Berbagai Preposition Combinations Dalam Bahasa Inggris


Saat sudah semakin jauh mempelajari tentang preposition dalam Bahasa Inggris maka kini sudah saatnya kamu mempelajari materi tentang preposition combinations. Karena materi ini bukanlah tergolong materi dasar, namun lebih cenderung kepada materi lanjutan. Nah, jika kamu sudah sampai pada tahap mempelajari kombinasi preposition dengan beberapa part of speech lain, ini artinya kemampuan Bahasa Inggris mu sudah semakin meningkat, jadi kamu boleh bangga dengan kemajuan proses belajarmu.

Prepositions combinations ini termasuk kedalam materi pembelajaran lanjutan karena menurut beberapa orang materi ini harus dipelajari dengan “hati” hehe. Mengapa begitu ya? Ternyata ini karena tidak ada aturan atau alasan khusus mengapa beberapa kosakata bisa bergabung dan membentuk pasangan pasangan kata yang disebut dengan preposition combinations ini. Sejauh ini yang dilakukan oleh pembelajar Bahasa Inggris adalah mencoba memahami makna dan menggunakan pola pasangan preposition dengan kosakata lain yang sudah tercipta.

Selain itu juga preposition combinations ini sangat sering penggunaannya dalam kalimat, jadi jika kamu sudah sampai tahap mempelajari materi ini, berarti interaksimu dengan penggunaan Bahasa Inggris sudah sangat baik. Bahkan saking pentingnya hal ini menjadi salah satu elemen penting untuk ukuran kemahiran dalam berbahasa Inggris. Jadi sekali lagi kami beritaukan pada sobat semua, kamu harus bersyukur jika kamu sudah mencapai tahapan mempelajari materi ini, karena akan sangat bermanfaat bagimu terutama dalam menghadapi tes kemahiran penggunaan Bahasa Inggris. – Bigbanktheories.com

Related: Inilah Yang Dimaksud Dengan Object Complement Dalam Grammar
Contoh Preposition Combinations

Berbagai Preposition Combinations Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Preposition Combinations

Preposition combinations adalah kombinasi antara preposition dengan kata kata lain dalam sebuah kalimat. Beberapa kelas kata atau part of speech yang bisa berkombinasi dengan preposition adalah noun, adjective dan verb. Berikut ini adalah beberapa contoh preposition combinations dalam Bahasa Inggris.

Berbagai Contoh Preposition Combinations

Noun + Preposition

Beberapa contoh “Noun + Preposition” combinations misalnya: solution to, expert at, lack of, information about, anger at, reason for, interest in, access to dan masih banyak lagi. Sekarang kita akan coba gunakan salah satu preposition combinations tersebut dalam kalimat.

Contoh: I don’t have access to the control room. (Saya tidak memiliki jalan masuk ke ruang control.)

Adjective + Preposition

Beberapa contoh “Adjective + Preposition” combinations misalnya: afraid of, accustomed to, aware of, bored with, certain of, disappointed with, familiar with, famous for, frightened by, happy with, interested in, opposed to, satisfied with, surprised at, surprised by, tired of, worried about, angry about, good at, qualified for, different from, similar to dan masih banyak lagi. Sekarang kita akan coba gunakan salah satu preposition combinations tersebut dalam kalimat.

Contoh: My sister is afraid of Cat. (Adik perempuan saya takut kucing.)

Verb + Preposition

Beberapa contoh “Verb + Preposition” combinations misalnya: agree on, agree with, approve of, arrive at, arrive in, complain about, comment on, consist of, depend on, laugh at, succeed in, believe in, care about, decide on, look after, stare at, talk about dan masih banyak lagi. Sekarang kita akan coba gunakan salah satu preposition combinations tersebut dalam kalimat.

Contoh: I agree with you. (Saya setuju dengan kamu.)

Selain kombinasi diatas, ada satu tambahan lagi yaitu phrasal-prepositional verb, yang merupakan kombinasi dari verb, particle, dan preposition. Phrasal-prepositional verb ini dibagi menjadi dua tipe. Dalam tipe 1 particle dengan preposition nya tidak bisa dipisahkan, tapi dalam tipe 2 particle dan preposition nya bisa dipisahkan dengan menggunakan direct object. Berikut beberapa pasangan kata yang termasuk kedalam tipe 1 dan 2.

Tipe 1: run out of, come up against, look out for dan sebagainya.

Tipe 2 : fix . . . up with, put . . . down on, let . . . in on dan sebagainya.

Contoh: I can fix it up with a screwdriver. (Aku bisa memperbaiki itu dengan obeng.)

Itulah tadi sobat sekilas materi yang bisa kami tampilkan seputar preposition combinations dalam Bahasa Inggris. Atas kekurangan dan kesalahan dalam materi yang kami sajikan, kami minta maaf dan tentunya akan kami usahakan untuk diperbaiki. Terimakasih untuk kunjungannya hari ini, semoga apa yang ada dalam artikel ini bermanfaat bagi sobat pembaca semua, jangan lupa kunjungi kami lagi dilain waktu.

Referensi:

  1. Preposition Combinations – http://www.michigan-proficiency-exams.com/preposition-combinations.html – Diakses tanggal 26 Desember 2016
  2. Preposition Combinations (Kombinasi dengan Part Of Speech Lain) – http://www.wordsmile.com/kombinasi-preposition-dengan-part-of-speech – Diakses tanggal 26 Desember 2016

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *