Beda Migrate, Emigrate Dan Immigrate Dalam Bahasa Inggris


Halo sobat, dalam artikel kali ini, kita akan mempelajari perbedaan kata Migrate, Emigrate dan Immigrate. Bagi sobat yang selama ini masih bingung dalam membedakan ketiga kata tersebut, mudah-mudahan penjelasan singkat yang saya sajikan di bawah ini bisa membantumu untuk memahaminya. Silahkan baca dengan teliti penjelasan serta contoh penggunaan kata Migrate, Emigrate dan Immigrate dalam kalimat yang sudah saya persiapkan khusus untukmu.

Migrate, Emigrate dan Immigrate adalah kosakata yang memiliki kemiripan baik dari segi unsur dan struktur huruf pembentuk kata nya, hingga bunyi ataupun cara pengucapannya. Ketiga kata ini ternyata juga memiliki keterkaitan terhadap hal yang sama yaitu “perjalanan” atau “perpindahan dari suatu lokasi menuju lokasi lainnya”. Jadi, sangat wajar kan jika ketiga nya sering menimbulkan kebingungan. Bebaskan dirimu dari rasa ragu dalam menggunakan kata Migrate, Emigrate dan Immigrate dengan memahami penjelasan singkat di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Migrate vs Emigrate vs Immigrate

Beda Migrate Emigrate Dan Immigrate Dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Migrate, Emigrate dan Immigrate

Penjelasan singkat dari perbedaan antara kata Migrate, Emigrate dan Immigrate adalah sebagai berikut sobat: “Migrate” artinya “move” atau berpindah dari suatu lokasi ke lokasi lain, “Emigrate” artinya “exit” atau keluar dari negaramu untuk tinggal di negara lain, sedangkan “Immigrate” artinya masuk ke negara lain untuk menatap di sana. Bagaimana sobat, sederhana kan ternyata penjelasannya.

Related: Pengertian Dan Penggunaan Sorta Dalam Bahasa Inggris

Dari ketiga kata di atas, biasanya yang membuat bingung adalah saat kita harus membedakan antara “Emigrate” dan “Immigrate”. Tips mudah yang bisa saya sarankan bagi sobat untuk mengingat perbedaan kedua kata tersebut adalah dengan melihat awal kata nya. Penjelasannya seperti ini sobat: “Emigratediawali dengan huruf “E”, nah kita hanya perlu mengasosiasikan huruf ini dengan kata “Exit” yang berarti “keluar”. Dengan begini akan lebih mudah bagi kita untuk mengingat bahwa “Emigrate” berarti tindakan “migrasi ke luar”. Sedangkan untuk “Immigrate” yang diawali dengan huruf “I”, kita hanya perlu menghubungkan huruf tersebut dengan kata “into” yang artinya “ke dalam”. Jadi ini artinya “Immigrate” adalah kegiatan “migrasi atau perpindahan ke dalam”.

Perlu juga kita ingat bahwa sebenarnya saat seseorang melakukan “Emigrate” dari negara nya, di saat yang sama dia juga sebenarnya melakukan “Immigrate” ke negara tujuannya. Mungkin ini juga merupakan satu alasan mengapa kedua kata ini menjadi membingungkan dalam penggunaannya, karena keduanya terjadi di saat yang bersamaan. Hanya saja aksi “Emigrate” berarti kita melihat pergerakannya berdasarkan asal nya, sedangkan “Immigrate” berarti fokus kita adalah pada tujuan nya. Perhatikan contoh berikut ini:

I emigrated from Indonesia to Australia on 2013.

(Saya pindah (beremigrasi) dari Indonesia ke Australia pada tahun 2013.)

I immigrated to Australia on 2013.

(Saya pindah ke Australia pada tahun 2013.)

Jika kita perhatikan, ada satu ciri khas lagi yang membedakan antara “Emigrate” dan “Immigrate” yaitu: dalam penggunaannya, kata “Emigrate” akan diikuti oleh kata “from” sedangkan kata “Immigrate” akan diikuti dengan kata “to”.

Oh ya, mungkin ada sebagian dari sobat pembaca yang penasaran ya, jika terjemahan “Emigrate” dan “Immigrate” itu adalah “pindah”, lalu apa bedanya dengan kata “move”? Sejauh ini yang saya tau, kata “Emigrate” dan juga “Immigratekhusus digunakan untuk membicarakan perpindahan antar negara, sedangkan kata “movelebih fleksibel penggunaannya.

Lalu bagaimana dengan kata “Migrate”? Nah, untuk kata yang satu ini, sebenarnya saya rasa tidak sering menimbulkan kebingungan dalam penggunaannya ya. Hanya saja memang perlu kita pahami konteks penggunaan kata ini. Kata ini biasanya digunakan untuk membicarakan perpindahan yang durasi nya cukup lama (meski tidak harus selalu bersifat pindah permanen), dan biasanya dihubungkan perpindahan yang diakibatkan perubahan musim. Misalnya saja seperti burung atau hewan lainnya yang bermigrasi kearah selatan saat musim dingin tiba dan mereka bisa kembali lagi ke tempat asal saat musim dingin sudah berakhir.

Contoh Penggunaan Kata Migrate, Emigrate dan Immigrate Dalam Kalimat

The swallows usually migrate to the south during winter.

(Burung Layang-Layang biasanya bermigrasi ke selatan selama musim dingin.)

My grandparents emigrated from Indonesia during the colonial era.

(Kakek dan nenek saya beremigrasi dari Indonesia pada saat masa penjajahan.)

Mexican people started to immigrate to US in the early 20th century.

(Orang Meksiko mulai berimigrasi ke US pada awal abad ke 20.)

Seperti itulah sobat contoh penggunaan kata Migrate, Emigrate dan Immigrate, saya harap dengan adanya sedikit contoh kalimat ini sobat akan lebih mudah dalam memahami penjelasan yang saya sajikan di atas. Terimakasih banyak atas waktu yang sudah kamu luangkan untuk membaca artikel ini hingga akhir, sampai jumpa lagi dalam materi menarik lainnya. Jangan lupa baca juga artikel saya yang berjudul Funner atau More Fun yang benar Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Emigrate vs. Immigrate vs. Migrate – https://www.vocabulary.com/articles/chooseyourwords/emigrate-immigrate-migrate/ – Diakses tanggal 20 Mei 2019
  2. Emigrate vs. Immigrate – https://www.grammarly.com/blog/emigrate-immigrate/ – Diakses tanggal 20 Mei 2019
  3. How to Use Emigrate vs. Immigrate correctly – https://grammarist.com/usage/emigrate-immigrate/ – Diakses tanggal 20 Mei 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *