Beda People Dan Persons Sebagai Bentuk Plural Dari Person


Kata “people” dan “persons” termasuk salah satu dari sekian banyak kata yang tergolong kedalam confusing words. Biasanya sih kata yang masuk kedalam kategori itu karena memang ada beberapa vocabulary yang memiliki kemiripan atau aturan khusus dalam pamakaiannya, dan masalahnya tidak banyak yang tau secara pasti cara yang benar menggunakannya dan akhirnya menimbulkan kebingungan. Tapi kalau dua kata yang sedang kita bahas kali ini, apa ya yang jadi masalah? Dilihat dari bentuknya sudah jelas berbeda jauh, lalu apa sebenarnya perbedaan antara people dan persons? Hmm ternyata sobat, hal ini ada hubungannya dengan bentuk plural (jamak) dari kata “person”. Lalu kamu tau nggak yang mana bentuk plural dari “person” yang benar? Mungkin belum tau ya, tapi kalau arti kata person tau dong? Ya, benar. Kata person artinya orang. Kalau masih bingung menjawab pertanyaan tadi, baca aja deh artikel ini, dijamin nggak bingung lagi. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Menggunakan Kata People dan Persons

Perbedaan Kata People Dan Persons

Perbedaan People dan Persons

People dan persons adalah kata yang sama sama diakui sebagai bentuk plural dari kata “person”. Mungkin jika dilihat sekilas maka kita akan cenderung lebih memilih kata “persons” ya sebagai bentuk jamak dari “person” karena jelas jelas sama kata dasarnya dan hanya dapat tambahan huruf “s” saja, lagi pula kan penambahan “s” berarti jamak. Tapi tunggu dulu, kita tidak bisa lompat pada kesimpulan dengan begitu cepat, karena bagi sebagian orang ternyata terdapat pertentangan tentang perbedaan kata “people” dan “persons” ini.

Bagi sebagian orang yang meyakini aturan modern English, kata “people” merupakan bentuk plural yang DIAKUI untuk kata “person”. Bahkan menurut pernyataan yang kami kutip dari halaman DailyWritingTips, mereka dengan tegas berani menyatakan bahwa kata “people” itu benar sedangkan kata “persons” itu salah. Tapi kami mengajak sobat pembaca untuk tidak terlalu mengambil sikap keras akan hal ini ya, karena ada baiknya jika kita tidak terlalu menolak salah satu dari kedua kata tersebut sambil terus mencari informasi tambahan. Karena meskipun ada yang bersikap tegas dan menyatakan bahwa salah satu katalah yangbenar, namun ternyata tidak sedikit juga yang masih memberikan data data yang lebih berimbang.

Related: Inilah Perbedaan Penggunaan Thing Dan Stuff Dalam Kalimat

Informasi lainnya yang kami kutip dari halaman QuickandDirtyTips bahwa memang benar di jaman sekarang ini kata “people” umumnya selalu menjadi pilihan tepat saat kita membicarakan orang yang jumlahnya lebih dari satu. Bahkan beberapa kamus pun sudah tidak memasukkan lagi kata “persons” sebagai bentuk plural dari “person”. Bahkan jikapun ada beberapa kamus yang masih mengikutkan kata “persons” selalu menyertainya dengan catatan bahwa hal itu sudah tidak umum, tidak dipakai lagi atau ketinggalan jaman.

Ada pula informasi yang menyatakan bahwa pada traditional English, dalam penggunaan yang sudah lama sekali, kata “people” digunakan untuk jumlah individu yang uncountable, sedangkan “persons” digunakan untuk kelompok orang dengan jumlah yang mudah dihitung. Namun sayang kurang ada bukti bukti kuat terutama dalam penggunaan di masa kini.

Dan yang terakhir, sebagian orang juga berpendapat bahwa kata “persons” inimerupakan kata yang bersifat lebih formal, dan saat ini pemakaiannya cenderung sangat terbatas, terutama pada lingkup hukum dan tata aturan yang bersifat resmi saja.

Itulah sobat beberapa informasi yang telah berhasil kami kumpulkan seputar perbedaan kata “people” dan “persons” dalam Bahasa Inggris sebagai bentuk plural dari kata “person”. Sekarang sebagai penutup, ada baiknya kita melihat beberapa contoh penggunaan kata people dan persons ini dalam kalimat.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata People dan Persons

Any persons found in possession of illegal weapon will be prosecuted.

(Setiap orang yang ditemukan memiliki senjata illegal akan dituntut.)

During the attack on presidential building, five persons were apprehended.

(Dalam penyerangan terhadap bangunan kepresidenan, lima orang di tahan.)

There are ten people waiting in the lobby.

(Ada sepuluh orang menunggu di lobi.)

Sixteen people started their trip to Jayawijaya mountain yesterday.

(Enam belas orang memulai perjalanan mereka ke gunung Jayawijaya kemarin.)

Oke deh sobat itulah tadi yang bisa kami tampilkan seputar perbedaan people dan persons dalam Bahasa Inggris, semoga bermanfaat ya. Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan ragu untuk membagikannya di sosmed kamu. Caranya gampang banget, tinggal klik salah satu logo sosmed yang ada di bawah ini. Terimakasih untuk kunjungan dan dukungannya.

Referensi:

  1. People vs. Persons – http://www.wordsmile.com/pengertian-perbedaan-contoh-kalimat-people-persons – Diakses tanggal 9 Januari 2017
  2. People vs. persons – http://grammarist.com/usage/people-persons/ – Diakses tanggal 9 Januari 2017
  3. Person, persons or people? – http://dictionary.cambridge.org/grammar/british-grammar/person-persons-or-people – Diakses tanggal 9 Januari 2017
  4. People vs. Persons – http://www.dailywritingtips.com/people-vs-persons/ – Diakses tanggal 9 Januari 2017
  5. People or Persons? – http://www.quickanddirtytips.com/education/grammar/people-or-persons – Diakses tanggal 9 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *