Can Not Atau Cannot Ejaan Yang Tepat Dalam Bahasa Inggris


Sobat, pernahkah kamu mengalami kesulitan untuk menentukan mana ejaan yang tepat dalam menuliskan kata “Cannot” dalam Bahasa Inggris? Saat dalam situasi ini, mungkin kamu akan bertanya-tanya, yang benar itu “Can not”, “Cannot” atau “Can’t” ya? Dan akhirnya kita pun terkadang memutuskan untuk memilih secara acak tanpa tau alasannya.

Can not, Cannot dan Can’t merupakan hal yang sangat sering kita jumpai penggunaannya di keseharian kita. Saat kita menggunakan nya dalam percakapan santai mungkin ejaan yang tepat tidak terlalu menjadi masalah ya, selama lawan bicara kita mengerti apa yang kita maksudkan. Tapi jika yang kita hadapi adalah masalah menulis, terlebih lagi saat tulisan itu bersifat resmi, tentu kita harus tau cara penulisan kataCannotyang benar. Hal inilah yang akan kita pelajari dalam postingan kali ini sobat. – Bigbanktheories.com

Can Not vs Cannot

Can Not Atau Cannot Ejaan Yang Tepat Dalam Bahasa Inggris

Can not atau Cannot

Ada tiga pilihan yang membingungkan kita saat kita ingin mengungkapkan “tidak bisa” dalam Bahasa Inggris, yaitu: Can not, Cannot dan Can’t. Hal pertama yang perlu sobat ketahui adalah bahwa ketiga nya memiliki ejaan yang tepat dan ketiganya sama-sama digunakan dalam Bahasa Inggris namun memang ada perbedaannya.

Related: Pengertian Dan Penggunaan Hasta Dalam Bahasa Inggris

Jika yang ingin kamu ungkapkan adalah “tidak bisa” atau dalam artian bentuk negative dari “Can”, maka ada dua pilihan yang bisa kamu gunakan yaitu: Cannot atau Can’t. Keduanya sama saja, namun kamu perlu menyesuaikan tempat dan waktu pemakaiannya saja, karena sebenarnya “Can’t” merupakan contraction atau kependekan dari “Cannot”, sehingga kata “Can’ttidak cocok untuk digunakan pada situasi formal, terlebih lagi dalam tulisan. Jadi jika kamu ingin mengungkapkan “tidak bisa” dalam sebuah tulisan resmi yang berbahasa Inggris, gunakanlah kata “Cannot”.

Lalu bagaimana dengan “Can not”? bentuk yang satu ini, ternyata hanya muncul saat kata “not” tersebut merupakan bagian dari konstruksi lain dalam sebuah kalimat yang kebetulan mengandung kata “can” juga. Misalnya saja pada konstruksi “not only . . . but also”. Perhatikan contoh berikut:

This company can not only produce beneficial product for the society, but also keep the sustainability of the environment.

(Perusahaan ini tidak hanya mampu menghasilkan produk yang bermanfaat bagi masyarakat, namun juga menjaga kelestarian lingkungan.)

Kesimpulannya, jangan sekali-kali menggunakan bentukCan not” jika yang kamu maksud adalah versi negative dari “Can”, karena yang tepat adalah “Cannot” atau “Can’t”. Tapi meski begitu, kamu juga perlu tau kalau dalam Oxford English Dictionary, sebenarnya dijelaskan bahwa “Cannot” adalah cara modern dalam menuliskanCan not” yang sudah dikenal luas. Berarti mungkin awalnya adalah “Can not” namun sekarang sudah dibakukan menjadi “Cannot”. So, jangan sampai salah lagi ya sobat.

Contoh Penggunaan “Can not” dan “Cannot” dalam Kalimat

Anisa can not only play violin, but also piano.

(Anisa tidak hanya bisa bermain biola, namun juga piano.)

I cannot give any statement before the evidence is enough.

(Saya tidak bisa memberi pernyataan apapun sebelum buktinya cukup.)

Roby and Andrea can not only finish their project, but also help other students to finish theirs.

(Roby dan Andrea tidak hanya menyelesaikan proyek mereka, namun juga membantu siswa lain menyelesaikan tugas mereka.)

I can’t go out with you tonight, because I have homework.

(Aku tidak bisa pergi denganmu malam ini, karena aku ada PR.

Oke deh sobat, seperti itulah tadi penjelasan singkat tentang Can not dan Cannot yang sering kali membingungkan kita dari segi ejaan atau spelling nya. Saya harap kamu bisa memahami penjelasan di atas dengan mudah. Silahkan kunjungi website ini lagi besok untuk mengikuti perkembangan materi Bahasa Inggris terbaru yang ada di sini. Sampai jumpa lagi dan jangan lupa baca juga Beda Can Dan Be Able To Dalam Bahasa Inggris Serta Contohnya.

Referensi:

  1. Cannot, Can Not or Can’t – Which Should I Use? – https://www.grammarly.com/blog/cannot-or-can-not/ – Diakses tanggal 16 Mei 2019
  2. “Cannot” or “Can not” – https://en.oxforddictionaries.com/usage/cannot-or-can-not – Diakses tanggal 16 Mei 2019
  3. Cannot or Can Not? – https://www.dailywritingtips.com/cannot-or-can-not/ – Diakses tanggal 16 Mei 2019
  4. Yang Mana yang Benar: Cannot atau Can not – https://www.wordsmile.com/contoh-kalimat-cannot-or-can-not – Diakses tanggal 16 Mei 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *