Beda Penggunaan Other, Others, Dan Another Beserta Contohnya


Penggunaan kata other, others dan another berbeda antara satu dan yang lainnya. Meski terkadang mungkin kita agak bingung dalam membedakannya karena ketiganya memiliki kemiripan dalam makna yaitu “yang lain”. Nah penjelasan dalam artikel kali ini akan mencoba menerangkan pengertian serta cara penggunaan yang tepat untuk masing masing kata tersebut. Kalau sobat adalah pengguna Bahasa Inggris yang aktif, artikel ini penting banget untuk kamu baca, karena baik kata other, others maupun another, ketiganya merupakan vocabulary yang akan sangat sering kita gunakan. Sekarang, yuk kita simak penjelasan lengkapnya, baca sampai selesai ya. – Bigbanktheories.com

Contoh Soal Other Dan Another

Penggunaan Kata Other Others Dan Another

Penggunaan Other, Others Dan Another

Dengan membaca penjelasan tentang penggunaan kata other, others dan another ini tentunya sobat mengharapkan untuk bisa membedakan cara penggunaan yang tepat untuk ketiganya. Sebelum memasuki penjelasan yang lebih terperinci untuk masing masing kata tersebut, cobalah baca sejenak ringkasan singkat berikut ini.

Ringkasan Singkat Tentang Perbedaan Antara Kata Other, Others dan Another

Related: Pronoun Antecedent Agreement Serta Contoh Dan Penjelasannya

Kata other, others dan another bisa digunakan bersama noun sebagai determiner atau adjective dan juga bisa berdiri sendiri sebagai pronoun. Ringkasan singkat berikut ini akan membantumu dalam mengingat perbedaan antara kata other, others dan another, jadi sebaiknya bacalah dan pahami.

1.Another + Singular Noun

Contoh: I need another car.

2.Other + Plural Noun

Contoh: I need other cars.

3.Others (Sebuah pronoun yang digunakan untuk menggantikan other + plural noun)

Contoh: I need others.

Dengan melihat penjelasan singkat di atas, kita akhirnya mengetahui bahwa:

1.Kata “Another” bisa digunakan sebagai adjective ataupun pronoun untuk bentuk singular.

2.Kata “Other” digunakan sebagai adjective untuk bentuk plural. Dan kata “Others” merupakan perubahan bentuknya saat di tempatkan sebagai pronoun, yang digunakan untuk bentuk plural juga.

Selain ketiga kata tersebut, sebenarnya ada satu hal lagi yang masih berkaitan, namun tidak berbentuk kata tapi dalam bentuk phrase, yaitu “The Other”. Berikut penjelasan singkatnya:

1.Saat digunakan dalam bentuk singular, bentuk frasa nya sama saja baik di posisi adjective maupun pronoun yaitu “the other”.

2.Saat digunakan dalam bentuk plural, pada posisi adjective yang mendapat imbuhan berupa “s” adalah noun nya, contoh: the other cars. Sedangkan pada posisi pronoun akhiran “s” ini diberikan pada frasa tersebut hingga menjadi “the others”.

Bagaimana sobat? Bisa diikuti ya penjelasannya. Oke deh sekarang kita masuk ke penjelasan yang lebih rinci lagi.

Penggunaan Kata Another

Kata another artinya:

One more (satu lagi) / An additional (penambahan) / An extra (tambahan) / A different one (satu yang berbeda) / An alternative one (pilihan atau cara lain)

Contoh Penggunaan Kata Another

She has brought another bicycles.

Would you like another slice of the cake?

Don’t worry about the Bus. We can go another day.

Contoh Penggunaan Kata Another + One

Kata another juga bisa diikuti dengan kata “one” yang artinya “satu lagi setelah yang sebelumnya”. Namun dengan catatan bahwa hal yang dirujuk atau yang dibicarakan harus sudah jelas sebelumnya.

I have already eaten three fried chickens though now I want another one.

Contoh Penggunaan Kata Another Sebagai Pronoun

Seperti yang telah kami sebutkan di atas bahwa kata another juga bisa digunakan sebagai sebagai pronoun (kata ganti). Berikut inilah contohnya:

I don’t like this toy. Let’s buy another.

Contoh Penggunaan Kata Another + Number + Plural noun

Ternyata kata another bisa juga digunakan bersama plural noun, namun dengan syarat bahwa diantara kata another dan plural noun tersebut sudah diselipkan number atau angka.

Our company need another fifty workers to finish the construction.

Penggunaan Kata Other

Kata other artinya:

More in addition (tambahan lebih) / Alternative (pilihan lain) / Different thing (yang lain)

Contoh Penggunaan Kata Other

We have other paintings if you are interested.

I cannot make it to your party because I am busy with other things.

Contoh Penggunaan Kata Other + Ones

Kata other juga bisa diikuti dengan kata “one” yang artinya “yang lain lagi”. Namun dengan catatan bahwa hal yang dirujuk atau yang dibicarakan harus sudah jelas sebelumnya.

I don’t need the shelf, I need other ones.

Penggunaan Kata Others Sebagai Pronoun

Telah kami sebutkan di atas bahwa kata others bisa digunakan sebagai pronoun (kata ganti). Berikut inilah contohnya:

I don’t like these notebooks. Let’s ask for others.

Itulah tadi sobat pembahasan materi Bahasa Inggris tentang penggunaan kata other, others, dan another. Semoga dengan ulasan materi yang singkat dan contoh contoh yang telah kami tampilkan, bisa membuat sobat mengerti cara menggunakan ketiga kosakata tersebut dengan tepat. Sekarang, luangkan waktumu sebentar untuk mengetes pemahamanmu dengan mengerjakan contoh soal penggunaan other, others dan another berikut ini.

Contoh Soal Penggunaan Kata Other, Others dan Another

Isilah titik titik berikut dengan jawaban yang tepat!

1.Some music calms people, . . . music has the opposite effect.

2.This shoes is too big. Do you have it in . . . size?

3.I will attach three files in this email and I will send . . . tomorrow.

4.Would you like . . . cup of coffee?

5.I don’t like this restaurant. Is there . . . restaurant around here?

Jawaban:

1.Other

2.Other

3.Others

4.Another

5.Another

Dengan berakhirnya contoh soal other dan another di atas, berarti telah selesai juga artikel kita hari ini. Semoga bisa dimengerti dengan mudah serta bermanfaat bagi sobat pembaca semua ya. Terimakasih kunjungannya hari ini dan sampai jumpa lagi.

Referensi:

  1. Another vs. Other vs. Others – http://www.grammar.cl/english/another-other-others.htm – Diakses tanggal 21 Januari 2017
  2. Penggunaan dan Contoh Kalimat Other, The Other, dan Another – http://www.wordsmile.com/other-the-other-another – Diakses tanggal 21 Januari 2017
  3. Other, Others, The Other or Another? – http://dictionary.cambridge.org/grammar/british-grammar/other-others-the-other-or-another – Diakses tanggal 21 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *