Beda Penggunaan Many Dan Much Beserta Contoh Kalimatnya


Kata many dan much memiliki arti yang sama yaitu banyak. Kedua kata ini kita gunakan saat ingin mengungkapkan bahwa suatu benda jumlahnya banyak, namun ingat keduanya digunakan dengan cara yang berbeda. Apa bedanya kata many dan much? Jika kamu penasaran, temukan penjelasannya dalam artikel di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Penggunaan Kata Many Dan Much Dalam Kalimat

Beda Penggunaan Many Dan Much Beserta Contoh Kalimatnya

Pengertian Many dan Much

Many dan much adalah kata yang kita gunakan untuk menyatakan bahwa suatu benda jumlahnya banyak (membicarakan kuantitas). Dalam sebuah kalimat, kedua kata ini bisa berfungsi sebagai determiner maupun pronoun.

Saat digunakan sebagai determiner, kata “many” akan berpasangan dengan countable noun. Sedangkan kata “much” akan dipasangkan dengan uncountable noun. Dan saat berfungsi sebagai pronoun dan ditempatkan di posisi subject, maka kata “many” berpasangan dengan plural verb, dan kata “much” dengan singular verb. Jika kita tuliskan, pola nya akan berbentuk seperti berikut ini:

Related: Kalimat Subjunctive Dalam Bahasa Inggris Serta Contohnya

Many – Countable Noun / Plural Verb

Much – Uncountable Noun / Singular Verb

Bagaimana sobat, sampai disini bisa diikuti dengan mudah ya penjelasannya. Sekarang ayo kita coba perhatikan dulu beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata many dan much berikut ini.

Contoh Kalimat Many dan Much

My uncle owns many properties in Yogyakarta.

I think we had so much fun back in Tokyo.

Mr. Ray Palmer spent many weeks observing the clown fish.

You are going to spend much money for this brand new hoverboard.

Itulah tadi beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata many dan much di dalamnya. Nah, selanjutnya kita akan mempelajari kata many dan much saat dipasangkan dengan kata how, sehingga membentuk pertanyaan “how many” dan juga “ how much” yang artinya juga sama yaitu “seberapa banyak?”

How Many dan How Much

Pola pertanyaan yang di awali dengan “how many” dan juga “how much” digunakan untuk menanyakan hal yang sama, yaitu “berapa banyak”. Sama halnya dengan kata many dan much, kedua pola pertanyaan itu pun memiliki perbedaan dalam penggunaannya. Ini dia perbedaannya:

How many – Countable Noun / Plural Noun

How much – Uncountable Noun / Singular Noun

Contoh Kalimat How Many dan How Much

How many brothers do you have?

How much sugar do you want?

How many cars will be fit in this plane?

How much does it take to get my car back?

Ternyata tidak sulit ya menggunakan “how many” dan juga “how much” dalam kalimat. Nah selanjutnya kita juga akan mempelajari frasa yang masih berhubungan dengan kata many dan much juga yaitu “as many as” dan juga “as much as”, jika kita artikan, keduanya memiliki arti yang sama yaitu “sebanyak yang . . .” atau “sebanyak”.

As Many As dan As Much As

“As many as” dan juga “as much as” digunakan untuk mengungkapkan hal yang sama yaitu “sebanyak” atau “sebanyak yang . . .”. Kini saatnya kita memperhatikan contoh penggunaan kedua pola tersebut dalam kalimat. Dan ingat, aturan utamanya tetap sama dengan kata many dan much.

Contoh Kalimat As Many As dan As Much As

You can take as many as you want.

I have to earn as much money as I can.

You can eat as many candies as you love.

We have to drink as much as two litres of water a day.

Itulah beberapa contoh penggunaan pola “as many as” dan juga “as much as”, cukup mudah juga ya ternyata memahaminya.

Materi kali ini telah mencakup berbagai macam contoh penggunaan kata many dan much dalam Bahasa Inggris. Dengan membaca artikel ini, sobat juga telah mempelajari perbedaan dalam menggunakan kata many dan much. Kami yakin deh setelah membaca artikel ini sobat pasti jedi semakin percaya diri dalam menggunakan kata many dan much. Terimakasih untuk kunjungannya hari ini ya sobat, semoga artikel kali ini bermanfaat. Sampai ketemu lagi di artikel lainnya.

Referensi:

  1. Pengertian, Penggunaan, dan Contoh Kalimat Many dan Much – http://www.wordsmile.com/penggunaan-contoh-kalimat-many-much – Diakses tanggal 29 Januari 2017
  2. Much vs. Many – Rules, Examples & Exercises – http://www.gingersoftware.com/content/grammar-rules/adjectives/much-vs-many/ – Diakses tanggal 29 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *