Beda Pengertian Dan Penggunaan Shape Dan Form


Sobat, taukah kamu apa bedanya kata Shape dan Form dalam Bahasa Inggris? Kalau kamu artikan di kamus, mungkin kamu akan menemukan bahwa arti kedua kata ini sama, yaitu “Bentuk”. Lalu apa dong bedanya? Pada awalnya kami juga bingung lho sobat, dan tim kami pun memiliki pengalaman tersendiri dengan penggunaan kata “Shape” dan “Form” ini dalam kalimat sebagai terjemahan dari kata “Bentuk”. Berikut ini adalah cerita pengalaman kami itu.

Kemarin tim kami sempat menerima jasa terjemahan jurnal ilmiah mengenai arsitektur bangunan cina di kota Magelang. Dalam proses pengerjaannya kami sempat terbentur dengan beberapa kosakata atau istilah yang berkaitan dengan dunia arsitektur dan tehnik bangunan. Salah satu istilah yang sedikit membingungkan adalah saat kami harus mencari Bahasa Inggrisnya dari “bentuk bangunan”, beberapa orang dari tim kami menggunakan vocabulary yang berbeda untuk istilah ini. Karena terjadi perbedaan dalam hasil terjemahan, kamipun memutuskan untuk mencari tau, apa sebenarnya Bahasa Inggris dari istilah bentuk bangunan yang tapat. Akhirnya kamipun menemukan penjelasan singkatnya yang menurut kami cukup membantu menghilangkan kebingungan kami.

Dalam kesempatan kali ini, kami berniat ingin berbagi informasi yang kami temukan tersebut sobat. Alasannya adalah karena menurut kami ini kasus yang cukup unik, mengapa? Karena kata “bentuk” merupakan vocabulary dasar yang hampir semua orang sudah mengetahui Bahasa Inggrisnya, namun ternyata dalam situasi tertentu menerjemahkan kata “bentuk” kedalam Bahasa Inggris bisa membingungkan juga hehe. Kata bentuk dalam Bahasa Inggris bisa kita ungkapkan dengan dua cara yaitu dengan menggunakan kata “shape” dan juga dengan menggunakan kata “Form”. Namun tentunya ada perbedaan antara kedua kata tersebut. Bagaimanakah penjelasannya? Simak materi dalam artikel kali ini. – Bigbanktheories.com

Related: Pengertian Dan Penggunaan Wontcha Dalam Bahasa Inggris
Terjemahan Kata Bentuk Dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Shape Dan Form

Pengertian Shape Dan Form

Karena kebingungan kami tentang penggunaan kata shape dan form yang tepat dalam Bahasa Inggris, kami pun berusaha menemukan berbagai sumber yang bisa membantu menjelaskan hal ini, baik sumber bacaan online, buku dan tentunya dictionary (kamus). Ternyata memang tidaklah mudah menjelaskan perbedaan antara keduanya dengan sekedar kata kata atau bahkan satu kalimat saja. Yang kita perlukan untuk memahami perbedaan antara kata Shape dan Form ini adalah mengamati contoh penggunaanya. Sehingga kita akan tau, kapankah dan dalam kalimat yang seperti apa kita dapat menggunakan kedua kata tersebut. Namun tentunya kami akan mengawalinya dengan menampilkan pengertian dari kata shape dan form dari beberapa sumber dan juga pengertian simpelnya menurut pemahaman kami sendiri.

Pengertian Shape

Menurut kamus Inggris-Indonesia yang disusun oleh John M. Echols dan Hassan Shadily, shape artinya bentuk. Namun ada juga pengertian lainnya seperti: potongan, keadaan dan kondisi. Yang tidak akan kita bahas dalam artikel kali ini, karena yang kita fokuskan kali ini adalah kata Shape sebagai terjemahan kata bentuk dalam Bahasa Indonesia.

Menurut online Cambridge dictionary pengertian kata shape ini bisa dijelaskan lebih rinci lagi yaitu sebagai berikut:

Pertama: the particular physical form or appearance of something (bentuk fisik tertentu atau penampilan dari sesuatu)

Kedua: an arrangement that is formed by joining lines together in a particular way or by the line or lines around its outer edge (sebuah tatanan yang dibentuk dengan cara menggabungkan beberapa garis menjadi satu dengan suatu cara tertentu atau dengan garis atau garis garis di tepian luarnya.)

Menurut online Wikipedia pengertian kata shape adalah sebagai berikut: the form of an object or its external boundary, outline or external surface (bentuk dari sebuah objek atau tepi batas bagian luarnya, garis atau permukaan luar.)

Menurut istilah arsitektur dan seni kata shape merujuk pada objek dua dimensi saja.

Sedangkan untuk pengertian simple nya menurut pemahaman kami pribadi, kata shape artinya bentuk. Yang dimaksud dengan bentuk disini lebih mengarah pada sesuatu yang berhubungan dengan bentuk bentuk geometri seperti bentuk rectangle, triangle, circle dan sebagainya.

Pengertian Form

Menurut kamus Inggris-Indonesia yang disusun oleh John M. Echols dan Hassan Shadily, form artinya bentuk. Namun ada juga pengertian lainnya seperti: formulir, kondisi, merupakan dan memperoleh.

Menurut online Oxford Dictionaries arti form adalah sebagai berikut:

Pertama: the visible shape of something (bentuk tampak dari suatu benda)

Kedua: the body or shape of a person or animal (tubuh atau bentuk dari seseorang atau hewan)

Menurut online Wikipedia pengertian kata form adalah sebagai berikut: the shape, visual appearance, or configuration of an object. In wider sense, the form is the way something is (bentuk, tampilan tampak mata, atau tatanan sebuah objek. Dan dalam makna yang lebih luas, kata “form” adalah tentang bagaimana keadaan sesuatu itu sebenarnya.)

Menurut istilah arsitektur dan seni kata form merujuk pada objek tiga dimensi (3D object).

Sedangkan pengertian simple nya menurut pemahaman kami pribadi, kata form artinya bentuk. Dan yang dimaksud dengan bentuk disini mencakup makna yang lebih fleksibel dan luas dibandingkan dengan kata “Shape”, karena dapat dikatakan bahwa apapun itu pasti memiliki “form” meskipun belum tentu memiliki “shape”. Contohnya saja liquid form (bentuk cair), solid form (bentuk padat), gas form (bentuk gas) dan sebagainya.

Contoh Penggunaan Kata Shape Dan Form

A heart shape is recognized as the symbol of love.

(Bentuk hati telah dikenali sebagai simbo cinta.)

Last month I enrolled my self to a body shaping program.

(Bulan kemarin saya mendaftarkan diri kedalam sebuah program pembentukan tubuh.)

Those bottles contain Nitrogen in liquid form.

(Botol botol itu berisi Nitrogen dalam bentuk cair.)

Ice is the solid form of water.

(Es adalah bentuk padat dari air.)

Itulah tadi sobat sedikit penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai pengertian dan penggunaan kata shape dan form sebagai terjemahan Bahasa Inggris untuk kata bentuk. Tetap terus pelajari dan cari contoh penggunaan kedua kata ini lebih banyak lagi, karena yang kami bisa sampaikan kali ini hanyalah segelintir dari contoh penggunaan kata shape dan form. Selamat belajar, dan semoga apa yang kami bagikan bisa bermanfaat.

Referensi:

  1. Shape – http://www.dictionary.com/browse/shape – Diakses tanggal 17 Desember 2016
  2. Meaning of “shape” in the English Dictionary – http://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/shape – Diakese tanggal 17 Desember 2016
  3. Definition of Form in English – https://en.oxforddictionaries.com/definition/form – Diakses tanggal 17 Desember 2016
  4. Form – http://www.dictionary.com/browse/form – Diakses tanggal 17 Desember 2016
  5. Form – https://www.merriam-webster.com/dictionary/form – Diakses tanggal 17 Desember 2016
  6. Berbagai Macam Shape / Bentuk Dalam Bahasa Inggris – http://kelasbahasainggris.com/berbagai-macam-shape-bentuk-dalam-bahasa-inggris/ – Diakses tanggal 17 Desember 2016
  7. Shape – https://en.wikipedia.org/wiki/Shape – Diakses tanggal 17 Desember 2016
  8. Form – https://en.wikipedia.org/wiki/Form – Diakses tanggal 17 Desember 2016
  9. Difference Between Shape and Form – http://www.differencebetween.net/language/difference-between-shape-and-form/ – Diakses tanggal 17 Desember 2016
  10. Kamus Inggris – Indonesia (John M.Echols dan Hassan Shadily

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *