Berbagai Cara Penggunaan Kata Get Dalam Kalimat Dan Artinya


Jika sobat bertanya tanya, mengapa dalam artikel ini kita khusus membahas penggunaan kata Get dalam kalimat, maka jawaban singkat yang bisa kami berikan adalah karena kata Get merupakan salah satu contoh verb (kata kerja) yang dalam penggunaannya bisa dikombinasikan dengan berbagai kata dan membentuk makna yang berbeda. Contohnya, sobat pernah mendengar penggunaan expression “Get down!” ? Bagi penggemar film action pasti sudah tidak asing ya dengan ucapan ini, biasanya seseorang mengucapkan ini dalam film saat ada adegan dimana sedang ada tembakan atau ledakan yang mengarah kepada orang lain yang ingin dia lindungi, kemudian orang tersebut akan berteriak “Get down!” yang jika kita terjemahkan artinya kira kira adalah “Menunduk” atau “Berlindung”. Lalu bagaimana bisa maknanya menjadi begitu? Padahal jika kita terjemahkan Get artinya “mendapatkan” dan Down artinya “turun”.

Nah contoh penggunaan kata Get yang menghasilkan makna baru inilah yang akan kita pelajari bersama melalui artikel kali ini sobat. Bagaimana menurutmu, cukup menarik kan untuk kita bahas. Tanpa menunggu lebih lama lagi, inilah sekilas informasi yang telah kami kumpulkan berkaitan dengan beberapa cara penggunaan kata Get dalam kalimat beserta arti yang terbentuk dari pola tersebut. – Bigbanktheories.com

Berbagai Pola Penggunaan Kata Get Dalam Kalimat

Cara Penggunaan Kata Get Dalam Kalimat

Berbagai Cara Penggunaan Kata Get Dalam Kalimat

Sebelum membahas tentang berbagai kombinasi yang bisa kita lakukan dengan kata Get dalam kalimat, kami akan membahas sedikit tentang pengertian kata Get itu sendiri. Kata Get jika kita terjemahkan artinya adalah “memperoleh”, “menerima”, atau “mendapatkan”. Kata ini merupakan salah satu contoh dari irregular verb yang artinya, kata ini memiliki perubahan bentuk yang tidak beraturan dari bentuk pertama, kedua dan ketiga nya. Perubahan bentuk dari verb Get bisa kita lihat seperti berikut ini:

Related: Rumus Dan Contoh Kalimat Question Tag Dalam Bahasa Inggris

Get (Verb 1) – Got (Verb 2) – Got / Gotten (Verb 3) = Mendapatkan / Memperoleh

Kombinasi apa saja ya yang bisa kita buat bersama kata Get ini? Dan apa pula arti yang tercipta dari kombinasi tersebut? Jika kamu penasaran tentang jawaban untuk pertanyaanmu ini, baca penjelasan berikut sampai selesai.

Get + Adjective

Kombinasi yang pertama dan mungkin akan jadi contoh yang paling banyak kita jumpai adalah kata Get yang diikuti oleh adjective (kata sifat). Penggunaan Get + adjective ini menunjukkan perubahan keadaan atau situasi atau dengan kata lain saat digunakan dengan pola seperti ini, maka makna atau arti yang terbentuk adalah “menjadi” atau dalam Bahasa Inggris nya “become”.

Contoh Penggunaan Get + Adjective dalam Kalimat

When you get older, you will get wiser.

(Saat kamu jadi semakin tua, kamu jadi semakin bijak.)

We have to go home before the sky get dark.

(Kita harus kembali ke rumah sebelum langit menjadi gelap.)

Bagaimana sobat, kamu sudah sering kan mendengar contoh penggunaan Get + Adjective seperti yang kami contohkan di atas. Bisakah kamu menyebutkan contoh lainnya? Tentu mudah sekali ya sobat, misalnya saja: get mad, get close, get big, get warm, get angry dan sebagainya.

Get + Object + Adjective

Kata Get bisa juga diikuti oleh object dan adjective secara berurutan. Makna yang terkandung dalam pola ini adalah “membuat sesuatu atau seseorang menjadi” atau dalam Bahasa Inggrisnya “make something or somebody become”.

Contoh Penggunaan Get + Object + Adjective dalam Kalimat

I have to be in Hongkong tonight, get the plane ready.

(Saya harus berada di Hongkong malam ini, siapkan pesawat nya.)

I need you to get the guard busy while I try to get the key.

(Saya ingin kamu membuat penjaga itu sibuk sementara saya mencoba mendapatkan kunci itu.)

Setelah membaca penjelasan dan juga contoh di atas, tentu kita menyadari bahwa ternyata tidak sulit menggunakan pola Get + Object + Adjective ini dalam kalimat. Supaya sobat semakin lancar menggunakan pola ini, coba temukan beberapa contoh kalimat menggunakan pola yang sama.

Get + Past Participle

Get bisa juga diikuti oleh bentuk past participle, pola seperti ini kita kenal juga dengan istilah Get-Passive.

Contoh Penggunaan Get + Past Participle dalam Kalimat

Mike and his girlfriend are going to get married next month.

(Mike dan kekasihnya akan menikah bulan depan.)

I got paid $75 an hour for playing piano.

(Saya dibayar $75 satu jam untuk bermain piano.)

Penjelasan lebih lengkap tentang pola Get + Past Participle ini bisa sobat temukan dalam artikel yang membahas tentang Get-Passive.

Get + Object + Past Participle

Pola Get yang diikuti dengan object dan past participle secara berurutan ternyata umumnya digunakan untuk mengungkapkan suatu kegiatan yang kita harap dilakukan oleh orang lain, atau bisa juga digunakan untuk membicarakan sesuatu yang biasanya berupa hal yang tidak diharapkan terjadi namun terjadi pada diri kita.

Contoh Penggunaan Get + Object + Past Participle dalam Kalimat

You must get the air conditioner fixed.

(Kamu harus memperbaiki AC itu.)

I got my watch stolen yesterday.

(Jam tangan saya dicuri kemarin.)

Dengan contoh yang sudah kami tampilkan di atas, bisakah kamu membuat lebih banyak contoh lagi? Ayo dicoba.

Get + Indirect Object + Direct Object

Dalam sebuah kalimat setelah kata Get ternyata bisa juga diikuti oleh indirect object dan juga direct object secara berurutan.

Contoh Penggunaan Get + Indirect Object + Direct Object

I can’t continue painting, you need to get me a new brush from the book store.

(Saya tidak bisa melanjutkan melukis, kamu harus membawakan saya sebuah kuas baru dari toko buku itu.)

Oh my God, he can’t breathe, we need to get him his medicine.

(Ya ampun, dia tidak bisa bernafas, kita harus mencarikan dia obatnya.)

Jika sobat masih belum mengerti tentang kedua jenis object yang kami sebutkan di atas, ada baiknya sobat membaca terlebih dahulu penjelasan tentang perbedaan direct dan indirect object dalam Bahasa Inggris.

Get + Preposition

Saat berinteraksi dengan Bahasa Inggris, kita juga akan sering menemui kata Get yang diikuti oleh preposition dibelakangnya, dan seperti yang sudah bisa kita tebak, makna nya akan berubah.

Contoh Penggunaan Get + Preposition dalam Kalimat

Give me more time, I’m trying to get along with your brother.

(Beri aku waktu, aku sedang mencoba untuk membangun hubungan baik dengan saudara laki laki mu.)

Mr. Tony Stark is trying to get around the paparazzi.

(Tuan Tony Stark sedang mencoba menghindari wartawan.)

Itulah tadi sekilas materi yang bisa kami tampilkan yang berkaitan dengan berbagai cara penggunaan kata Get dalam kalimat dan artinya, kami harap penjelasan dari kami bisa dipahami dengan mudah. Jika ada kekurangan dan kesalahan dalam materi yang kami sampaikan kami mohon maaf dan harap bisa dimaklumi. Terimakasih kunjungannya hari ini, sampai jumpa lagi.

Referensi:

  1. Get with Adjectives and Past Participles – http://www.perfectyourenglish.com/usage/get-with-adjectives-past-participles.htm – Diakses tanggal 26 April 2017
  2. Pengertian, Penggunaan, dan Contoh Kalimat Verb “Get” – https://www.wordsmile.com/pengertian-penggunaan-contoh-kalimat-get – Diakses tanggal 26 April 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *