Beda Used To Dan Be Used To Serta Maknanya Dalam Kalimat


Kamu pernah nemuin kata used to dan be used to nggak dalam teks atau percakapan Bahasa Inggris ? Sepertinya kedua kata ini sangat umum ya. Apa ya kira kira pengertiannya, dan apa juga bedanya used to dan be used to dalam penggunaannya dikalimat Bahasa Inggris ? Dalam artikel kali ini kita akan bahas secara tuntas seputar istilah “used to” dan juga “be used to” ini.

Eh iya hampir lupa, teman teman Bigbanktheories.com, apa kabarnya nih ? Semoga masih bersemangat ya dalam belajar bahasa Inggris dan menjalankan aktivitasnya di hari ini. Buat kamu yang masih bingung tentang penggunaan used to dan be used to, jangan kuatir, itu sangat wajar. Karena memang ada banyak sekali kata maupun frasa dalam Bahasa Inggris yang membingungkan kita dalam pemakaiannya saat kita akan membuat kalimat. Hal itu dikerenakan perbedaan antara satu dengan yang lainnya memang tipis sekali.

Untuk mengawali pembahasan materi pada artikel kali ini, ayo kita coba perhatikan frasa “Used to” dan juga “Be used to” ini. Adakah perbedaan antara keduanya ? Jika kita lihat sekilas saja, perbedaannya hanyalah pada bagian ‘be’-nya saja, yang satu memilikinya di awal kata dan yang lainnya tidak. Tapi ternyata kata Used to dan Be used to ini memiliki peran atau fungsi yang sangat berbeda dan tentunya akan membuat maknanya dalam kalimat menjadi berbeda pula. – Bigbanktheories.com

Related: Perbedaan Of Dan From Serta Contoh Penggunaannya
Used To Dan Be Used To

Beda Used To Dan Be Used To

Perbedaan Be Used Dan Be Used To

Used to

Used to adalah frasa yang digunakan untuk mengungkapkan sebuah kejadian, kebenaran ataupun kebiasaan yang dilakukan di masa lalu dan tidak dilakukan lagi di masa sekarang. Used to biasanya di ikuti dengan infinitive (verb-1 without s/es).

Pola kalimatnya adalah : S + Used to + Infinitive

Contoh :

I used to love you. (Saya dulu mencintai kamu)

Be used to

Be used to adalah frasa yang memiliki arti ‘terbiasa/biasa’. Sinonimnya adalah ‘be accustomed to’. Be used to biasanya diikuti dengan kata benda (noun) dan kata kerja yang berakhiran -ing (verb-ing). ‘Be’-ya menyesuaikan dengan subjek, yakni dapat berupa am, is, are, was dan were.

Pola kalimatnya adalah : S + to be + Used to + Noun / S + to be + Used to + V-ing

Contoh :

My mother is used to microwave than oven. (Ibu saya terbiasa dengan microwave dibandingkan oven)

I am used to travelling alone. (Saya terbiasa berpergian sendiri)

Catatan :

Jadi perbedaan yang paling mendasar diantara keduanya adalah, ‘Used to’ digunakan untuk menunjukkan kebiasaan di masa lalu (sekarang sudah tidak lagi) dan ‘Be used to’ digunakan untuk menujukkan kebiasaan bisa di masa lalu, masa sekarang ataupun masa depan tergatung dengan ‘be’-nya apakah itu am, is, are, was, were atau will be.

Contoh Penggunaan Used To Dan Be Used To Dalam Kalimat

Used to

Kalila and Resdy used to live in California. (Kalila dan Resdy dulu pernah tinggal di California)

I used to read Agatha Christie novel book. (Saya dulu membaca buku novel Agatha Cristie)

My sister and I used to play barbie when we were child. (Saudara perempuan saya dan saya dulu bermain boneka barbie saat kami masih anak-anak)

You used to call me ‘Sweetheart’. (Kamu dulu memanggilku ‘Sweetheart’)

Mr. Dikta used to write on his pesonal blog. (Mr. Dikta dulu menulis di blog pribadinya)

She used to do aerobic dance everyday. (Dia dulu terbiasa senam aerobik setiap hari)

Be used to

I am used to automatic motorcycle. (Saya terbiasa dengan motor matic)

Jenny is not used to eating food street. (Jenny tidak terbiasa makan jajanan dipinggir jalan)

Hubert and I are used to swimming in Oceania Swimming Pool every Sunday. (Hubert dan saya terbiasa berenang di Kolam Renang Oceania setiap Minggu)

My father was used to coffee and cigarette. (Ayah saya dulu terbiasa dengan kopi dan rokok)

Our little brother will be used to the other children here. (Adik laki-laki kita akan terbiasa dengan anak-anak lain disini)

I am not used to getting up early. (Saya tidak terbiasa bangun lebih awal)

Bagaimana, sudah jelaskah Perbedaan Antara Used To Dan Be Used To? Apabila ada yang belum jelas silakan tanyakan pada kami melalui kolom komentar ya. Terima kasih sudah mengunjungi website Bigbaktheories.com. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi sumber belajar teman-teman semua. Semangat!

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *