Beda Broach Dan Brooch Dalam Bahasa Inggris Serta Contohnya


Hei Sobat! Ayo kita pelajari perbedaan Broach dan Brooch di sini. Meski mungkin kita sangat jarang menggunakan kedua kata ini, namun menurut saya hal ini penting untuk kita pelajari, karena ternyata keduanya termasuk kedalam confusing words in English yang bahkan native speaker pun sering tertukar dalam penggunaannya. Salah satu alasannya adalah karena kata Broach dan Brooch memiliki cara pengucapan yang sama, dengan kata lain kedua kata tersebut merupakan contoh homophone.

Broach dan Brooch ternyata juga memiliki arti yang sama jika kita coba terjemahkan dengan menggunakan Google translate, yaitu “bros”. Ya, benar sekali sobat, “bros” yang dimaksud di sini adalah semacam pin yang biasa digunakan sebagai dekorasi pakaian wanita. Hal yang terlihat sepele mungkin bagi sebagian orang, namun kita juga perlu mengakui bahwa penggunaan bros bisa dikatakan sebagai sebuah budaya yang mengglobal. Oleh karena itulah, mengetahui terjemahan yang tepat dari kata bros dalam Bahasa Inggris menjadi hal yang bisa dibilang penting bagi kita. – Bigbanktheories.com

Broach vs Brooch

Beda Broach Dan Brooch Dalam Bahasa Inggris Serta Contohnya

Perbedaan Broach dan Brooch

Perbedaan Broach dan Brooch bisa kita lihat dari definisi kata tersebut, dimana kata “Broach” diterjemahkan sebagai “serangkaian titik pahat yang dipasang pada sepotong baja” sementara kata “Brooch” diterjemahkan sebagai “semacam perhiasan wanita yang memiliki jarum yang memungkinkannya untuk dipasangkan pada pakaian dan biasa digunakan pada atasan (pakaian bagian atas)”. Dari definisi di atas, menurut saya perbedaan sederhana nya adalah seperti ini sobat: Broach itu semacam “kikir” (bagi yang tidak tau kikir mungkin kamu bisa bayangkan asahan kuku yang biasanya ada di alat pemotong kuku), sedangkan Brooch itu adalah bros yang sering dipakai sebagai hiasan wanita.

Related: Pengertian Dan Penggunaan Wouldna Dalam Bahasa Inggris

Definisi di atas merupakan perbedaan antara Broach dan Brooch saat keduanya sama-sama berfungsi sebagai noun (kata benda). Sebagai informasi tambahan, sobat perlu tau juga bahwa ternyata kata “Broach” bisa juga berfungsi sebagai verb (kata kerja) yang makna nya dapat berarti: menembus, melubangi atau memperbesar sebuah lubang dengan menggunakan alat “broach” atau kikir tadi, atau bisa juga bermakna memperkenalkan atau mengangkat suatu masalah atau bahan pembicaraan. Perhatikan contoh berikut ini:

The best time to broach the news is on dinner.

(Waktu terbaik untuk menyampaikan berita itu adalah pada saat makan malam.)

We need to broach the faucet on this barrel so the oil can come out faster.

(Kita perlu memperbesar kran di tong ini supaya minyak nya bisa keluar lebih cepat.)

Bagaimana sobat, sudah paham kan sekarang apa perbedaan antara Broach dan Brooch. Saya harap setelah membaca penjelasan ini, sobat tidak bingung lagi ya dalam membedakan kedua kata itu. Oh ya, jangan kaget jika nanti kamu menemukan kamus yang menerjemahkan kedua kata ini dengan arti yang sama yaitu “bros”, karena ternyata meski kedua nya sebenarnya berbeda, namun tidak sedikit kamus yang menganggap keduanya sama, bahkan Google translate pun juga melakukannya. Yang paling penting adalah sobat sudah tau apa perbedaannya sekarang.

Contoh Penggunaan Kata Broach dan Brooch dalam Kalimat

Sebagai penutup materi, kini saatnya sobat mengamati beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata Broach dan Brooch di bawah ini.

You can use this broach to enlarge the hole on your wooden door.

(Kamu bisa menggunakan broach (kikir) ini untuk memperbesar lubang di pintu kayu mu.)

My grandmother loves to wear brooch on her shirt.

(Nenek saya suka menggunakan bros di kemeja nya.)

Mr Arisno will broach the project in our meeting next month.

(Mr Arisno akan membicarakan tentang proyek itu pada pertemuan kita bulan depan.)

I bought this silver brooch in Istanbul.

(Saya membeli bros perak ini di Istanbul.)

Itulah beberapa contoh kalimat yang bisa saya sajikan sobat, semoga bermanfaat dan bisa membantu mempermudah sobat semua dalam memahami penjelasan materi kali ini. Terimakasih banyak sudah membaca penjelasan tentang perbedaan antara Broach dan Brooch kali ini, silahkan share artikel ini supaya semakin banyak orang yang bisa ikut memahami nya. Sampai jumpa lagi dan jangan lupa baca juga artikel terbaru saya yang berjudul: Beda Sound Dan Voice Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya.

Referensi:

  1. Perbedaan antara “Broach” dan “Brooch” beserta Contoh Kalimatnya – https://www.wordsmile.com/pengertian-perbedaan-contoh-kalimat-broach-brooch – Diakses tanggal 21 Mei 2019
  2. Broach or Brooch – https://writingexplained.org/broach-or-brooch-difference – Diakses tanggal 21 Mei 2019
  3. Using Broach and Brooch Correctly – https://www.thoughtco.com/broach-and-brooch-1689327 – Diakses tanggal 21 Mei 2019
  4. Broach vs. Brooch – https://www.grammarbook.com/homonyms/broach-brooch.asp – Diakses tanggal 21 Mei 2019
  5. Broach vs Brooch – https://wikidiff.com/broach/brooch – Diakses tanggal 21 Mei 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *