Beda Brake Dan Break Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya


Brake dan Break memiliki pengucapan yang sama namun keduanya memiliki arti yang berbeda. Hal ini berarti keduanya bisa dikategorikan sebagai homophone dalam Bahasa Inggris. Keduanya sama-sama bisa kita gunakan sebagai noun (kata benda) dan juga verb (kata kerja). Melalui artikel kali ini, kita akan membahas perbedaan antara Brake dan Break serta mengamati beberapa contoh kalimat yang mengandung kata ini di dalamnya.

Perbedaan antara Brake dan Break bisa kamu pahami dengan sangat mudah dari definisi masing-masing kata. Jika kamu penasaran, coba saja deh kamu buka halaman Google translate dan terjemahkan kedua kata ini. Saya yakin sobat akan langsung tau apa perbedaan mendasar antara kata Brake dan Break dan tidak akan bingung lagi setelahnya. Atau kamu juga bisa memahami nya dengan membaca penjelasan singkat serta contoh penggunaan kata Brake dan Break yang sudah saya siapkan di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Brake vs Break

Beda Brake Dan Break Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Perbedaan Brake dan Break

Meski kata Brake dan Break adalah homophone yang mungkin kadang tertukar pemakaiannya dalam kalimat, namun sebenarnya membedakan kedua kata ini bisa dibilang cukup mudah lho sobat. Kita hanya perlu melihat dari definisi masing-masing kata, dimana “Brake” artinya adalah “Rem” dan “Break” artinya adalah “Istirahat”.

Related: Beda Childish Dan Childlike Dalam Bahasa Inggris

Jika tadi sobat sudah mencoba menerjemahkan kedua kata ini di Google translate, tentu kamu memperhatikan bahwa ada beberapa arti lain yang bisa diwakili oleh kata Brake dan Break, dan yang saya sebutkan di atas adalah arti kedua kata itu saat mereka digunakan sebagai noun. Terjemahan tersebut akan mengalami perubahan jika kita menggunakan kata Brake dan Break sebagai verb, dimana kata “Brake” artinya menjadi “Mengerem” dan kata “Break” artinya menjadi “Memecahkan”.

Summary:

Brake: Rem (noun) / Mengerem (verb)

Break: Istirahat (noun) / Memecahkan (verb)

Sekarang, karena sobat sudah mengerti definisi dan perbedaan dari kata Brake dan Break, kini saatnya kita berlatih menggunakan kedua kata tersebut dalam kalimat. Silahkan simak beberapa contoh kalimat yang sudah saya persiapkan di bawah ini.

Contoh Penggunaan Kata Brake dan Break dalam Kalimat

I hit the brake as soon as I realized that a huge snake was crossing the street.

(Saya menginjak rem secepatnya saat saya menyadari seekor ular besar sedang melintasi jalan.)

As an employee, I deserve a 30 minutes break during lunch time.

(Sebagai seorang karyawan, saya berhak atas waktu istirahat 30 menit selama waktu makan siang.)

Move away! I cannot brake my bike.

(Menjauh! Saya tidak bisa mengerem sepeda saya.)

Real man never breaks his promise.

(Pria sejati tidak pernah mengingkari janjinya.)

I accidentally broke the window of my classroom.

(Saya secara tidak sengaja merusak jendela kelas saya.)

Oke deh sobat, itulah pembahasan singkat yang bisa saya sampaikan tentang perbedaan Brake dan Break dalam Bahasa Inggris beserta contohnya, saya harap apa yang saya tampilkan bermanfaat bagi sobat semua dan bisa dipahami dengan mudah. Saya akhiri sampai di sini, terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan lanjutkan dengan membaca tulisan terbaru saya yang berjudul: Beda Breath Dan Breathe Dalam Bahasa Inggris Serta Contohnya.

Referensi:

  1. Perbedaan antara “Brake” dan “Break” beserta Contoh Kalimatnya – https://www.wordsmile.com/pengertian-perbedaan-contoh-kalimat-brake-break – Diakses tanggal 23 Mei 2019
  2. Brake vs. Break: How to Choose the Right Word – https://www.thoughtco.com/brake-and-break-1689322 – Diakses tanggal 23 Mei 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *