Beda Bring dan Take Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya


Perbedaan antara Bring dan Take sebenarnya cukup jelas bagi kita. Dengan hanya mengandalkan kamus saja, kita sudah bisa tau bahwa keduanya memang sangat berbeda, dimana kata “Bring” artinya “Membawa” dan kata “Take” artinya “Mengambil”. Namun pada kondisi tertentu, ternyata kedua kata ini sama-sama bisa kita gunakan untuk mengungkapkan kata “membawa” dalam Bahasa Inggris. Misalnya saja dalam kalimat “Take me with you” yang jika kita terjemahkan artinya adalah “Bawa aku bersamamu”. Pada kondisi seperti inilah muncul keraguan dalam membedakan penggunaan kata Bring dan Take.

Dalam artikel kali ini, kita akan mempelajari bersama perbedaan antara Bring dan Take dalam perspektif arah perpindahan suatu object. Hal ini penting untuk kita pelajari karena di sinilah letak kebingungan dalam membedakan kedua kata tersebut. Silahkan baca penjelasan singkat yang saya siapkan di bawah ini jika sobat merasa penasaran akan perbedaan kata Bring dan Take dalam Bahasa Inggris. – Bigbanktheories.com

Bring vs Take

Beda Bring dan Take Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Perbedaan Bring dan Take

Bring dan Take bisa kita gunakan untuk membicarakan perpindahan lokasi suatu objek atas bantuan seseorang atau sesuatu (agent). Secara sederhana, keduanya bisa berarti “membawa” dalam Bahasa Indonesia. Meski begitu, keduanya tetap merujuk pada hal yang berbeda, yang dalam hal ini ditentukan oleh perspektif kita mengenai pergerakan objek tersebut.

Related: Ini Lho Bedanya Discreet Dan Discrete Dalam Bahasa Inggris

Penggunaan kata “Bring” dalam sebuah kalimat, mengindikasikan bahwa ada objek yang bergerak menuju atau ke arah si pembicara. Sedangkan “Takemengindikasikan pergerakan objek menjauh dari si pembicara. Supaya sobat lebih mudah memahami konsep yang baru saja saya sampaikan, ayo kita lihat sebentar contoh berikut ini:

Don’t forget to bring some snacks to my house tonight.

(Jangan lupa untuk membawa makanan ringan ke rumahku malam ini.)

Please take this sweater with you when you go.

(Bawalah sweater ini bersamamu saat kamu pergi.)

Kalimat Pertama: Pembicara: kita, Object: some snacks, Agent: Unknown (Kemungkinan teman)

Pada kalimat pertama, kita menggunakan kata “Bring” karena alurnya si object (some snacks) dibawakan oleh agent (unknown) ke arah kita (pembicara) atas permintaan kita.

Kalimat Kedua: Pembicara: kita, Object: sweater, Agent: Unknown (you)

Pada kalimat kedua, kita menggunakan kata “Take” karena alurnya adalah si object (sweater) dibawa oleh agent (unknown: you) pergi atau menjauh dari kita (pembicara) atas permintaan kita.

Bagaimana sobat, sudah semakin jelas kan sekarang? Saya harap begitu ya.

Setelah membaca penjelasan di atas, sobat tentu sudah menyimpulkan ya bahwa ternyata penggunaan verb Bring and Take sangat bergantung pada perspektif atau sudut pandang si pembicara. Jika objek itu tidak bergerak ke arah si pembicara, maka gunakanlah “Take” namun jika yang terjadi adalah sebaliknya, gunakanlah “Bring”.

Contoh Penggunaan Kata Bring dan Take dalam Kalimat

Cassandra, please bring the report to my office right now!

(Cassandra, tolong bawakan laporan itu ke kantor saya sekarang!)

Uncle Henry brought us so many presents last month.

(Paman Henry membawakan kami begitu banyak hadiah bulan lalu.)

Adrian always takes his external hard disk on a business trip.

(Adrian selalu membawa hard disk eksternal miliknya dalam perjalanan bisnis.)

Here, Take my car if you want to pick up your child from school.

(Ini, bawalah mobilku jika kamu ingin menjemput anakmu dari sekolah.)

Please, You don’t have to shoot. Just take the money and go.

(Tolong, anda tak perlu menembak. Bawa saja uang nya dan pergilah.)

Seperti itulah sobat contoh penggunaan kata Bring dan Take dalam kalimat. Semoga penjelasan yang saya sajikan kali ini bisa dipahami dengan mudah serta menjadi tambahan pengetahuan baru bagi sobat pembaca semua. Terimakasih banyak atas dukungan yang tak pernah berhenti dari seluruh pembaca setia bigbanktheories, semoga saya tetap bisa berbagi informasi yang menarik dan bermanfaat bagi sobat semua. Saya akhiri sampai di sini pembahasan materi kali ini, silahkan lanjutkan dengan membaca artikel terbaru saya yang berjudul: Beda Broach Dan Brooch Dalam Bahasa Inggris Serta Contohnya.

Referensi:

  1. Penggunaan dan Contoh Kalimat “Bring” dan “Take” (Verb) – https://www.wordsmile.com/penggunaan-contoh-kalimat-bring-take – Diakses tanggal 21 Mei 2019
  2. Bring vs Take – https://www.grammarly.com/blog/bring-vs-take/ – Diakses taggal 21 Mei 2019
  3. ‘Bring’ or ‘Take’? – https://en.oxforddictionaries.com/usage/bring-or-take – Diakses tanggal 21 Mei 2019
  4. Bring vs. Take – https://writingexplained.org/bring-vs-take-difference – Diakses tanggal 21 Mei 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *