Beda Will Dan Would Serta Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat


Will dan would sangat sering kita temui penggunaannya dikeseharian kita. Terutama di sekolah saat jam pelajaran Bahasa Inggris. Namun, apakah kita sudah tau apa perbedaan antara will dan would? Dan kapankah saat yang tepat untuk menggunakan keduanya? Karena walaupun will dan would memiliki makna yang mirip, tapi cara penggunaan will dan would dalam kalimat akan berbeda. – Bigbanktheories.com

Perbedaan Will Dan Would

Beda Will Dan Would

Perbedaan Antara Will Dan Would

Setelah mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang penggunaan will dan juga would dalam kalimat Bahasa Inggris, berikut ini adalah beberapa perbedaan penggunaan kata will dan kata would dalam Bahasa Inggris.

Perbedaan Will dan Would Secara Umum

Related: Contoh Verb Phrase Dan Penjelasannya Yang Paling Sederhana

Kata “Will” digunakan untuk membicarakan kejadian di masa akan datang atau masa depan. Dan kata “Would” merupakan bentuk past atau lampau dari “Will”. Perhatikan contoh berikut ini.

Will : I will be in Bengkulu next month.

Would : I thought I would be in Bengkulu by now but the bus was late.

Perbedaan Will dan Would Dalam Conditional Sentence

Kata “Will” digunakan dalam membuat conditional sentence type 1. Sedangkan kata “Would” digunakan dalam conditional sentence type 2 dan 3. Berikut adalah contoh penggunaan will dan would dalam conditional sentence.

Will : If I have a chance, I will go to Australia.

Would : If I were rich, I would buy a ship.

Perbedaan Will dan Would Dalam Request

Saat membuat request atau permintaan, terutama saat kita meminta bantuan orang lain, tentunya kita ingin berusaha menjaga kesopan santunan bahasa dan kalimat yang kita gunakan. Untuk itu kita bisa menggunakan kata Will dan juga Would. Namun terdapat perbedaan dalam menggunakan kata will dan would dalam kalimat request, perbedaannya adalah kata “Will” digunakan dalam “informal polite request”. Sedangkan kata “Would” digunakan dalam “formal polite request”. Contoh kalimatnya sebagai berikut:

Will : Will you forgive me?

Would : Would you mind singing a song for me?

Perbedaan Will dan Would Dalam Membuat Prediksi

Dalam mengungkapkan dugaan atau prediksi kita dapat menggunakan kata will dan would. Perbedaan antara keduanya adalah, kata “Will” digunakan untuk memprediksi masa depan (simple future tense), sedangkan kata “Would” juga digunakan untuk memprediksi masa depan namun berdasarkan pandangan atau perspektif masa lalu (past future tense). Perhatikan contoh berikut ini:

Will : I think Gideon will come today.

Would : My sister had a feeling that the weather would be cold.

Itulah tadi sobat beberapa Perbedaan Will dan Would Serta Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat. Semoga dengan penjelasan singkat dan contoh kalimat yang telah kami tampilkan dalam artikel ini dapat membantu pembaca semua dalam mempelajari penggunaan kata Will dan juga Kata Would dalam Bahasa Inggris secara tepat. Terimakasih kunjungannya, selamat berpuasa bagi yang menjalankan, dan tetap semangat belajar.

Referensi :

  1. Pelajaran Bahasa Inggris : Penggunaan Will dan Would – http://www.radioaustralia.net.au/indonesian/2016-03-07/pelajaran-bahasa-inggris-penggunaan-will-dan-would/1556126 – Diakses tanggal 21 Juni 2016
  2. Pengertian Dan Contoh Kalimat Modal Auxiliary Verb : Will dan Would – http://www.wordsmile.com/modal-verb-will-would – Diakses tanggal 21 Juni 2016

ONE THOUGHTS ON “Beda Will Dan Would Serta Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat”


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *