Bedanya Made Of Dengan Made From Itu Apa Ya?


Teman teman, dalam artikel kali ini kami akan membahas materi baru, yaitu tentang perbedaan frasa “Made of” dengan frasa “Made from”. Setelah sebelumnya kita sempat mempelajari bahwa kata Of dan From itu berbeda, maka bisa kita pastikan juga bahwa frasa “made of” dengan “made from” tentunya juga berbeda. Meskipun keduanya sama sama merupakan terjemahan Bahasa Inggris dari frasa “terbuat dari” namun ada perbedaan lho saat kita menggunakannya dalam kalimat. Seperti apa sih perbedaanya, yuk simak penjelasan dari kami berikut ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Penggunaan Frasa Made Of dan Made From Dalam Kalimat

Perbedaan Made Of Dengan Made From

Perbedaan Made Of dan Made From

Kata “made” dalam frasa made of dan made from merupakan bentuk verb 3 dari kata dasar “make” yang artinya membuat. Namun saat sudah diberi tambahan berupa preposition “of” dan “from” maka pengertiannya pun akan berubah menjadi “terbuat dari”. Maskipun artinya sama, kedua frasa (phrase) tersebut mewakili dua kondisi yang berbeda, dan dengan begini keduanya juga digunakan dalam kalimat yang berbeda pula. Perbedaan ini terletak pada bahan atau materi penyusun dari benda tersebut.

Gunakanlah frasa “made of” saat perubahan dari suatu benda hanya terjadi pada bentuk tampilannya saja tanpa mengalami perubahan materi atau dalam artian bahan dasar dari benda tersebut masih bisa dilihat dengan jelas.

Related: Pengertian Dan Penggunaan Would Like Dalam Bahasa Inggris

Contoh: This shelf is made of plastic. (Rak ini terbuat dari plastik.)

Mari kita perhatikan contoh di atas. Plastik yang menjadi bahan pembentuk rak tersebut masih bisa kita lihat dan amati. Plastik tersebut hanya di bentuk menjadi rak (bentuknya yang berubah). Nah saat seperti inilah kita menggunakan frasa “made of”. Bisakah kamu memikirkan contoh lainnya dari penggunaan made of ini? Coba tuliskan di kolom komentar ya.

Gunakanlah frasa “made from” saat benda tersebut sudah berubah total mulai dari bentuknya, bahan dasarnya, rasanya, dan juga teksturnya.

Contoh: Traditional Jamu is made from natural herbs like ginger, turmeric, and rice. (Jamu tradisional terbuat dari tumbuhan obat alami seperti jahe, kunyit, dan beras.)

Lihat, dari contoh di atas tentunya sudah menggambarkan dengan jelas tentang penggunaan frasa “made from”. Bahan dasar seperti jahe, kunyit dan beras saat sudah di olah menjadi jamu maka sudah tidak terlihat lagi bentuk bahan dasarnya, perubahannya benar benar total. Kira kira menurutmu apa lagi ya contoh penggunaan frasa made from ini? Coba tuliskan di kolom komentar ya.

Sebagai penutup kami akan tampilkan beberapa contoh kalimat yang menggunakan frasa made of dan juga made from, silahkan di perhatikan, semoga bermanfaat.

Contoh Kalimat Menggunakan Made Of dan Made From

The door in my house is made of wood.

(Pintu di rumah saya terbuat dari kayu.)

Those cranes are made of paper.

(Burung burung bangau itu terbuat dari kertas.)

This soap is made from oil.

(Sabun ini terbuat dari minyak.)

Ice is made from water.

(Es terbuat dari air.)

Oke deh sobat, sampai disini dulu ulasan singkat dari kami tentang perbeaan frasa made of dengan made from. Semoga dengan membaca artikel ini temen temen jadi mengerti dan tidak perlu bertanya tanya lagi tentang cara penggunaan kedua frasa tersebut dengan tepat. Terimakasih kunjungannya hari ini, semoga kamu bisa mengambil manfaat dari kunjunganmu ke website kami hari ini, kami nantikan kunjunganmu lagi besok.

Referensi:

  1. Apa bedanya penggunaan “of” dan “from” – https://id-id.facebook.com/permalink.php?story_fbid=1492547067626310&id=1491254384422245 – Diakses tanggal 19 Desember 2016
  2. Made From atau Made Of – http://andrestutorialblog.blogspot.co.id/2010/11/made-from-atau-made-of.html – Diakses tanggal 19 Desember 2016
  3. Made From vs Made Of: Perbedaan Serta Penjelasan Penggunaan Dan Contohnya – http://www.kuliahbahasainggris.com/made-from-vs-made-of-perbedaan-serta-penjelasan-penggunaan-dan-contohnya/ – Diakses tanggal 19 Desember 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *