Berbagai Macam Derivation Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya


Derivation atau yang kadang dikenal juga dengan istilah Morphological Derivation merupakan istilah dalam bidang linguistic yang merujuk pada proses pembentukan kata. Dalam pelajaran Bahasa Inggris di sekolah, mungkin kita tidak pernah mendengar istilah ini. Padahal, tanpa kita sadari, kita sebenarnya sudah sering menggunakan berbagai contoh Derivation dalam Bahasa Inggris, namun kita menganggapnya sebagai kosakata (vocabulary) biasa saja dan bukan sebuah kata bentukan.

Ada dua hal yang perlu sobat ketahui supaya bisa mengerti apa yang dimaksud dengan Derivation itu. Yang pertama adalah “kata dasar” yang dalam istilah grammar Bahasa Inggris kita kenal dengan istilah “Stem / Root / Base”, dan yang kedua adalah “kata bentukan”. Nah, kata bentukan inilah yang kita peroleh dari proses Derivation sobat. Bagaimana, sudah mulai terarah kan pemahaman sobat semua? Kalau begitu, yuk kita simak selengkapnya dalam materi berikut ini. – Bigbanktheories.com

Berbagai Macam Derivation Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya

Pengertian dan Contoh Derivation

Derivation adalah proses pembentukan kata baru dari suatu kata dasar dengan cara menambahkan imbuhan (affix) terhadap kata dasar tersebut. Imbuhan di sini dapat berupa awalan (prefix) dan dapat pula berupa akhiran (suffix). Kata baru yang dihasilkan dari proses Derivation biasa kita kenal dengan istilah “kata bentukan” atau “kata turunan” atau dalam Bahasa Inggrisnya disebut “Derivative Word”. Kata turunan yang kita hasilkan ini akan memiliki arti yang berbeda dengan kata dasarnya, meski memang umumnya masih sangat berkaitan. Misalnya saja seperti pada contoh berikut ini:

Related: Subjective Case Dalam Grammar Bahasa Inggris

Contoh: Inform (stem) + ation (suffix) = Information

Bagaimana sobat? sudah jelas kan apa yang dimaksud dengan Derivation itu? Saya harap begitu ya.

Tadi di atas sempat saya sampaikan bahwa selama ini meski kita telah sering menggunakan berbagai contoh kosakata hasil Derivation dalam Bahasa Inggris, namun kita mungkin belum menyadari bahwa kata yang kita gunakan adalah kata bentukan atau kata turunan. Bagaimana caranya agar kita bisa membedakan antara “kata dasar” dengan “kata turunan” nya ya?

Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan mengenali atau menghapalkan bentuk-bentuk affix (imbuhan) yang sering digunakan dalam proses pembentukan kata baru, baik itu berupa prefix maupun suffix. Jika kita kebetulan belum begitu hapal dengan bentuk-bentuk imbuhan ini, maka cara kedua yang bisa kita lakukan adalah dengan mencoba menguraikan kosakata yang sedang ingin kita analisa. Maksud menguraikan di sini adalah dengan melihat apakah di dalam kata tersebut ada bentuk kata lain yang jika kita pisahkan masih tetap dapat berdiri sendiri sebagai sebuah kata yang memiliki makna utuh. Jika kata tersebut bisa kita uraikan seperti pada contoh kata “Information: Inform + ation” di atas, maka kata tersebut adalah kata turunan. Sedangkan jika kata tersebut tidak bisa kita uraikan atau pecah menjadi kata lain yang lebih kecil, maka kata tersebut adalah kata dasar atau stem.

Kenali Perbedaan Derivation dan Inflection

Sebelum kita melangkah lebih jauh dan membahas tentang berbagai jenis Derivation dan contohnya, ada baiknya kita mempelajari dulu perbedaan antara Derivation dengan Inflection dalam grammar Bahasa Inggris. Hal ini penting untuk kita lakukan karena baik Derivation maupun Inflection sama-sama merupakan “proses modifikasi kata”. Jika kita tidak mencoba mempelajarinya, maka kita mungkin saja akan menganggap bahwa keduanya adalah hal yang sama.

Inflection adalah proses modifikasi kata yang dilakukan karena kepentingan gramatikal, misalnya saja perubahan bentuk singular ke plural seperti kata “Cat” menjadi “Cats”. Hal ini kita lakukan karena kita sedang membicarakan suatu benda dalam jumlah jamak / lebih dari satu, maka kita pun “harus” melakukan perubahan terhadap kata tersebut. Namun perlu kita perhatikan, proses perubahan dari “Cat” menjadi “Catstidak membuat kata bentukan / kata baru yang dihasilkan menjadi mewakili suatu konsep yang sangat berbeda dengan kata awalnya. Ini tentu sangat berbeda dengan konsep Derivation seperti yang telah kita pelajari di atas ya.

Nah, setelah ini, pastikan kamu tidak lagi tertukar dalam membedakan antara proses Derivation dengan Inflection ya sobat.

Macam-Macam Derivation Dan Contohnya

Pada bagian ini kita akan mempelajari macam-macam / jenis Derivation beserta berbagai contohnya. Bagi sobat yang baru pertama kali mempelajari materi ini, kamu perlu tau bahwa ada empat macam Derivation dalam Bahasa Inggris dan masing-masing jenis Derivation berikut ini didasarkan padapart of speech (kelas kata)” dari “kata hasil” atau “kata bentukan” nya dan bukan dari kelas kata “stem” nya. Penjelasan untuk masing-masing jenis tersebut adalah seperti berikut ini:

Noun Derivation

Noun Derivation artinya proses pembentukan kata yang menghasilkan sebuah noun (kata benda). Kata dasar (stem / root / base) yang digunakan bisa berupa verb (kata kerja) atau dapat pula berupa adjective (kata sifat). Perhatikan contoh berikut:

Imagine (verb) + ation (suffix) = Imagination (noun)

Happy (adjective) + ness (suffix) = Happiness (noun)

Adjective Derivation

Adjective Derivation artinya proses pembentukan kata yang hasilnya berupa adjective (kata sifat). Stem atau kata dasar yang bisa kita gunakan dalam adjective derivation bisa berupa verb (kata kerja), noun (kata benda) atau dapat pula berasal dari adjective juga. Perhatikan contoh berikut:

Use (verb) + able (suffix) = Usable (adjective)

Flaw (noun) + less (suffix) = Flawless (adjective)

Correct (adjective) + ive (suffix) = Corrective (adjective)

Verb Derivation

Verb Derivation adalah proses derivation dengan hasil kata berupa sebuah verb (kata kerja). Kata dasar yang bisa kita ubah menjadi sebuah verb dapat berasal dari adjective atau noun. Perhatikan contoh berikut ini:

Soft (adjective) + en (suffix) = Soften (verb)

Quality (noun) + ify (suffix) = Qualify (verb)

Adverb Derivation

Adverb Derivation merupakan proses pembentukan kata dengan hasil kata bentukan berupa adverb (kata keterangan). Kosakata dasar yang dapat kita jadikan sebuah adverb umumnya berasal dari adjective. Perhatikan contoh berikut:

Quick (adjective) + ly (suffix) = Quickly (adverb)

Logical (adjective) + ly (suffix) = Logically (adverb)

Itulah tadi berbagai macam Derivation dalam Bahasa Inggris beserta contohnya. Saya harap dengan penjelasan dan contoh yang saya sajikan di atas sobat menjadi semakin memahami pembahasan materi kita kali ini. Jangan lupa, pelajari juga berbagai contoh Derivative Word tambahan berikut ini supaya pengetahuan sobat menjadi semakin kaya.

Berbagai Contoh Derivative Word dalam Bahasa Inggris

Pelajarilah berbagai contoh Derivative Word berikut ini supaya sobat semakin terbiasa dengan bentuk-bentuk kata turunan beserta kata dasarnya sehingga sobat akan bisa mengenalinya dengan mudah jika suatu saat menemui contoh Derivative Word dalam suatu teks bacaan.

Kind (adjective) + ness (suffix) = Kindness (noun)

Excite (verb) + ment (suffix) = Excitement (noun)

Grow (verb) + th (suffix) = Growth (noun)

Invade (verb) + sion (suffix) = Invasion (noun)

Write (verb) + er (suffix) = Writer (noun)

Read (verb) + able (suffix) = Readable (adjective)

Beauty (noun) + ful (suffix) = Beautiful (adjective)

Yellow (adjective) + ish (suffix) = Yellowish (adjective)

Child (noun) + ish (suffix) = Childish (adjective)

Un (prefix) + happy (adjective) = Unhappy (adjective)

Im (prefix) + mortal (adjective) = Immortal (adjective)

In (prefix) + secure (adjective) = Insecure (adjective)

Un (prefix) + able (adjective) = Unable (adjective)

In (prefix) + crease (noun) = Increase (verb)

Re (prefix) + produce (verb) = Reproduce (verb)

De (prefix) + form (noun) = Deform (verb)

Broad (adjective) + en (suffix) = Broaden (verb)

Slow (adjective) + ly (suffix) = Slowly (adverb)

Easy (adjective) + ly (suffix) = Easily (adverb)

Seperti itulah sobat sekilas contoh kata turunan hasil dari proses Derivation dalam Bahasa Inggris. Beberapa contoh yang saya sajikan di atas sekaligus menjadi penutup materi singkat kita kali ini. Terimakasih banyak atas waktu yang sudah sobat luangkan untuk mempelajari materi ini secara serius dari awal hingga akhir, mudah-mudahan ilmu yang sobat peroleh akan menjadi ilmu yang bermanfaat dan berkah. Saya akhiri sampai di sini, sampai jumpa dalam artikel lainnya. Silahkan pelajari juga materi terbaru kami tentang Demonstrative Pronoun.

Referensi:

  1. Word Structure: Derivation – http://www.englicious.org/lesson/word-structure/word-structure-derivation – Diakses tanggal 30 Januari 2020
  2. Definition and Examples of Derivation in English – https://www.thoughtco.com/derivation-words-term-1690438 – Diakses tanggal 30 Januari 2020
  3. Morphological Derivation – https://en.wikipedia.org/wiki/Morphological_derivation – Diakses tanggal 30 Januari 2020
  4. Pengertian, Macam dan Contoh Derivation Bahasa Inggris – https://www.wordsmile.com/pengertian-dan-contoh-kata-derivation – Diakses tanggal 30 Januari 2020
  5. Derivation dalam Bahasa Inggris – https://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/derivation-dalam-bahasa-inggris.aspx – Diakses tanggal 30 Januari 2020
  6. Nouns: forming nouns from other words – https://dictionary.cambridge.org/grammar/british-grammar/nouns-forming-nouns-from-other-words – Diakses tanggal 30 Januari 2020
  7. Verbs: formation – https://dictionary.cambridge.org/grammar/british-grammar/verbs-formation – Diakses tanggal 30 Januari 2020
  8. Forming Adjectives – https://www.gingersoftware.com/content/grammar-rules/adjectives/forming-adjectives/ – Diakses tanggal 30 Januari 2020
  9. Formation of Adverbs – https://www.toppr.com/guides/english/adverb/formation-of-adverbs/ – Diakses tanggal 30 Januari 2020
  10. Prefixes in English: in, im, un – http://www.lingolearn.com/11-learning-resources-and-quizzes/67-prefixes-in-im-un – Diakses tanggal 30 Januari 2020
  11. Derivation – https://www.slideshare.net/MartynaSioa/derivation-33465837 – Diakses tanggal 30 Januari 2020
  12. Inflection – https://en.wikipedia.org/wiki/Inflection – Diakses tanggal 30 Januari 2020
  13. Inflection – http://esl.fis.edu/grammar/rules/inflections.htm – Diakses tanggal 30 Januari 2020
  14. What is an Inflection – https://glossary.sil.org/term/inflection – Diakses tanggal 30 Januari 2020
  15. Definition and Examples of Inflections in English Grammar – https://www.thoughtco.com/inflection-grammar-term-1691168 – Diakses tanggal 30 Januari 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *