Beda Confidant Dan Confident Beserta Contoh Penggunaannya


Perbedaan antara kata Confidant dan Confident sangatlah kecil jika kita lihat secara fisik dari unsur pembentuk kata nya. Hal seperti ini dalam Bahasa Inggris umumnya dikenal dengan istilah minimal pair, yaitu sepasang kata yang memiliki perbedaan arti dan pengucapan karena memiliki sebuah huruf yang berbeda di dalamnya. Pada kasus ini, kata Confidant dan Confident memiliki perbedaan yang terletak pada huruf /a/ dan /e/. Meski hanya berbeda satu huruf saja, namun hal ini telah membuat keduanya menjadi kata yang berbeda dan tentu memiliki arti yang berbeda pula.

Dalam Bahasa Indonesia kita sebenarnya juga memiliki beberapa contoh minimal pair, misalnya saja seperti: Mata dan Mana, Masak dan Masuk, Merah dan Murah, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dari contoh yang saya sebutkan, tentu kita tau bahwa masing-masing kata dalam minimal pair di atas ternyata maknanya sangat berbeda. Hal yang sama terjadi juga pada kata Confidant dan Confident dalam Bahasa Inggris. Ayo simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Beda Confidant Dan Confident Beserta Contoh Penggunaannya

Perbedaan Confidant Dan Confident

Untuk memahami perbedaan Confidant dan Confident, saya ingin mengajak sobat semua untuk membaca pengertian dari masing-masing kata tersebut. Bacalah dengan teliti karena ternyata arti Confidant dan Confident masih saling berhubungan.

Related: Beda Classic Dan Classical Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Confidant

Confidant artinya “orang kepercayaan”. Ini adalah sebutan bagi orang yang kita percayai. Anggapannya, level kepercayaan kita terhadap orang ini sudah berada pada tahap di mana kita mampu berbagi atau bercerita mengenai perasaan maupun rahasia-rahasia kita. Jadi, Confidant adalah kata benda (noun) yaitu orang yang kita percaya.

Pengertian Confident

Berbeda dengan Confidant, Confident adalah kata sifat (adjective) yang merujuk kepada rasa kepercayaan maupun keyakinan. Adapun kata Self-Confident merujuk kepada rasa percaya diri. Sementara itu, ada juga kata Confidential yang merujuk kepada sesuatu yang bersifat rahasia.

Sekarang, setelah sobat mengetahui pengertian Confidant dan Confident, ini saatnya bagi kita untuk mulai menentukan perbedaan Confidant dan Confident. Berikut ini adalah perbedaan antara keduanya.

Pertama, Confidant merupakan kata benda alias noun, sementara Confident merupakan kata sifat alias adjective. Perbedaan kelas kata (part of speech) ini sangat jelas menunjukkan perbedaan posisi kedua kata tersebut di dalam kalimat.

Kedua, Confidant bisa menjadi subjek maupun objek dalam suatu kalimat. Sebagai subjek, kata Confidant biasanya digunakan untuk Pria, lalu untuk Confidante biasanya digunakan apabila subjeknya seorang Wanita. Jadi, di sini ada Confidant dan Confidante. Lalu, kata kerja atau to be yang digunakan mengikuti ketentuan penggunaan kata kerja untuk singular subjek.

Sementara itu, Confident merupakan kata sifat yang bisa melekat ke berbagai konteks, tidak harus mengenai rasa percaya diri. Misalnya, kita bisa gunakan pada kalimat “it is a confident performance.” yang berarti bahwa pertunjukan tersebut dibawakan secara serius tanpa ada keraguan.

Ketiga, Confidant merupakan orang yang kita percaya. Sementara itu Confident merupakan rasa percaya. Kedua hal ini sungguhlah berbeda. Kita bisa menyebutkan nama seseorang sebagai si Confidant. Misalnya kita memiliki teman bernama Susi atau Dudung, lalu mereka adalah orang yang kita percaya, maka kita bisa gunakan kata Confidant untuk menggantikan mereka.

Sementara itu, kita bisa menggunakan kata Confident untuk menyatakan atau menanyakan tentang keyakinan seseorang atas suatu hal. Kata Confident ini erat kaitannya dengan kepercayaan di dalam diri. Itulah mengapa ada istilah khusus Self-Confident yang merujuk kepada rasa percaya diri.

Contoh Penggunaan Kata Confidant Dan Confident Dalam Kalimat

Setelah memahami perbedaan Confidant dan Confident, sekarang kita akan membahas beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata Confidant dan Confident.

Contoh Penggunaan Kata Confidant Dalam Kalimat

I don’t have any confidant because I don’t like to share my secrets.

Felicia has been my confidant since we were in fourth smester.

Finding a confidant is as hard as finding gem stone.

A true confidant will never ever reveal the things that have been spoken.

In the life dramas, a confidant looks like a treasure.

Once somebody becomes a traitor, he/she will never ever be a good confidant.

In life, one confidant is enough, which is God.

Be good to your confidant because one day he/she can turn to be your evil.

Not all the things can be shared to your confidant.

Once you tell your secret to your confidant, make sure he/she keeps it well.

Contoh Penggunaan Kata Confident Dalam Kalimat

Be a bit more confident in yourself!

You don’t sound confident about the result of the test.

I’m confident of his skills as a manager.

Are you confident to deliver the speech on the opening ceremony tonight?

It was a confident performance.

She is a confident and practiced speaker who always impresses her audience.

Wales are supremely confident of winning the match.

The district attorney is confident that this newly acquired evidence will turn the case upside down.

His job requires him to always appear confident.

His confident leadership inspired his followers.

Selesai sudah pembahasan singkat kita tentang perbedaan Confidant dan Confident kali ini, saya harap penjelasan materi kali ini bisa dipahami dengan mudah. Terimakasih banyak atas waktu yang kamu luangkan untuk membaca materi ini hingga selesai, semoga bermanfaat. Saya akhiri sampai di sini, sampai ketemu lagi dan jangan lupa pelajari juga materi baru yang sudah saya terbitkan sebelumnya tentang Conditional Sentence Beserta Aturan Lengkap Dan Contohnya.

Referensi:

  1. Perbedaan Antara Confidant dan Confident beserta Contoh Kalimatnya – https://www.wordsmile.com/pengertian-perbedaan-contoh-kalimat-confidant-confident – Diakses tanggal 28 Juni 2019
  2. Confident vs. Confidant(e) – https://www.vocabulary.com/articles/chooseyourwords/confident-confidante/ – Diakses tanggal 28 Juni 2019
  3. Confidant vs. Convident – https://www.gingersoftware.com/english-online/spelling-book/confusing-words/confidant-confident – Diakses tanggal 28 Juni 2019
  4. The Differences between Confident, Confidant, and Confidante – https://www.grammar-monster.com/easily_confused/confident_confidant_confidante.htm – Diakses tanggal 28 Juni 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *