Beda Canon Dan Cannon Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya


Hai sobat, kali ini kita akan mempelajari perbedaan antara kata Canon dan Cannon dalam Bahasa Inggris. Kedua kata ini tidak bisa kamu bedakan dari cara pengucapannya, karena keduanya adalah kata yang bersifat homophone (sama bunyi nya). Meski begitu, kedua kata ini sebenarnya berbeda jauh lho. Ada yang tau apa bedanya kata Canon dan Cannon? Jika belum, berarti kamu harus baca penjelasan singkat di bawah ini.

Perbedaan Canon dan Cannon mungkin terletak pada wujud benda nya ya sobat, dimana yang satu adalah mesin printer (printer merek Canon, hehe) dan yang satu lagi adalah meriam (Cannon). Jangan dianggap serius ya sobat, saya hanya bercanda kok hehe, bukan itu perbedaannya. Kedua kata di atas memang bisa berfungsi sebagai noun (kata benda) tapi penjelasannya bukan seperti yang saya sebutkan di atas. Simak penjelasan singkat tentang perbedaan Canon dan Cannon di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Canon vs Cannon

Beda Canon Dan Cannon Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Perbedaan Canon Dan Cannon

Perbedaan antara kata Canon dan Cannon bisa kita lihat dari fungsi dan definisi nya. Jika di lihat dari segi fungsi, kata “Canon” hanya dapat berperan sebagai noun dalam kalimat sedangkan kata “Cannon” bisa berfungsi sebagai noun dan juga verb (kata kerja).

Related: Perbedaan Terrible Dan Horrible Serta Contoh Kalimatnya

Jika kita lihat dari definisi masing-masing kata, maka penjelasannya adalah sebagai berikut:

Canon artinya norma / standard / aturan / prinsip

Cannon artinya meriam (noun) / menembak dengan meriam (verb)

Penjelasan yang lebih rinci untuk masing-masing kata di atas adalah seperti berikut ini:

Canon

Kata “Canon” ternyata berasal dari Bahasa Yunani yaitu “kanon” yang berarti “rule” atau aturan. Penggunaan kata ini diyakini berawal dari aturan yang digunakan di gereja yang dikenal dengan sebutan “canon law”. Pada masa itu, sejumlah kitab atau naskah tertulis yang dianggap suci juga disebut dengan canon. Inilah sebabnya beberapa kata seperti: peraturan agama, peraturan gereja, dalih agama, pastor dan juga norma menjadi terjemahan dari kata Canon saat kamu menerjemahkannya dengan menggunakan Google translate.

Saat ini, penggunaan kata “Canon” juga sering dikaitkan dengan dunia literatur, dimana ia dianggap memiliki kesamaan arti dengan kata “official” dan “legitimate” yang artinya resmi atau sah.

Cannon

Kata “Cannon” ternyata berasal dari sebuah kata dalam Bahasa Italia yaitu “cannone” yang berarti “large tube” atau tabung yang besar. Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, kata ini bisa berperan sebagai noun dan juga verb. Saat dia berfungsi sebagai noun, makna nya adalah “meriam” sedangkan saat dia digunakan sebagai verb, maka maknanya adalah menembak dengan menggunakan meriam. Kata ini bisa juga dipasangkan dengan beberapa adverb seperti: into, off dan onto. Saat dia berpasangan dengan salah satu verb tersebut, makna yang terbentuk adalah “collide with something” atau dalam Bahasa Indonesia nya bertabrakan dengan suatu benda.

Contoh Penggunaan Kata Canon dan Cannon dalam Kalimat

Impious man won’t follow the canon.

(Orang yang tak beriman tidak akan mengikuti aturan.)

70 years ago, pirates used cannons to strike other ships.

(70 tahun yang lalu, bajak laut menggunakan meriam untuk menyerang kapal lain.)

He blew up the ship by using a cannon.

(Dia meledakkan kapal itu dengan menggunakan sebuah meriam.)

Oke deh sobat, itulah tadi penjelasan sederhana tentang perbedaan antara kata Canon dan Cannon dalam Bahasa Inggris. Mudah-mudahan cara saya dalam menyampaikan materi kali ini bisa sobat tangkap dengan mudah dan semoga informasi ini bermanfaat bagimu. Sampai jumpa lagi dan jangan lupa baca juga Arti Ungkapan Can I Help you Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Canon vs. Cannon – http://www.write101.com/canon-vs-cannon – Diakses tanggal 15 Mei 2019
  2. Perbedaan antara “Cannon” dan “Canon” beserta Contoh Kalimatnya – https://www.wordsmile.com/pengertian-perbedaan-contoh-kalimat-cannon-canon – Diakses tanggal 15 Mei 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *