Beda Prefer Dan Would Prefer Dalam Mengungkapkan Preference


Prefer dan would prefer sama sama digunakan dalam mengungkapkan preference. Meskipun fungsinya sama namun dalam penggunaannya terdapat sedikit perbedaan. Walaupun hanya sedikit, namun mengetahui perbedaan antara prefer dan would prefer termasuk hal penting lho sobat. Tau kenapa? Karena tidak jarang bentuk bentuk ungkapan preference seperti ini muncul dalam soal ujian Bahasa Inggris. Nah terkadang kita akan diminta untuk memilih, manakah diantara cara pengungkapan preference yang tersedia di opsi soal yang merupakan jawaban yang tepat untuk melengkapi kalimat. Jika kamu belum mempelajari perbedaannya dengan detil, mungkin saja kamu akan bingung atau asal memilih saja nantinya tanpa tau alasannya. Untuk itulah, ayo kita pelajari bersama perbedaan antara prefer dan would prefer ini. – Bigbanktheories.com

Penggunaan Prefer Dan Would Prefer

Beda Prefer Dengan Would Prefer

Perbedaan antara Prefer dengan Would Prefer

Saat kami mencoba mencari penjelasan tentang perbedaan prefer dengan would prefer kami menemukan berbagai sumber yang membahasnya dengan cara yang berbeda beda. Namun secara umum pembehasan tersebut menitik beratkan pada beberapa perbedaan berikut ini.

Singkatan dalam penulisan

Related: Definisi Verbal Noun Dan Contoh Kalimat Terlengkap

Dalam penulisannya, “would prefer” biasanya disingkat menjadi ( ‘d prefer ), sedangkan untuk “prefer” tidak disingkat. Gampang banget ya bedanya hehe, tapi penting juga nih untuk diingat.

Pola kalimat

Nah sekarang masuk ke pembahasan yang lebih lanjut nih, yaitu tentang rumus atau pola kalimat. Langsung saja deh ya kami tampilkan pola kalimat untuk masing masing kata.

Pola Kalimat Prefer

Subject + Prefer + to Infinitive / gerund / noun + to + Infinitive tanpa to / gerund / noun

Pola Kalimat Would Prefer

Subject + Would prefer + to Infinitive / noun + rather than + Infinitive tanpa to / noun

Dari pola kalimat di atas kita bisa melihat ada beberapa perbedaan dalam penggunaan [refer dengan would prefer. Yang pertama adalah tidak adanya “gerund” dalam pola would prefer yang menandakan bahwa would prefer tidak bisa digunakan bersamaan dengan gerund (V-ing). Dan yang kedua adalah penghubung yang muncul saat kedua pola ini digunakan untuk membandingkan dua hal, dalam pola “prefer” penghubung yang muncul adalah “to” sedangkan dalam pola “would prefer” penghubung yang muncul adalah “rather than”. Namun sebenarnya ini juga masih menjadi perdebatan, karena sebagian sumber ada yang beranggapan bahwa perbedaan dalam pola kalimat antara prefer dan would prefer hanya terletak pada “gerund” saja, sedangkan untuk penggunaan “rather than” ataupun “to” tidak ada perbedaan antara keduanya.

Tingkat kesopanan dari makna kalimat

Beberapa sumber yang kami temukan juga percaya bahwa perbedaan antara “prefer” dan “would prefer” juga terletak pada tingkat kesopanan dari makna kalimatnya. Dimana penggunaan “would prefer” dianggap lebih Polite/Sopan jika dibandingkan dengan “prefer”. Namun tentunya yang akan lebih memahami hal ini adalah native speaker dari Bahasa Inggris itu sendiri.

General and Specific Situation

Pendapat lainnya mengenai makna kalimat yang dibentuk dari penggunaan kata “prefer” atau “would prefer” adalah mengenai situasi yang digambarkan. Dimana penggunaan “prefer” dianggap memberikan pernyataan yang situasinya bersifat general atau umum, sedangkan “would prefer” dianggap mewakili situasi yang lebih spesifik. Contohnya pernyataan “I prefer milk to coffee” dianggap sebagai pernyataan bersifat umum yang berarti bahwa “kamu lebih suka susu dibandingkan kopi” dalam situasi apapun, sedangkan pernyataan “I’d prefer milk to coffee” dianggap memiliki makna yang spesifik, artinya kamu saat itu lebih memilih susu ketimbang kopi, namun tidak menutup kemungkinan dalam situasi yang lainkamu malah akan memilih kopi.

Itulah tadi sobat sedikit ulasan yang bisa kami berikan tentang perbedaan prefer dan would prefer dalam mengungkapkan preference dalam Bahasa Inggris, mudah mudahan bisa dipahami dengan mudah. Jika ada kesalahan dan kekurangan dalam artikel yang kami tampilkan kali ini, kami mohon maaf. Terimakasih untuk kunjungannya dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan.

Referensi:

  1. Prefer vs. Would Prefer – http://www.wordsmile.com/perbedaan-contoh-kalimat-would-prefer – Diakses tanggal 27 Desember 2016
  2. Would Prefer (Prefer) – http://www.englishpedia.net/my-grammar/modals/would-rather-prefer/would-prefer-english-lesson.html – Diakses tanggal 27 Desember 2016
  3. “Prefer to do something” vs. “would prefer to do something” – http://english.stackexchange.com/questions/222873/prefer-to-do-something-vs-would-prefer-to-do-something – Diakses tanggal 27 Desember 2016

Simpan

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *