Berbagai Macam Possessive Forms Dalam Bahasa Inggris Lengkap


Possessive form dalam Bahasa Inggris tidak hanya ada satu macam saja. Jika di bahas secara terperinci maka ada 3 macam bentuk possessive yang perlu kita pelajari. Sebelum melangkah lebih jauh, kami ingin tau dulu nih, apa sobat sudah tau apa yang dimaksud dengan possessive yang sedang kita bicarakan ini? Kalau belum, jangan khawatir sobat, karena jawabannya mudah sekali, possessive artinya kepunyaan atau kepemilikan, jadi yang akan kita bahas dalam artikel kali ini adalah bentuk bentuk kepemilikan, dalam artian kita akan mempelajari bagaimana cara menunjukkan bentuk kepemilikan ini dalam sebuah kalimat Bahasa Inggris.

Setelah mengetahui pengertian possessive dan possessive forms, tentunya sobat ingin tau juga penjelasan lengkap dan contohnya. Untuk itu, kami sudah menyiapkan artikel ini, yang akan membahas secara lengkap tentang berbagai macam possessive forms dalam Bahasa Inggris sekaligus memberikan contoh cara penggunaan untuk masing masing jenis possessive forms tersebut. Yuk kita pelajari bersama. – Bigbanktheories.com

Pengertian Possessive Forms Serta Contoh Kalimatnya

Berbagai Macam Possessive Forms Dalam Bahasa Inggris

Berbagai Macam Possessive Forms Dan Penjelasannya

Berikut ini adalah penjelasan lengkap untuk materi Bahasa Inggris tentang 3 jenis possessive forms (bentuk bentuk kepemilikan), mulai dari jenisnya, pengertiannya, hingga contoh penggunaan dalam kalimat. Mari kita mulai dari jenis yang pertama yaitu possessive noun.

Related: Pengertian Dan Contoh Personal Pronouns Dalam Bahasa Inggris

Possessive Noun

Possessive noun merupakan cara yang mudah untuk menunjukkan kepemilikan dalam sebuah kalimat. Cukup dengan menambahkan punctuation (tanda baca) berupa apostrophe ( ‘ ) diikuti dengan satu huruf “ s “ saja, sudah cukup untuk mengubah noun yang merupakan owner menjadi bentuk possessive. Perhatikan contoh berikut ini:

The car’s front wheel

Rozak’s bicycle

My parents’ house

Jika kita perhatikan terdapat sedikit perbedaan pada contoh yang ketiga ya sobat. Terlihat bahwa yang muncul hanya tanda baca apostrophe saja tanpa diikuti huruf “s”, hal ini dikarenakan noun yang menjadi ownernya berupa plural noun dan berakhiran huruf “s”, jadi yang perlu dimunculkan hanya tanda apostrophe nya saja. Pelajari selengkapnya tentang aturan penggunaan apostrophe dalam possessive noun.

Jenis possessive form selanjutnya yang juga perlu untuk kita pelajari adalah possessive adjective.

Possessive Adjective

Possessive adjective juga merupakan salah satu cara untuk menunjukkan “possession” atau kepemilikan dalam sebuah kalimat Bahasa Inggris. Karena berupa adjective, maka fungsinya adalah member keterangan pada noun yang dituju, hanya ada beberapa kosakata tertentu yang termasuk kedalam jenis possessive adjective ini yaitu: my, your, her, his, its, our dan their. Bentuk ini digunakan sebagai pengganti possessive noun saat owner dari benda yang sedang dibicarakan dianggap sudah jelas baik bagi pembicara maupun pendengar. Perhatikan contoh berikut ini:

My roommate

Your sister

Her brother

His nephew

Bagaimana, mudah dipahami kan. Ingat, saat menggunakan possessive adjective, noun yang diterangkan harus ikut dimunculkan juga. Pelajari selengkapnya dalam artikel yang membahas khusus tentang possessive adjective.

Selanjutnya jenis possessive forms ketiga yang perlu kita ketahui adalah possessive pronoun.

Possessive Pronoun

Possessive pronoun adalah salah satu cara untuk menunjukkan kepemilikan dalam Bahasa Inggris yang juga bisa kita gunakan sebagai alternative dari cara yang telah kita bahas di atas. Perbedaan antara penggunaan possessive pronoun dengan dua cara lain yang telah kita bahas terletak pada fungsinya sebagai pronoun atau kata ganti. Dengan fungsi tersebut, kehadiran possessive pronoun akan menggantikan noun yang di rujuk, sehingga noun nya tidak perlu di munculkan lagi dalam kalimat tersebut. Kosakata yang termasuk kedalam jenis possessive pronoun adalah: mine, yours, hers, his, its, ours dan theirs. Perhatikan contoh berikut ini:

This is mine

That is yours

It is ours

Jika diperhatikan memang berbeda ya ternyata sobat. Jangan lupa, pelajari selengkapnya dalam artikel yang membahas khusus tentang possessive pronoun.

Sekarang sebagai penutup, ayo kita lihat bagaimana contoh penggunaan berbagai macam possessive forms ini dalam kalimat.

Kumpulan Contoh Bentuk Possessive Dalam Kalimat

Possessive Noun

Gusvan’s car is the most expensive car in my village.

(Mobil Gusvan adalah yang paling mahal di desaku.)

I moved to my parents’ house after I got fired from my job last month.

(Saya pindah ke rumah orang tua saya setelah saya dipecat dari pekerjaan saya bulan lalu.)

Possessive Adjective

Your sister is very nice.

(Saudara perempuanmu sangat baik.)

Do you want to be my roommate?

(Apa kamu mau jadi rekan sekamarku?)

Possessive Pronoun

Your bike is green, mine is red.

(Sepedamu berwarna hijau, milikku berwarna merah.)

This room is ours.

(Ruangan ini milik kita.)

Itulah tadi sobat materi Bahasa Inggris tentang berbagai jenis possessive forms (bentuk possessive) dalam Bahasa Inggris. Mudah mudahan ringkasan materi yang kami bagikan ini bisa membantumu dalam memahami pelajaran di sekolah ya. Ingat ya sobat, ketiga jenis atau cara mengungapkan kepemilikan yang telah kita bahas di atas memang merupakan cara yang bisa saling menggantikan, artinya kamu bisa memilih untuk menggunakan cara mana saja sesukamu, tapi ingat, tetap ikuti aturan khusus untuk masing masing jenis ya. Terimakasih banyak untuk kunjunganmu, semoga apa yang kamu baca di website kami bermanfaat dan bisa menambah wawasan mu. Jangan lupa kunjungi kami terus setiap hari agar kamu tidak ketinggalan update materi menarik dari kami, sampai jumpa.

Referensi:

  1. Possessive Adjective – http://belajarbahasainggrisonlinegratis.blogspot.co.id/2012/03/possessive-adjective.html – Diakses tanggal 5 Januari 2017
  2. Macam Macam Bentuk “Possessive” Dalam Bahasa Inggris Beserta Penjelasan Dan Contoh Dalam Kalimat – http://www.kuliahbahasainggris.com/macam-macam-bentuk-possessive-dalam-bahasa-inggris-beserta-penjelasan-dan-contoh-dalam-kalimat/ – Diakses tanggal 5 Januari 2017
  3. Possessive Form: Noun and Pronoun – http://www.wordsmile.com/possessive-form – Diakses tanggal 5 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *