Beda Childish Dan Childlike Dalam Bahasa Inggris


Perbedaan antara Childish dan Childlike sepertinya memang perlu dijelaskan secara rinci. Jika kita hanya mengandalkan hasil terjemahan dari kamus saja, menurut saya kita masih akan tetap bingung untuk menentukan perbedaannya. Hal ini karena pengertian dari kedua kata ini sama-sama dihubungkan dengan karakteristik anak-anak. Jika sobat mencoba menerjemahkan kedua kata ini di Google Translate, sobat akan menemukan bahwa arti kata Childish adalah “kekanak-kanakan” dan arti kata Childlike adalah “seperti anak kecil”. Lalu apa bedanya coba? Bingung kan?

Berawal dari rasa penasaran itulah sobat, saya mulai mencari penjelasan tentang perbedaan Childish dan Childlike dalam Bahasa Inggris. Akhirnya, setelah membaca penjelasan yang ada di beberapa sumber di internet serta mencoba memahami diskusi yang ada di beberapa forum Bahasa Inggris, saya baru mengerti bahwa ternyata letak perbedaannya ada pada “sense” atau dalam Bahasa Indonesia nya mungkin bisa kita sebut dengan “kesan” yang tergambar di benak penutur asli Bahasa Inggris saat mereka menggunakan kedua kata ini. Ingin tau penjelasannya? Baca dengan teliti di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Perbedaan Childish Dan Childlike Dalam Bahasa Inggris

Beda Childish dan Childlike Dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Childish dan Childlike

Childish dan Childlike adalah adjective (kata sifat) yang digunakan untuk merujuk pada karakteristik anak-anak. Jika dilihat dari pengertian kedua kata tersebut, sangat wajar jika kita selama ini menganggap kedua nya sama dan bisa saling menggantikan. Namun sebenarnya ada kesan yang berbeda yang diungkapkan melalui penggunaan kedua kata ini, dimana kata Childish mengandung kesan yang negative sedangkan Childlike mengandung kesan yang positive.

Related: Pengertian Dan Penggunaan Gotta Dalam Bahasa Inggris

Secara sederhananya, saat kita menggambarkan bahwa seseorang itu “Childish”, intinya ada sikap dari orang tersebut yang menurut kita negative atau tidak baik dan sifat itu merupakan sifat yang kita asosiasikan dengan ciri-ciri atau karakter anak-anak. Coba kita bayangkan dulu deh, sifat anak-anak yang seperti apa yang selama ini kita anggap “negative” ? misalnya saja gampang ngambek, atau tidak bisa menerima kalau keinginan nya tidak di ikuti, tidak mau dan tidak bisa memahami perasaan orang lain dan sebagai nya. Jadi, bila ada orang yang dari segi umur bisa dibilang sudah dewasa, namun tingkah nya masih seperti yang kita sebutkan barusan, nah orang itu biasanya kita sebut dengan Childish.

Lain hal nya dengan Childlike, saat menggunakan kata ini, maka anggapannya kesan yang ingin kita utarakan itu adalah sesuatu yang bersifat positive atau baik namun tetap merupakan hal yang menurut masyarakat secara umum merupakan ciri-ciri atau karakteristik anak-anak. Sekarang coba bayangkan deh, sifat apa yang ada pada anak-anak yang selalu kita anggap sebagai suatu hal positive? Misalnya saja seperti fakta bahwa anak kecil selalu jujur, atau sifat anak-anak yang polos, gampang memaafkan, tulus, penampilannya imut dan selalu ceria dan sebagainya. Nah, bila ada orang dewasa yang ternyata masih bersikap seperti yang kita sebutkan barusan, itu berarti orang tersebut bisa kita sebut dengan Childlike.

Bagaimana sobat, bisa dipahami ya. Jadi kamu Childish atau Childlike nih? Hehe kamu tentukan sendiri deh ya. Oh ya, ada sedikit tambahan lagi, supaya lebih mudah mengingat nya ada satu poin sederhana yang perlu kamu ingat, Childish menandakan ketidakdewasaan sedangkan Childlike menandakan ketulusan atau kemurnian dalam sikapnya. Supaya lebih jelas, perhatikan daftar sifat atau karakter yang biasanya ditunjukkan oleh orang yang Childish dan Childlike berikut ini:

Beberapa Sifat Orang Yang Childish:

1.Emosi nya gampang meningkat.

2.Lebih memilih untuk menyalahkan orang lain saat sesuatu kesalahan terjadi.

3.Cenderung impulsive (mengikuti keinginan hati) dan cenderung keras kepala.

4.Memiliki sifat narsis (hayoo kamu narsis nggak? Hehe).

5.Suka mencari perhatian.

6.Berbohong untuk melindungi diri sendiri.

Intinya orang yang tergolong Childish itu nyebelin, bikin bete dan dongkol haha.

Beberapa Sifat Orang Yang Childlike:

1.Mudah mempercayai orang (tidak suka mencurigai).

2.Tulus dan sederhana.

3.Cenderung jujur dan berkata apa adanya.

4.Memiliki semangat dan energy yang tinggi, biasanya sangat aktif.

5.Memiliki antusiasme dan rasa ingin tau yang tinggi dalam mempelajari hal baru.

Intinya ungkapan Childlike itu semacam pujian terhadap orang dewasa tapi masih memiliki sisi kebaikan anak-anak.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata Childish dan Childlike

1.I can’t believe that you talk like that to your mother, you are so childish.

(Aku tak percaya kamu bicara seperti itu pada ibu mu, kamu sangat kekanak-kanakan.)

2.Anita is very childish today. She embarrass me in front of everyone.

(Anita sangat kekanak-kanakan hari ini. Dia mempermalukan aku di hadapan semua orang.)

3.Her childlike smile always makes me happy.

(Senyumnya yang seperti anak-anak itu selalu membuat saya bahagia.)

4.I love to hear her childlike laugh.

(Aku suka mendengar tawa nya yang seperti anak-anak itu.)

Seperti itulah sobat penjelasan singkat tentang perbedaan Childish dan Childlike. Saya harap penjelasan yang saya sajikan bisa sobat pahami dengan mudah ya. Setelah memahami perbedaan kedua kata ini, saya doakan semoga sobat tidak tertukar lagi saat ingin menggunakannya dalam kalimat. Terimakasih banyak atas kunjunganmu hari ini, sampai jumpa lagi. Silahkan baca dan pahami juga Beda Classic Dan Classical Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Difference Between Childish and Childlike – https://keydifferences.com/difference-between-childish-and-childlike.html – Diakses tanggal 8 Mei 2019
  2. Perbedaan antara “Childish” dan “Childlike” dan Contoh Kalimatnya – https://www.wordsmile.com/pengertian-perbedaan-contoh-kalimat-childish-childlike – Diakses tanggal 8 Mei 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *