Beda Center Dan Centre Dalam Bahasa Inggris Serta Contohnya


Center dan Centre seringkali membuat kita bingung ya sobat. Terkadang yang kita temui di keseharian kita adalah kata “Center”, namun di lain kesempatan tulisan yang kita lihat di sekeliling kita adalah “Centre”. Hal ini tentu membuat kita bertanya-tanya dalam hati, apa sebenarnya perbedaan Center dan Centre dalam Bahasa Inggris.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan mempelajari bersama tentang perbedaan serta contoh penggunaan kata Center dan Centre. Hal ini menurut saya sangat penting supaya kita tidak bingung lagi dalam menentukan, kata mana yang harus kita gunakan. Misalnya saja saat kita ingin menamai sebuah Pusat Bahasa, mungkin hingga saat ini kita masih bingung apakah kita harus menggunakan “Language Center” ataukah “Language Centre”. Tanpa menunggu lebih lama lagi, yuk langsung kita simak penjelasan singkatnya. – Bigbanktheories.com

Center vs Centre

Beda Center Dan Centre Dalam Bahasa Inggris Serta Contohnya

Perbedaan Center dan Centre

Center dan Centre sebenarnya memiliki arti yang sama yaitu “pusat” atau “bagian tengah”. Yang selama ini menimbulkan kebingungan adalah karena ada versi American English dan British English. Kata “Center” adalah versi ejaan yang benar dalam American English, sedangkan kata “Centre” adalah versi ejaan yang lebih sering digunakan dalam British English atau negara-negara lain di luar US atau Amerika.

Related: Beda Migrate, Emigrate Dan Immigrate Dalam Bahasa Inggris

Kalau begitu Indonesia menggunakan yang “Centre” dong? Kan Indonesia termasuk negara lain di luar US. Kalau menurut saya sih jawabannya ya terserah yang mau memakai kata ini sobat, karena fakta nya di sekitar kita kedua kata ini ada dan digunakan secara luas kok, coba saja perhatikan di pusat keramaian seperti mall atau kampus, pasti kamu bisa dengan mudah menemukan contoh penggunaan kata Center dan Centre.

Tapi jika mengacu pada data penggunaan kataCenter” di negara tetangga kita, sepertinya memang Indonesia juga lebih cenderung menggunakan kata “Centre” ketimbang kata “Center”, karena pada data tersebut ditampilkan bahwa di Singapore penggunaan kata “Center” berjumlah sekitar 40% dan di Malaysia sekitar 35%. Ini artinya persentase yang lebih besar masih condong ke penggunaan kata “Centre”.

Kata “Center” dapat berfungsi sebagai noun (kata benda) dan juga verb (kata kerja). Saat berfungsi sebagai noun, kata ini bisa berarti: bagian tengah dari sesuatu, suatu jenis organisasi, serta bangunan atau fasilitas yang digunakan untuk kegiatan tertentu seperti misalnya “Language Center”, “Athletic Center” dan juga “Animal Center”. Sedangkan sebagai verb, kata ini berarti “memusatkan” atau “berputar pada topik tertentu”. Perhatikan contoh kalimat berikut:

I place the candle in the center of the table.

(Saya meletakkan lilin itu di tengah meja.)

Our discussion today will center on pre-marriage preparations.

(Diskusi kita hari ini akan berpusat pada persiapan sebelum pernikahan.)

Contoh Penggunaan Kata Center dan Centre dalam Kalimat

The Principal office is in the center of this building.

(Kantor kepala sekolah ada di tengah bangunan ini.)

Madison will meet her blind date at the Sports Centre.

(Madison akan menemui kencan buta nya di pusat olahraga.)

My shop in New York is located in the center of the crowd.

(Toko milik saya di New York berada di pusat keramaian.)

Rodrigo’s speech centered on child safety.

(Pidato Rodrigo berpusat pada keselamatan anak.)

Selesai sudah sobat pembahasan materi kita kali ini tentang perbedaan Center dan Centre dalam Bahasa Inggris. Saya harap sobat memperoleh wawasan baru dengan membaca penjelasan singkat di atas. Terimakasih banyak atas kunjunganmu hari ini, saya nantikan kunjunganmu berikutnya. Jika berkenan, pelajari juga artikel terbaru saya yang berjudul: Can not Atau Cannot Ejaan Yang Tepat Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Center or Centre – Which is Right? – https://www.grammarly.com/blog/center-centre/ – Diakses tanggal 16 Mei 2019
  2. What’s the difference between “center” and “centre”? – https://ell.stackexchange.com/questions/11524/whats-the-difference-between-center-and-centre/11531 – Diakses tanggal 16 Mei 2019
  3. Center vs. Centre – https://writingexplained.org/center-vs-centre-difference – Diakses tanggal 16 Mei 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *