Beda Can Dan Could Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya


Perbedaan antara Can dan Could adalah salah satu materi Bahasa Inggris yang paling sering dicari oleh pelajar. Keduanya merupakan kata yang sangat sering kita gunakan dalam percakapan sehari-hari. Oleh karena itulah, memahami perbedaan Can dan Could sangat penting bagi kita.

Can dan Could sama-sama tergolong kedalam modal auxiliary verb. Keduanya juga memiliki arti yang sama, karena “Could” sebenarnya merupakan bentuk past dari “Can”. Nah, yang jadi pertanyaan sekarang, kalau memang keduanya berasal dari kata yang sama, lalu dimana letak perbedaannya? Inilah yang sering kali membuat sebagian pelajar merasa bingung, karena jika melihat dari berbagai contoh penggunaan Can dan Could, sepertinya pada tempat tertentu kata “Could” lah yang lebih tepat digunakan, dan begitu juga sebaliknya. Supaya kita tidak bingung lagi, ayo kita pelajari perbedaan umum antara Can dan Could dalam penjelasan singkat di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Can vs Could

Beda Can Dan Could Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Perbedaan Can dan Could

Berikut ini akan saya sajikan beberapa perbedaan umum antara Can dan Could. Pembahasan di bawah ini tentu tidak lengkap, karena jika ingin membahasnya secara rinci, maka kita juga akan mempelajari beberapa materi grammar seperti penggunaan could dalam expressing wishes, dan juga pada conditional sentence. Jika sobat tertarik untuk mempelajari lebih jauh, silahkan buka artikel yang membahas khusus tentang materi tersebut. Untuk sekarang, tujuan saya adalah menyampaikan perbedaan antara Can dan Could secara general dulu, supaya sobat bisa mendapat gambaran yang lebih jelas akan hal ini.

Related: Pengertian Dan Penggunaan Useta Dalam Bahasa Inggris

Secara umum, perbedaan Can dan Could bisa kita lihat dari fungsinya dalam menyatakan: ability, request, asking permission, allowed things, possibility. Berikut ini adalah penjelasan singkat untuk masing-masing poin tersebut beserta contohnya.

Ability (Kemampuan)

Can dan Could bisa kita gunakan untuk membicarakan tentang kemampuan. Namun terdapat perbedaan antara keduanya, di mana “Can” digunakan untuk membicarakan kondisi di masa kini (present) dan masa depan (future) sedangkan “Could” digunakan untuk membicarakan kondisi di masa lalu (past).

CanPresent / future

Contoh: I can ride a horse.

CouldPast

Contoh: I could read without glasses when I was in Junior High School.

Request (Permintaan)

Can dan Could juga bisa digunakan dalam membuat sebuah permintaan (request). Perbedaan antara Can dan Could dalam membuat request adalah “Could” dianggap sebagai cara yang lebih sopan (polite) dibandingkan dengan menggunakan “Can”.

CanLess Polite

Contoh: Can you bring me some flowers?

CouldPolite

Contoh: Could you wait a second?

Asking Permission (Meminta Izin)

Sama halnya seperti penjelasan di atas, dalam meminta izin pun “Could” yang dianggap sebagai ucapan yang lebih sopan dibandingkan “Can”.

CanLess Polite

Contoh: Can I use your bathroom?

CouldPolite

Contoh: Could we go now?

Allowed Things (Hal-hal yang diizinkan)

Can dan Could bisa juga kita gunakan untuk membicarakan tentang hal-hal yang diizinkan atau diperbolehkan. Bedanya, “Can” digunakan untuk masa sekarang dan masa depan sedangkan “Could” dipakai untuk masa lalu.

CanPresent / Future

Contoh: We can bring some of this books home if we want.

CouldPast

Contoh: Last year, we could go home early during Ramadhan.

Possibility (Kemungkinan)

Perbedaan Can dan Could saat digunakan untuk membicarakan “possibility” adalah: “Can” digunakan untuk membicarakan “general possibility” atau kemungkinan secara umum, sedangkan “Could” digunakan untuk membicarakan “specific event” atau kejadian tertentu.

CanGeneral Possibility

Contoh: The price of meat can be very expensive during Ramadhan.

CouldSpecific Event

Contoh: By the end of Ramadhan, the price of meat could rise twice of its original price.

Oke deh sobat, itulah sekilas pembahasan tentang perbedaan Can dan Could dalam Bahasa Inggris, silahkan dibaca berulang-ulang supaya kamu benar-benar memahami nya. Terimakasih banyak atas waktu yang kamu luangkan untuk membaca tulisan kali ini hingga selesai, mudah-mudahan informasi yang ada di dalamnya bermanfaat bagimu. Saya akhiri sampai di sini, silahkan lanjutkan dengan mempelajari Beda Canon Dan Cannon Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya.

Referensi:

  1. Can or Could – YouTube (7ESL) – youtube(dot)com/watch?v=BBq0hWsrC6o – Diakses tanggal 15 Mei 2019
  2. Can or Could  – https://learnenglish.britishcouncil.org/english-grammar/can-or-could – Diakses tanggal 15 Mei 2019
  3. Fungsi dan Contoh Kalimat Can dan Could (Modal Auxiliary Verb) – https://www.wordsmile.com/modal-verb-can-could – Diakses tanggal 15 Mei 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *