Beda Bridal Dan Bridle Dalam Bahasa Inggris Serta Contohnya


Hai sobat! Taukah kamu apa perbedaan antara Bridal dan Bridle dalam Bahasa Inggris? Jika kamu belum tau, coba sekarang kamu terjemahkan kedua kata itu dengan menggunakan Google translate dan lihat apa yang kamu temukan. Kalau kamu sudah mencobanya, saya yakin saat ini sudah tidak ada pertanyaan lagi dalam pikiranmu tentang perbedaan antara kata Bridal dan Bridle, karena ternyata arti dari kedua kata ini sangatlah berbeda.

Yang jadi pertanyaan sekarang adalah, mengapa kata Bridal dan Bridle sering membingungkan penggunanya padahal maknanya jelas berbeda? Jawaban sederhana nya adalah karena kedua kata ini tergolong ke dalam homophone dalam Bahasa Inggris. Hal ini menyebabkan sebagian orang yang mungkin belum pernah memperhatikan perbedaan kedua kata ini secara detail menganggap keduanya sama saja dan akhirnya salah dalam menuliskannya. Demi menghindari hal itu, ayo kita pelajari bersama perbedaan Bridal dan Bridle dalam penjelasan singkat berikut ini. – Bigbanktheories.com

Bridal vs Bridle

Beda Bridal Dan Bridle Dalam Bahasa Inggris Serta Contohnya

Perbedaan Bridal dan Bridle

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas bahwa “Bridal” dan “Bridle” memiliki arti yang berbeda. Kata “Bridal” adalah sebuah adjective (kata sifat) yang artinya “hal yang berhubungan dengan pengantin (bride) atau perkawinan (wedding)”, sedangkan kata “Bridle” yang secara umum digunakan sebagai noun (kata benda) memiliki arti “kekang” yang merupakan alat untuk mengendalikan hewan seperti kuda. Kata ini juga bisa berfungsi sebagai verb (kata kerja) yang makna nya “memasangkan / menggunakan kekang” atau sederhananya “mengekang”.

Related: Nama Hewan Peliharaan Dalam Bahasa inggris Beserta Gambarnya

Bagaimana sobat, sederhana kan ternyata membedakannya. Sekarang yang perlu kamu perhatikan adalah ejaan atau spelling dari kedua kata tersebut, agar kamu tidak salah saat harus menggunakannya. Oh ya, sekilas info tambahan, kata “Bridal” ternyata berasal dari Old English yaitu “bridale / brydealo” yang artinya pesta pernikahan atau “wedding feast”. Menurut sejarah nya kata ini merupakan gabungan dari kata “bryd” yang artinya “bride” dan kata “ealo” yang berasal dari kata “ale (sejenis minuman keras kala itu)”. Hal ini diyakini sebagai representasi dari budaya pesta pernikahan kala itu dimana para tamu biasanya minum ale hingga mabuk.

Kata “Bridle” juga berasal dari kata dalam Old English yaitu “bregdan” yang artinya mengepang atau “to braid”. Selain bermakna “mengekang”, saat kata ini kita gunakan sebagai verb, ia juga bisa berarti bahwa kita marah atau kesal. Misalnya saja jika kita mengatakan “I bridle at something” ini artinya kita marah terhadap hal itu atau merasa tersinggung.

Karena sekarang sobat sudah memahami perbedaan antara Bridal dan Bridle, sekarang waktunya bagimu untuk mengamati beberapa contoh kalimat menggunakan kedua kata tersebut. Silahkan disimak.

Contoh Penggunaan Kata Bridal dan Bridle dalam Kalimat

My brother gave me a smartwatch as bridal gift.

(Saudara laki-laki saya memberikan sebuah smartwatch sebagai kado pengantin.)

I want to choose my own bridal dress.

(Aku ingin memilih gaun pengantinku sendiri.)

Alexandra fell from her horse during the race because she lose her grip on the bridle.

(Alexandra terjatuh dari kudanya saat perlombaan itu karena dia kehilangan genggaman nya pada tali kekang.)

Can you help me remove the bridle from my horse?

(Bisakah kamu membantuku melepaskan kekang itu dari kudaku?)

Sobat, itulah tadi penjelasan singkat tentang perbedaan Bridal dan Bridle dalam Bahasa Inggris, silahkan di baca ulang supaya lebih paham. Saya akhiri sampai di sini pembahasan materi kali ini, sampai jumpa lagi dalam materi menarik lainnya. Pastikan juga kamu sudah membaca artikel terbaru saya yang berjudul: Beda Bring dan Take Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya.

Referensi:

  1. bridal vs. bridle: Choose Your Words – https://www.vocabulary.com/articles/chooseyourwords/bridal-bridle/ – Diakses tanggal 22 Mei 2019
  2. How to Use Bridle vs. bridal Correctly – https://grammarist.com/usage/bridle-bridal/ – Diakses tanggal 22 Mei 2019
  3. Perbedaan antara “Bridal” dan “Bridle” beserta Contoh Kalimatnya – https://www.wordsmile.com/pengertian-perbedaan-contoh-kalimat-bridal-bridle – Diakses tanggal 22 Mei 2019
  4. bridal, bridle at Homophone – https://www.homophone.com/h/bridal-bridle – Diakses tanggal 22 Mei 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *