Beda Cue Dan Queue Serta Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat


Kata “Cue” dan “Queue” dalam Bahasa Inggris memang memiliki pelafalan yang sama. Jika sobat penasaran dan ingin memastikannya, kamu boleh langsung membuka Google Translate saat ini dan ketikkan kataCue” dan “Queue” satu persatu secara bergantian dan perhatikan cara baca yang disajikan oleh google. Jika kamu sedang mencoba hal ini, kamu pasti sudah menemukan bahwa ternyata kedua kata tersebut memiliki cara baca yang sama yaitu “kyo͞o”. Kosakata seperti inilah yang kita kenal sebagai Homophone dalam Bahasa Inggris sobat.

Sesuai dengan pengertian homophone, kata “Cue” dan “Queue” memang terdengar sama pengucapannya di telinga kita, namun keduanya memiliki arti yang berbeda. Nah, perbedaan antara kata “Cue” dan “Queue” inilah yang akan kita pelajari bersama dalam artikel kali ini sobat. Jika kamu penasaran, silahkan baca penjelasan berikut ini sampai selesai. – Bigbanktheories.com

Beda Cue Dan Queue Serta Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat

Perbedaan Cue Dan Queue

Untuk mengetahui perbedaan Cue dan Queue secara cepat, kita bisa mengandalkan hasil terjemahan google translate saja. Dari hasil yang kita dapatkan, kita akan langsung tau perbedaan arti dari Cue dan Queue, dimana kata “Cue” berarti “isyarat” atau “tanda” sedangkan kata “Queue” berarti “antrian”. Bagaimana sobat, sangat jauh berbeda kan ternyata pengertian kedua kata ini. Menariknya lagi, perbedaan ini ternyata tidak berhenti sampai di sini saja lho. Masih ada beberapa hal unik lain yang menjadi pembeda antara kata Cue dan Queue dalam Bahasa Inggris. Jika sobat ada waktu luang, silahkan lanjut baca penjelasan lengkapnya berikut ini.

Related: Beda Childish Dan Childlike Dalam Bahasa Inggris

Hal menarik pertama datang dari kataCue”. Kalau tadi sudah saya sampaikan bahwa kata ini berarti “sinyal”, “isyarat” atau “tanda”, ternyata kata “Cue” juga merujuk pada kata benda lain yaitu “tongkat bilyar”. Menarik ya sobat! Karena penasaran, sewaktu sedang menulis artikel ini, saya pun iseng mengetik kataCue” di kolom pencarian google dan memindahkan opsi pada pencarian gambar, dan ternyata memang benar sobat, yang muncul adalah gambar berbagai tongkat yang digunakan dalam permainan biliar.

Selain dapat berfungsi sebagai kata benda (noun), ternyata baik kataCue” maupun kata “Queue”, keduanya dapat juga berfungsi sebagai kata kerja (verb). Sebagai kata kerja, kata “Cue” merujuk kepada aktivitas memberikan sinyal atau tanda kepada seseorang untuk melakukan sesuatu. Sedangkan kata “Queue” merujuk kepada aktivitas menunggu di dalam suatu antrian (mengantri) atau sangat ingin untuk melakukan suatu hal.

Setelah kita membahas perbedaan Cue dan Queue dari segi arti kata atau pengertiannya, sekarang ada beberapa hal lagi yang ingin saya bagikan pada sobat. Beberapa hal berikut ini juga dapat membantu kita dalam mengingat perbedaan antara Cue dan Queue dalam Bahasa Inggris. Jika sobat berkenan, silahkan pelajari selengkapnya dalam paparan singkat berikut ini.

Pertama, ada hal menarik dari kataQueue” yang ternyata bisa juga ditulis sebagai “Cue” dalam American english. Bagi native speaker American english, ternyata kata “Queuejarang sekali ditemukan. Native speaker di Amerika ternyata lebih suka menggunakan kata “Line” untuk merujuk pada “antrian” sebagai pengganti kata “Queue”. Sementara di Inggris, orang akan tetap menggunakan kata “Queue” untuk merujuk kepada “antrian”.

Kedua, adalah soal penggunaan kataCue”. Kata ini umumnya digunakan di teater terbuka yang berarti suatu tanda bagi aktor untuk mengingatkan mereka agar mengatakan atau melakukan sesuatu di atas panggung. Di pertelevisian, ada istilah “Cue Cards” yaitu kartu yang berisi pengingat agar aktor ingat dialog mereka. Hmm, sangat menarik ya.

Yang terakhir, adalah tentang fakta unik dari kataQueue”. Pertama, kata ini diyakini berasal dari British English yang merujuk kepada pembentukan antrian. Tidak heran jika hingga kini penutur asli Bahasa Inggris di Inggris masih mempertahankan penggunaan kata ini saat penutur di Amerika nampak seperti meninggalkannya. Yang kedua, kataQueue” jika kita perhatikan, ternyata digunakan secara luas pada layanan video streaming untuk menunjukkan barisan video yang hendak ditonton. Sepertinya memang secara umum kataQueue” digunakan untuk hal apapun yang menunjukkan antrian.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata Cue Dan Queue

Setelah sobat mempelajari arti dan perbedaan antara Cue dan Queue, kali ini kita akan melihat contoh penggunaan kata Cue dan Queue dalam kalimat. Seharusnya ini adalah bagian yang mudah karena sobat kini sudah paham perbedaan kedua kata ini.

Contoh kalimat menggunakan kata “Cue”

It was as a cue to him to do whatever he wants to do in fulfilling his dreams.

The performer interpreted the crowd’s laugh as his cue to tell another jokes.

The sound of firework is his cue to run to the stage.

On cue, the first step of the strategy was implemented.

Pick your best cue and let’s play billiard before the school is over!

If she hits the cue into the eight ball, her chance is over.

Cue me when my Mom comes, so I can start her birthday party.

Cue the ninth ball in the last and you will win this game.

A purring cat may be a cue that she loves you so much.

We need to practice hard to cue the white ball in creating a trick.

This is the most expensive cue in this shop.

You can use the basic cue as you are still in beginning of the lesson.

Contoh kalimat menggunakan kata “Queue”

The soldiers formed a queue before entering the battlefield.

This application makes users easier to queue the movies they want to watch.

Please pick the best bag, and I will queue it up to cashier.

We have sent the particular item in the queue.

I have been waiting in the queue for over three hours to buy some foods in the canteen.

The students are queuing to enter the class.

Please form a good queue.

There is a queue of stuffs waiting to be checked in the airport.

When the car opened she jumped from the front of the queue.

I was sleeping in the traffic queue when the accident happened.

Maria was in the first place of queue but Sena was at the end of the line.

Demikianlah pembahasan materi vocabulary kali ini, saya harap penjelasan yang saya sajikan dalam tulisan kali ini bisa membantu sobat untuk memahami perbedaan Cue Dan Queue dalam Bahasa Inggris. Saya mohon maaf atas kekurangan dan kesalahan yang mungkin ada dalam penyajian materi kali ini dan semoga bisa dimaklumi. Terimakasih banyak untuk waktu yang sudah sobat luangkan, semoga bermanfaat. Sampai jumpa lagi dan jangan lewatkan artikel terbaru kami yang berjudul Penjelasan Lengkap Tentang Countable Noun Dan Contohnya.

Referensi:

  1. Perbedaan antara “Cue” dan “Queue” beserta Contoh Kalimatnya – https://www.wordsmile.com/pengertian-perbedaan-contoh-kalimat-cue-queue – Diakses tanggal 21 Oktober 2019
  2. How to Use Cue vs Queue Correctly – https://grammarist.com/usage/cue-queue/ – Diakses tanggal 21 Oktober 2019
  3. Cue or Queue: What’s the Difference? – https://writingexplained.org/cue-or-queue-difference – Diakses tanggal 21 Oktober 2019
  4. Cue vs. Queue – https://www.dictionary.com/e/cue-vs-queue/ – Diakses tanggal 21 Oktober 2019

2 THOUGHTS ON “Beda Cue Dan Queue Serta Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat”

  1. Cue.. queue. sue sama gak?


    1. Halo, terimakaish sudah memberikan komentar di artikel ini. Cue dan Queue itu tidak sama, kedua kata itu adalah contoh homophone dalam Bahasa Inggris, penjelasannya bisa anda baca lagi di atas ya. Terimakasih sudah mampir, sukses selalu untuk jualan tali jam tangan nya ya 😀


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *