tanda baca quotation marks ini umumnya dikenal juga dengan istilah “Quotes” atau “Inverted Commas”. Banyak sekali contoh penggunaan tanda baca ini dalam menulis, misalnya saja menampilkan kutipan percakapan dari sebuah short story, mengutip artikel, serta menampilkan quote dari karya tulis seperti penelitian ilmiah dan thesis.

Related: You And I Atau You And Me Manakah Yang Benar ?

Jika kita pikirkan penggunaan quotation marks ini sepertinya mudah ya sobat. Karena mungkin kita sudah pernah dan sering menggunakan tanda baca ini. Tapi perlu kita akui juga saat quotation marks ini dikombinasikan dengan punctuation lainnya dalam kalimat, seperti : full stop (tanda titik), comma (koma), colon, semicolon, serta question marks, maka agak menimbulkan kebingungan juga tentang aturan yang benar nya seperti apa. Untuk itu, ayo kita pelajari bersama.

Aturan Dan Contoh Penggunaan Quotation Marks

Berikut ini hal hal yang perlu kita perhatikan saat ingin menggunakan quotation marks dalam kalimat. Yang pertama akan kita pelajari adalah bagaimana contoh penggunaan quotation marks ini dengan tanda baca yang lain.

Aturan Penggunaan Quotation Marks Bersama Punctuation Lain

Full Stop / Period (tanda titik)

Jika kutipan yang akan kita tampilkan berakhir dengan full stop maka tanda full stop atau period nya berada didalam quotation marks Namun jika tidak, maka tanda full stop nya berada di luar quotation marks.

Contohnya :

She said “I miss you.”

Karena kutipan berupa kalimat utuh dalam bentuk simple sentence dan berakhir dengan tanda titik (full stop) maka penempatan tanda titiknya yaitu didalam quotation marks.

Comma (tanda koma)

Tanda comma dari kutipan yang kita ambil akan berada di dalam quotation marks.

Contohnya :

“Yes, I do” she said.

Colon (tanda titik dua), Semicolon (tanda titik koma), Question Mark (tanda tanya), exclamation mark (tanda seru)

Selain tanda baca full stop dan comma, umumnya tanda baca tersebut akan berada di luar quotation marks dalam penulisannya. Namun jika tanda baca tersebut merupakan bagian dari kutipan (quoted material) maka tanda tersebut bisa berada di dalam quotation marks.

Contohnya :

Should I buy “Harry potter 7 CD”?

My friend asked me “Do you have Harry potter z CD?”

Selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara kita menunjukkan adanya quotation dalam tulisan yang sedang kita baca, atau menunjukkan quotation marks saat berbicara.

Cara Membaca Quotation Marks Saat Berbicara

Walau sudah bisa menggunakannya dalam tulisan, tapi terkadang kita masih bingung bagaimana cara membacanya atau cara pengucapan tanda quotation marks saat berbicara. Berikut ini beberapa cara membaca quotation marks dalam Bahasa Inggris.

Quote – Quotation – Unquote

Cara pertama adalah dengan mengucapkan “quote” lalu disambung dengan kutipannya dan diakhiri dengan mengucapkan “unquote”.

Contohnya :

Tulisan : She asked, “Will you still be my friend?”

Dibaca : She asked, quote, will you still be my friend?, unquote.

Open Quotes – Quotation – Close Quotes

Cara yang kedua mirip dengan cara pertama, namun bedanya adalah yang di ucapkan di awal dan di akhir yaitu “open quotes” dan “close quotes”. Mari kita lihat contohnya.

Contohnya:

Tulisan : Long time ago the scientist said, “We cannot find the cure for cancer.”

Dibaca : Lng time ago the scientist said, open quotes, we cannot find the cure for cancer, close quotes.

Quote, Unquote – Quotation

Pola ini juga bisa digunakan dalam konteks pembicaraan informal, karena umumnya pola ini mengandung makna ketidak percayaan atau ketidak setujuan terhadap hal yang dikutip.

Contohnya :

Tulisan : Oscorp Technology scientists’ believe that they have found a real life “angel” in the pacific ocean.

Dibaca : Oscorp Technology scientists’ believe that they have found a real life, quote, unquote angel in the pacific ocean.

Nah itulah tadi sobat cara membaca quotation marks dalam Bahasa Inggris. Sebagai penutup kami akan membahas mengenai penggunaan single dan double quotation marks.

Penggunaan Single atau Double Quotation Marks

Meskipun kita bisa menggunakannya sesuai pilihan kita, namun ada aturan khusus dalam penggunaan single and double quotation marks ini, yaitu pada saat kita ingin menempatkan quotation marks di dalam quotation marks. Caranya mudah saja, jika dalam quotation marks besarnya kita menggunakan double quotation marks, maka untuk quotation marks kecilnya kita gunakan single quotation marks, dan begitu juga sebaliknya.

Oke sobat, itu saja yang bisa kami bahas seputar cara dan contoh penggunaan tanda baca quotation marks dalam Bahasa Inggris, semoga bisa dimengerti dengan mudah. Kami minta maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian materi kali ini, sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya.

Referensi :

  1. Quotation Marks (double, single) – https://www.englishclub.com/writing/punctuation-quotation-marks.htm – Diakses tanggal 27 November 2016
  2. Pengertian Dan Contoh Penggunaan Quotation Marks (“…”) – http://www.wordsmile.com/penggunaan-quotation-marks-tanda-kutip – Diakses tanggal 27 November 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *