Beda Sound Dan Voice Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya


Sobat, sebagian orang ternyata masih kesulitan dalam menentukan perbedaan antara kata “Sound” dan “Voice”. Misalnya saja saat kita ingin mengatakan “Suara mu sangat bagus”, manakah yang akan kamu ucapkan, apakah “your sound is very good” ataukah “your voice is very good”? jika sobat masih bingung untuk memilih antara dua contoh kalimat tersebut, berarti sobat perlu mempelajari perbedaan Sound dan Voice yang akan di bahas dalam artikel kali ini.

Sound dan Voice ternyata memiliki arti yang sama jika kita coba terjemahkan dengan menggunakan Google Translate, yaitu “Suara”. Dari sinilah menurut saya permasalahannya berasal. Karena hingga saat ini, tidak sedikit pembelajar Bahasa Inggris yang baru bisa menggunakan kosakata Bahasa Inggris dengan mengandalkan arti atau terjemahannya saja. Padahal banyak sekali vocabulary dalam Bahasa Inggris yang memiliki arti yang sama namun berbeda konteks penggunaannya, salah satunya ya kata “Sound” dan “Voice” ini sobat. Oleh karena itu, menurut saya penting banget bagi sobat semua untuk membaca penjelasan singkat di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Sound vs Voice

Beda Sound Dan Voice Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Perbedaan Sound dan Voice

Perbedaan antara Sound dan Voice bisa kita lihat dari definisi dan juga fungsi nya. Berdasarkan definisi nya, yang dimaksud dengan sound adalah sensasi yang terjadi di telinga yang merupakan hasil dari getaran melalui udara atau medium lainnya. Atau sederhana nya, yang dimaksud dengan “Sound” adalah semua suara yang dihasilkan benda apapun di sekitar kita. Sedangkan definisi dari “Voice” adalah suara yang dihasilkan oleh manusia atau veterbrata lainnya yang dihasilkan dengan bantuan paru-paru dan pita suara. Intinya yang dimaksud dengan “Voice” adalah khusus suara manusia dan hewan yang dihasilkan karena kita memang punya alatnya di tubuh kita.

Related: Sometime, Sometimes, And Some Time Dan Contoh Penggunaannya

Dengan bertumpu pada definisi di atas, maka terjawab sudah pertanyaan kita di bagian awal tadi ya sobat. Saat kita ingin memuji suara seseorang dan mengatakan “Suara mu sangat bagus”, berarti yang kita gunakan adalah kata “Voice” dan bukan “Sound”, karena yang kita maksud dengan suara pada contoh ini adalah suara seseorang. Oleh karena itu, kalimat yang benar dalam Bahasa Inggris nya adalah “Your voice is very good”.

Untuk menguji pemahamanmu akan konsep “Sound” dan “Voice” yang sudah saya sampaikan, saya ingin bertanya sobat. Misalnya nih, kamu sedang menonton TV bersama keluarga. Tiba-tiba ada suara tutup panci jatuh ke lantai di dapur. Saat kamu mendengarnya, bagaimana caramu mengungkapkan “Suara apa itu?” dalam Bahasa Inggris? Pilihannya adalah “What was that sound?” atau “What was that voice?” Silahkan pertimbangkan sobat, waktumu lima menit hehe.

Bagaimana sobat? Sudah ketemu jawabannya? Yak benar sekali, jawabannya adalah yang pertama, yaitu “What was that sound?” alasannya sederhana saja, berdasarkan definisi nya tadi. Suara yang kita dengan barusan, bukan berasal dari manusia atau makhluk hidup lainnya, tapi dari sebuah benda. Bagaimana, sudah paham kan perbedaannya? Sip deh.

Sekarang kita akan membahas perbedaan antara “Sound” dan “Voice” dari segi fungsi nya sobat. Perlu sobat ketahui, ternyata kata “Sound” memiliki fungsi yang lebih banyak dibandingkan dengan kata “Voice”. Kata “Sound” bisa berperan sebagai noun, verb, adjective dan juga adverb. Sementara kata “Voice” bisa berperan sebagai noun dan verb saja dalam sebuah kalimat.

Sekarang kita akan membahas perbedaan kedua kata ini saat mereka berfungsi sebagai verb (kata kerja) saja sobat, karena fungsi yang sama dari kedua kata ini adalah sebagai noun dan verb, sedangkan pembahasan untuk noun telah kita bedakan melalui definisi masing-masing kata di atas.

Sebagai sebuah verb, kata “Sound” berarti menghasilkan suara atau jika merujuk pada Google translate artinya adalah “berbunyi” atau “membunyikan”. Sedangkan kata “Voice” berarti mengekspresikan pendapat atau menyatakan suara, hal ini sejalan dengan versi terjemahan di Google translate yaitu “menyuarakan” atau “menyatakan”. Perhatikan contoh berikut:

The driver sounds his horn multiple times.

(Sopir itu membunyikan klaksonnya beberapa kali.)

The labor finally voiced their demand on Tuesday.

(Para buruh akhirnya menyuarakan permintaan mereka pada hari Selasa.)

Bagaimana sobat, sudah jelas kan sekarang seperti apa perbedaan antara “Sound” dan “Voice” dalam Bahasa Inggris? Saya harap begitu ya.

Contoh Penggunaan Kata Sound dan Voice Dalam Kalimat

I heard a sound of gunshot last night.

(Saya mendengar suara tembakan semalam.)

The little girl has heavenly voice.

(Gadis kecil itu memiliki suara yang sangat indah.)

Did you the the sound of footstep on our roof last night?

(Apa kau medengar suara langkah kaki di atap kita semalam?)

I can always recognize Andrew from his voice.

(Saya selalu bisa mengenali Andrew dari suara nya.)

Oke deh sobat, seperti itulah penjelasan singkat tentang perbedaan antara “Sound” dan “Voice” dalam Bahasa Inggris, semoga bisa dipahami dengan mudah. Terimakasih banyak sudah membaca tulisan saya kali ini hingga selesai, mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan share artikel ini di akun sosmed milikmu dan jangan lupa kunjungi juga artikel saya yang berjudul: Beda Migrate, Emigrate Dan Immigrate Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. What’s the difference between ‘voice’ and ‘sound’? – https://www.quora.com/Whats-the-difference-between-voice-and-sound – Diakses tanggal 20 Mei 2019
  2. What is the difference between sound and voice? – https://wikidiff.com/sound/voice – Diakses tanggal 20 Mei 2019
  3. Difference Between Sound and Voice – https://www.differencebetween.com/difference-between-sound-and-vs-voice/ – Diakses tanggal 20 Mei 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *