Beda Classic Dan Classical Dalam Bahasa Inggris


Classic dan Classical adalah dua kata yang sering tertukar penggunaannya. Bagi sebagian orang, keduanya bahkan dianggap sama saja. Hal ini sangat wajar, karena kedua nya memang bisa berfungsi sebagai adjective (kata sifat) dan juga keduanya berasal dari kata dasar yang sama yaitu “Class”. Meski begitu, pemahaman akan perbedaan antara Classic dan Classical menurut saya penting untuk kita miliki, supaya kita bisa menggunakannya dengan tepat.

Untuk memudahkan sobat dalam memahami perbedaan Classic dan Classical dalam Bahasa Inggris, saya akan mencoba untuk mengulas sedikit pengertian dari masing-masing kata di atas serta menampilkan contoh penggunaannya. Jika nanti setelah membaca penjelasan singkat yang saya berikan ada yang ingin sobat tanyakan, silahkan langsung tuliskan di kolom komentar di bawah. – Bigbanktheories.com

Classic vs. Classical

Beda Classic dan Classical Dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Classic dan Classical

Jika sobat mencoba mengetik kedua kata ini di kolom Google Translate, maka sobat akan menemukan bahwa ternyata hanya kata Classic yang bisa berperan sebagai adjective dan juga noun (kata benda). Sedangkan untuk kata Classical hanya bisa berperan sebagai adjective saja. Dengan begini terlihat jelas ya sobat, yang menjadi masalah adalah saat kita harus menggunakan salah satu dari kata tersebut sebagai adjective. Supaya tidak bingung lagi, simak penjelasan berikut ini:

Related: Ternyata Inilah Arti Dari Penggunaan Though Diakhir Kalimat

(break)

Arti Kata Classic Dalam Bahasa Inggris

Kata Classic Sebagai Adjective

Saat digunakan sebagai adjective, kata Classic berarti “high quality” atau dalam Bahasa Indonesia nya bisa kita bilang “bermutu tinggi”. Umumnya yang kita maksudkan saat menggunakan kata ini dalam kalimat adalah bahwa sesuatu itu dihargai karena mengandung unsur gaya tradisional (budaya). Selain itu, kata ini juga bisa bermakna bahwa sesuatu itu merupakan contoh yang sangat tepat yang dapat menggambarkan suatu ide yang ingin kita ungkapkan. Perhatikan contoh penggunaan kata Classic berikut ini:

My father has a classic car from the 1950s.

(Ayah saya memiliki sebuah mobil klasik dari tahun 1950an.)

What you did to your son was a classic example of bad parenting.

(Yang kau lakukan terhadap anakmu adalah contoh klasik dari pengasuhan yang buruk.)

Kata Classic Sebagai Noun

Saat digunakan sebagai noun, kata Classic bisa merujuk pada karya literature terbaik dan paling terkenal dari masa lalu. Kata ini juga bisa diartikan sebagai sesuatu yang dianggap unggul sejak dulu kala. Tapi perlu diperhatikan juga, jika kita menggunakan kata Classic untuk dua pengertian di atas, kita harus menambahkan “article (a atau the)” di depan nya, karena jika tidak, maka makna nya akan jauh berbeda yaitu: ilmu atau pelajaran yang membahas Ancient Greek dan Latin. Perhatikan contoh berikut:

If you want to improve your English, I suggest you to read the classics.

(Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mu, saya sarankan kamu untuk membaca karya literature terkenal dari jaman dahulu.)

Arti Kata Classical Dalam Bahasa Inggris

Kata Classical hanya digunakan sebagai adjective saja. Jika kita berpatokan pada terjemahan Google Translate, maka kata ini bisa bermakna “yang terkenal luas” atau bisa dikatakan “diterima secara umum serta telah digunakan sejak lama”. Sedikit tambahan, dari sumber yang saya temukan di internet, kata ini juga bisa digunakan untuk merujuk pada “culture of the past” atau “kebudayaan masa lalu” serta bentuk seni yang telah lama ada. Perhatikan contoh berikut:

Being in a relationship with someone is the classical definition of love.

(Berada dalam suatu hubungan dengan seseorang adalah definisi klasik dari cinta.)

My sister can perform both classical and modern dance.

(Adik saya bisa menampilkan tarian klasik dan modern.)

Oke deh sobat, itulah tadi ulasan singkat tentang perbedaan antara Classic dan Classical dalam Bahasa Inggris, semoga bermanfaat. Terimakasih banyak untuk kunjunganmu hari ini, saya nantikan kunjunganmu selanjutnya. Tetap semangat dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mu karena suatu saat itu akan sangat berguna. Silahkan lanjutkan dengan mempelajari Classifying Adjective Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya.

Referensi:

  1. Classic or Classical ? – https://dictionary.cambridge.org/grammar/british-grammar/classic-or-classical – Diakses tanggal 7 Mei 2019
  2. Pengertian dan Contoh Kalimat “Classic” dan “Classical” – https://www.wordsmile.com/pengertian-perbedaan-contoh-kalimat-classic-classical – Diakses tanggal 7 Mei 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *