Beda Breath Dan Breathe Dalam Bahasa Inggris Serta Contohnya


Breath dan Breathe adalah dua kata yang sering membingungkan pengguna Bahasa Inggris dan membuat sebagian orang melakukan kesalahan saat harus menggunakannya dalam tulisan. Hal ini bagi saya sangat wajar, karena jika kita lihat sekilas, hanya ada perbedaan kecil antara kedua kata tersebut yaitu sebuah hurufe” di akhir kata “Breathe”. Sisanya, keduanya terlihat sangat identik.

Melalui artikel kali ini, kita akan mempelajari perbedaan antara Breath dan Breathe serta melihat beberapa contoh penggunaannya dalam kalimat. Bagi sobat yang dari tadi sudah penasaran tentang penjelasan materi kali ini, silahkan langsung saja masuk ke pembahasan materi berikut ini. Jangan lupa, jika kamu merasa tulisan yang saya sajikan ini bermanfaat, bagikanlah link artikel ini di akun-akun sosmed milikmu, Terimakasih. – Bigbanktheories.com

Breath vs Breathe

Beda Breath Dan Breathe Dalam Bahasa Inggris Serta Contohnya

Perbedaan Breath dan Breathe

Breath dan Breathe memiliki arti yang berbeda namun saling terkait. Breath adalah sebuah noun (kata benda) yang artinya “nafas” sedangkan Breathe adalah sebuah verb (kata kerja) yang artinya “bernafas”. Sekarang jadi makin jelas kan sobat mengapa masih banyak orang yang sering melakukan kesalahan dalam menggunakan kedua kata ini. Bukan karena perbedaan fisik nya yang sangat tipis saja, namun juga makna kedua kata yang bisa dibilang memiliki kaitan erat.

Related: 100 Kata Yang Paling Sering Digunakan Dalam Bahasa Inggris

Selain dari bentuk fisik dan pengertian masing-masing kata, ada satu perbedaanBreath” dan “Breathe” lagi yang perlu kita ketahui, yaitu dari segi pengucapan atau pronunciation. Jika kita merujuk pada phonetic transcription dari kata Breath dan Breathe yang kita temukan di kamus Oxford atau phonetic transcription converter yang bisa kita temukan di internet, perbedaan keduanya sungguh benar-benar tipis. Perhatikan keterangan berikut ini:

Breath /breθ/ dibaca: breTH (breth)

Breathe /bri:ð/ dibaca: brēT͟H (brith)

Bagaimana sobat, hampir tidak terlihat ya perbedaan antara Breath dan Breathe dalam Bahasa Inggris. Meski begitu, saya yakin sekali setelah membaca penjelasan singkat ini, sobat kedepannya tidak bingung lagi dalam menggunakan kedua kata tersebut. Perlu saya ingatkan sekali lagi bahwa Breath artinya “nafas” dan Breathe artinya “bernafas”. Sekarang, ayo kita amati beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata Breath dan Breathe di dalamnya.

Contoh Penggunaan Kata Breath dan Breathe dalam Kalimat

Take a deep breath, and release!

(Ambil napas dalam-dalam, dan lepaskan!)

Help me! I can’t breathe.

(Tolong aku! Aku tidak bisa bernafas.)

Wait! Stop running! I need to catch my breath.

(Tunggu! Berhenti berlari! Aku harus mengatur nafasku dulu.)

It is really hard to breathe in this room.

(Sangat sulit untuk bernafas di ruangan ini.)

Consuming a lot of fruits will prevent bad breath.

(Mengonsumsi banyak buah-buahan akan mencegah bau mulut.)

Can you breathe underwater?

(Bisakah kamu bernafas di dalam air?)

Baiklah sobat, seperti itulah penjelasan singkat tentang perbedaan Breath dan Breathe dalam Bahasa Inggris. Saya harap penjelasan di atas bisa dipahami dengan mudah ya, dan semoga informasi di dalamnya bisa memperluas wawasanmu. Oh ya, sedikit tambahan lagi, ada dua kata dalam Bahasa Inggris yang memiliki kaitan erat dengan kata Breath dan Breathe yaitu: Inhale yang artinya “menghirup nafas” dan Exhale yang artinya “menghembuskan nafas”. Silahkan di ingat-ingat dan coba gunakan dalam kalimat beserta kata Breath dan Breathe. Saya akhiri sampai di sini, sampai jumpa lagi dan jangan lupa baca juga: Beda Bridal Dan Bridle Dalam Bahasa Inggris Serta Contohnya.

Referensi:

  1. Perbedaan antara “Breath” dan “Breathe” beserta Contoh Kalimatnya – https://www.wordsmile.com/pengertian-perbedaan-contoh-kalimat-breath-breathe – Diakses tanggal 23 Mei 2019
  2. What’s the Difference Between Breath and Breathe? – https://grammar.yourdictionary.com/grammar/style-and-usage/what-s-the-difference-between-breath-and-breathe.html – Diakses tanggal 23 Mei 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *