Beda Cleanup Dan Clean Up Dalam Bahasa Inggris


Cleanup dan Clean Up adalah dua istilah yang saling terkait dan memiliki pengertian yang mirip. Hal ini membuat banyak orang kesulitan dalam menentukan perbedaan antara Cleanup dan Clean Up dalam Bahasa Inggris. Menurut saya, ini sebenarnya merupakan hal yang sangat wajar, karena jika kita lihat, perbedaan antara kedua nya hanya terletak pada satu spasi diantara kata “Clean” dan “Up”.

Perlu kita ketahui bahwa “Cleanup” merupakan satu kata sedangkan “Clean Up” merupakan pasangan kata yang kita kenal dengan istilah phrasal verb. Nah, dalam artikel kali ini, kita akan mempelajari apa sih perbedaan antara kedua nya, dan bagaimana contoh penggunaan masing-masing istilah tersebut dalam kalimat yang tepat. Menurut saya, mempelajari hal ini akan sangat bermanfaat bagi kita, karena jika kita sudah paham apa perbedaan antara Cleanup dan Clean Up maka kita tidak akan tertukar dalam menggunakannya. Buat sobat yang udah penasaran dari tadi, langsung saja deh baca penjelasa singkat nya di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Pengertian Cleanup Dan Clean Up Beserta Contoh Kalimatnya

Beda Cleanup Dan Clean Up Dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Cleanup dan Clean Up

Untuk memahami perbedaan antara Cleanup dan Clean Up, tadi kita sudah membedakannya kedalam single word dan phrasal verb atau verb phrase. Sekarang kita akan melihat perbedaan keduanya dari pengertian atau definisi masing-masing istilah tersebut.

Related: Beda Pengertian Dan Penggunaan Shape Dan Form

Kata Cleanup yang merupakan noun (kata benda) merujuk kepada kegiatan bersih-bersih. Selain itu, kata ini ternyata juga mengandung makna lain yaitu: “eliminating crime” atau dalam Bahasa Indonesia nya “menghapuskan kriminalitas”, dan kata ini juga bisa berarti “making a profit” atau dalam Bahasa Indonesia nya “menghasilkan keuntungan”.

Istilah Clean Up yang merupakan phrasal verb, sudah pasti berfungsi sebagai kata kerja (verb) dalam suatu kalimat. Makna yang mungkin terkandung di dalamnya antara lain: to make clean and neat (membersihkan dan merapihkan), to finish (menyelesaikan), dan juga to turn a sizable profit (untuk menghasikan keuntungan yang besar).

Nah, sekarang pastinya sobat sudah semakin paham ya tentang perbedaan Cleanup dan Clean Up. Berikut ini, saya akan tampilkan beberapa contoh penggunaan kedua istilah ini dalam kalimat.

Contoh Penggunaan Kata Cleanup dan Clean Up Dalam Kalimat

Cleanup

“Hello, room service? Can I have a cleanup in my room?”

(“Halo, layanan kamar? Bisakah saya meminta pembersihan di ruangan saya?”)

This weekend I will join My Ocean community for a beach cleanup.

Akhir minggu ini saya akan mengikuti komunitas My Ocean untuk bersih-bersih pantai.)

Clean Up

Please clean up your room before you go to school.

(Tolong bersihkan kamarmu sebelum kamu pergi ke sekolah.)

I hire you to clean up my mess.

(Saya menyewa kamu untuk menyelesaikan masalah saya.)

Oke deh sobat, itulah tadi sekilas penjelasan serta contoh kalimat yang menunjukkan perbedaan antara Cleanup dan Clean Up. Saya harap penjelasan dalam artikel ini bias dipahami dengan mudah ya. Terimakasih atas waktu yang sudah kamu luangkan untuk membaca tulisan saya kali ini hingga selesai, mudah-mudahan bermanfaat. Sampai ketemu lagi dalam artikel lainnya, jika ada waktu, sempatkanlah untuk membaca artikel terbaru yang berjudul Cleft Sentence Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya.

Referensi:

  1. Commonly Confused Words: Cleanup and Clean Up – https://www.thoughtco.com/cleanup-and-clean-up-1689343 – Diakses tanggal 15 September 2018
  2. Cleanup or Clean Up – What’s the Difference? – https://writingexplained.org/cleanup-or-clean-up-difference – Diakses tanggal 15 September 2018
  3. Perbedaan antara “Cleanup” dan “Clean Up” dan Contoh Kalimatnya – https://www.wordsmile.com/pengertian-perbedaan-contoh-kalimat-cleanup-clean-up – Diakses tanggal 15 September 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *