Bedanya Disinterested Dan Uninterested Dalam Bahasa Inggris


Disinterested dan Uninterested itu adalah dua kata yang berbeda. Ya, mereka bukanlah sinonim. Memang benar bahwa keduanya mengandung kata dasar yang sama yaitu “interested”, memang benar bahwa keduanya sama sama merupakan adjective (kata sifat), dan memang benar juga bahwa keduanya mendapatkan prefix (awalan) yang bermakna negatif yaitu “Dis-“ dan “Un-”, namun jika sobat sempat berfikir bahwa keduanya adalah kata yang memiliki makna sama dan bisa saling menggantikan, maka itu adalah sebuah kesalahan.

Berhati hatilah dalam menggunakan kedua kata ini, karena meski memang saat ini banyak yang menggunakannya secara bergantian, namun sebenarnya kata Disinterested dan Uninterested ini memiliki pengertian yang sangat berbeda. Sudah siap mendengarkan penjelasan lengkapnya? Inilah pembahasan singkat tentang perbedaan antara kata Disinterested dengan kata Uninterested. – Bigbanktheories.com

Pengertian Disinterested dan Uninterested

Bedanya Disinterested Dan Uninterested Dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Disinterested dan Uninterested

Inilah perbedaan Disinterested dan Uninterested dari segi arti yang terkandung di dalamnya:

Related: Nama Hari Dalam Bahasa Inggris Dan Istilah Unik Tentang Hari

Disinterested artinya “tidak memihak” atau dalam Bahasa Inggrisnya diartikan dengan istilah “Impartial” or “not taking sides”. Dalam penerjemahan ke Bahasa Indonesia, mungkin kita bisa menyejajarkannya dengan kata “adil” ya. Perhatikan contoh penggunaan kata Disinterested dalam kalimat berikut ini:

The committee will only use a disinterested person to be the jury of the competition.

(Panitia hanya akan menggunakan orang yang adil untuk menjadi juri pertandingan itu.)

Uninterested artinya “tidak tertarik” atau dalam Bahasa Inggrisnya diartikan dengan istilah “not interested” atau “indifferent”. Dalam penerjemahan ke Bahasa Indonesia, mungkin kita bisa menyejajarkannya dengan ungkapan “tidak mau tau” atau “acuh” ya. Perhatikan contoh penggunaan kata Uninterested dalam kalimat berikut ini:

He was uninterested in his story anymore.

(Dia tidak tertarik dengan ceritanya lagi.)

Bagaimana sobat? Sangat berbeda bukan? Nah, karena sekarang kamu sudah mengetahui perbedaan antara kata Disinterested dan Uninterested ini, maka kedepannya usahakan untuk tidak tertukar ya saat kamu ingin menggunakannya dalam kalimat.

Setelah saya membaca informasi di beberapa sumber, saya juga baru mengerti bahwa sangat wajar jika hingga saat ini native speaker sekalipun masih sering tertukar dalam menggunakan kedua kata ini, karena ternyata pada awalnya kedua kata ini muncul dengan pengertian yang berbeda dari yang saat ini sudah di standarkan. Kata Disinterested ternyata pada awalnya digunakan untuk mengungkapkan “not interested” atau tidak tertarik, sedangkan kata Uninterested pada awalnya bermakna “not biased; free from selfish motives” yang jika kita terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia artinya “tidak menyimpang; bebas dari niat egois”. Sangat berbeda ya dengan pengertiannya saat ini.

Oke deh, paling tidak sekarang kita sudah memiliki gambaran tentang perbedaan antara kata Disinterested dengan Uninterested, dan saya sangat yakin sobat pasti sudah bisa menggunakannya dalam kalimat. Terimakasih banyak telah membaca penjelasan singkat dari kami, sampai ketemu lagi dan jangan lupa baca artikel terbaru kami yang berjudul Penjelasan Dan Contoh Disjunct Dalam Grammar Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Disinterested or Uninterested? – http://englishplus.com/grammar/00000207.htm – Diakses tanggal 24 September 2017
  2. The Truth About ‘Disinterested’ and ‘Uninterested’ – https://www.merriam-webster.com/words-at-play/uninterested-or-disinterested – Diakses tanggal 24 September 2017
  3. The Difference Between Disinterested and Uninterested – http://www.grammar-monster.com/easily_confused/disinterested_uninterested.htm – Diakses tanggal 24 September 2017
  4. Perbedaan antara Disinterested dan Uninterested – https://www.wordsmile.com/perbedaan-antara-disinterested-dan-uninterested – Diakses tanggal 24 September 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *