Beda Lend Dan Borrow Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya


Selamat pagi sobat. Apakah kamu sedang mencari tau perbedaan antara kata Lend dan Borrow dalam Bahasa Inggris? Jika iya, cobalah baca penjelasan singkat yang sudah saya siapkan di bawah ini. Melalui tulisan kali ini, saya sengaja ingin membahas tentang perbedaan serta cara penggunaan kata Lend dan Borrow yang tepat dalam kalimat, yang mungkin selama ini masih menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa orang.

Kata “Lend” dan “Borrow” sama-sama berfungsi sebagai verb (kata kerja). Kedua kata ini memiliki keterkaitan erat dari segi makna atau arti katanya. Kemiripan arti inilah yang selama ini menyebabkan kesalahan dalam menggunakan kata Lend dan Borrow dalam kalimat. Saya harap, setelah membaca penjelasan di bawah ini, sobat tidak akan ragu lagi saat ingin menggunakan kata Lend dan Borrow. – Bigbanktheories.com

Lend vs Borrow

Beda Lend Dan Borrow Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Perbedaan Lend dan Borrow

Tanpa perlu berbelit-belit, perbedaan antara Lend dan Borrow adalah sebagai berikut sobat:

Related: Pengertian Dan Penggunaan Oughta Dalam Bahasa Inggris

Lend artinya Meminjamkan

Borrow artinya Meminjam

Dari definisi Lend dan Borrow di atas saya yakin sobat sekarang sudah langsung paham ya apa perbedaannya. Meski hanya dibedakan dengan akhiran-kan” saja, namun makna dari kedua kata tersebut sangat jauh berbeda, dimana “Lend” berarti kita yang “memberi pinjaman” sedangkan “Borrow” berarti kita yang “meminjam / meminta pinjaman”.

Karena kata Lend dan Borrow adalah verb, maka sobat mungkin juga memerlukan informasi tentang bentuk verb 1, verb 2 dan verb 3 dari Lend dan Borrow. Berikut penjelasannya:

Verb 1Verb 2Verb 3

LendLentLent

BorrowBorrowedBorrowed

Ada sedikit tips yang saya temukan di internet yang menurut saya bisa membantu kita dalam menghafalkan konsep Lend dan Borrow ini. Berikut tips tersebut:

I borrow something from somebody. / Saya meminjam sesuatu dari seseorang.

I lend something to somebody. / Saya meminjamkan sesuatu pada seseorang.

Jika kita perhatikan, sedikit sekali perbedaannya ya, yaitu pada pasangan kata yang muncul. Jika kita menggunakan kata “Borrow” maka yang muncul adalah kata “from” sedangkan jika yang kita gunakan adalah kata “Lend” maka yang muncul adalah kata “to”. Hal ini terjadi karena konsepnya “Borrow” berarti object atau barang yang dipinjam itu bukan berasal dari kita, itulah sebabnya yang muncul adalah kata “from” yang artinya “dari” yang dalam hal ini menunjukkan asal object yang dipinjamkan. Sedangkan kata “Lend” berarti barangnya berasal dari kita, oleh karena itu yang muncul sebagai pasangannya adalah kata “to” yang artinya “pada / kepada”.

Oh ya, ada sedikit tambahan lagi sobat. Kali ini tentang bentuk atau pola kalimat yang mungkin kita buat dengan menggunakan kata Lend dan juga Borrow. Berikut penjelasan singkatnya:

Saat kita menggunakan kata “Lend” dalam kalimat, maka ada dua kemungkinan bentuk kalimat yang bisa kita buat, yaitu:

to lend something to somebody

Contoh: Shinta lent her note book to Aprijal.

to lend somebody something

Contoh: Shinta lent Aprijal her note book.

Sedangkan saat kita menggunakan kata “Borrow” dalam kalimat, hanya ada satu kemungkinan bentuk kalimat yang bisa kita buat, yaitu:

to borrow something from somebody

Contoh: Aprijal borrowed a note book from Shinta.

Contoh Penggunaan Kata Lend dan Borrow dalam Kalimat

I will never lend him anything anymore.

(Saya tidak akan pernah lagi meminjamkan apapun kepadanya.)

I borrowed some books from the library yesterday.

(Saya meminjam beberapa buku dari perpustakaan kemarin.)

Rozak lent his bike to Mario last week.

(Rozak meminjamkan sepeda nya pada Mario minggu lalu.)

Anisa borrowed Rina’s phone to call her father.

Anisa meminjam hape nya Rina untuk menelpon ayahnya.

Did you lend him your money?

(Apakah kamu meminjamkannya uangmu?)

Oke deh sobat, itulah penjelasan tentang perbedaan Lend dan Borrow dalam Bahasa Inggris, semoga informasi yang saya tampilkan bermanfaat bagi sobat pembaca semua. Terimakasih banyak sudah meluangkan sebagian waktumu untuk membaca tulisan ini hingga akhir. Sedikit tambahan informasi lagi bagi sobat, ada sebuah kata yang memiliki kaitan erat dengan kata Lend dan Borrow yaitu kata “Loan” yang umumnya berfungsi sebagai noun (kata benda) yang artinya “pinjaman”. Kata ini bisa juga berfungsi sebagai verb dan bermakna sama seperti “Lend”, namun penggunaan kata ini sebagai verb sepertinya hanya diakui di Amerika saja, itupun sepertinya sangat jarang. Itu saja yang bisa saya bagikan dalam artikel kali ini, saya nantikan kunjunganmu selanjutnya. Selanjutnya, silahkan buka artikel saya yang berjudul: Beda Brake Dan Break Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya.

Referensi:

  1. Perbedaan antara Lend dan Borrow beserta Contoh Kalimatnya – https://www.wordsmile.com/penggunaan-contoh-kalimat-lend-borrow – Diakses tanggal 24 Mei 2019
  2. Lend or Borrow – https://www.ecenglish.com/learnenglish/lessons/lend-or-borrow – Diakses tanggal 24 Mei 2019
  3. The difference between “borrow” and “lend” – https://www.crownacademyenglish.com/borrow-lend/ – Diakses tanggal 24 Mei 2019
  4. ‘Lend’ vs. ‘borrow’ in English – https://jakubmarian.com/lend-vs-borrow-in-english/ – Diakses tanggal 24 Mei 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *