Beda Born Dan Borne Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya


Sobat, kita tentu sering menggunakan kata “Born” dalam kalimat, namun apakah kamu sudah cukup familiar dengan penggunaan kata “Borne” dalam Bahasa Inggris? Mungkin belum ya. Nah, dalam artikel kali ini, kita akan mempelajari perbedaan Born dan Borne yang merupakan salah satu contoh homophone dalam Bahasa Inggris.

Perbedaan antara kata Born dan Borne seringkali menimbulkan keraguan bagi peggunanya. Selain karena kedua kata ini memiliki cara pengucapan yang sama, keduanya juga sangat unik karena berasal dari kata dasar yang sama yaitu “Bear” yang merupakan sebuah verb (kata kerja). Born dan Borne sama-sama merupakan bentuk verb 3 atau past participle dari kata “Bear”, dan beda penggunaannya ditentukan oleh konteks tertentu. Hal inilah yang membuat kedua verb ini menjadi unik. Ayo kita pelajari perbedaan serta cara penggunaan kata Born dan Borne yang tepat melalui penjelasan singkat di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Born vs Borne

Beda Born Dan Borne Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Perbedaan Born dan Borne

Born dan Borne adalah bentuk past participle dari verbBear” yang artinya: menanggung / menahan / memikul / melahirkan / menghasilkan / dsb. Jika kita urutkan, perubahan verb 1, verb 2 dan verb 3 dari kata “Bear” adalah sebagai berikut:

Related: Penggunaan Kata No, None Dan None Of Dalam Bahasa Inggris

Verb 1 (Base Form)Verb 2 (Past simple)Verb 3 (Past participle)

BearBoreBorn / Borne

Meski kata Born dan Borne sama-sama merupakan bentuk verb 3 dari kata dasar yang sama, tidak berarti bahwa kita bisa menggunakan nya secara bergantian sesuka hati, karena ternyata ada konteks tertentu yang menjadi tempat khusus bagi penggunaan kata tersebut. Aturan penggunaan berdasarkan konteks tersebut adalah sebagai berikut:

Gunakan kata “Born” saat yang kita bicarakan adalah tentang “kelahiran” atau dalam Bahasa Inggrisnya “birth”.

Contoh: I was born in Padang. (Saya lahir di Padang.) – Passive Voice

Gunakan kata “Borne” sebagai bentuk past participle dari kata “Bear” jika yang dirujuk adalah hal lain, selain tentang “kelahiran”. Intinya kata ini bisa digunakan untuk semua hal namun tidak bisa digunakan untuk membicarakan kelahiran.

Contoh: Malaria is one of mosquito-borne disease. (Malaria adalah salah satu penyakit yang ditularkan melalui nyamuk.)

Bagaimana sobat, bisa dipahami kan? Tentu saja ya. Oh ya, ada sedikit tambahan informasi mengenai penggunaan kata Born dan Borne ini sobat. Jika tadi dinyatakan bahwa hanya kata “Born” yang bisa digunakan untuk membicarakan “kelahiran”, maka aturan ini merupakan pengecualian, karena ternyata dalam kalimat aktif dimana kita menyatakan bahwa “someone give birth” atau dalam Bahasa Indonesia nya “seseorang melahirkan”, kata “Borne” lah yang digunakan dan bukanBorn”.

Contoh: Mrs Ivanka has borne two daughters. (Nyonya Ivanka telah melahirkan dua orang putri.)

Contoh Penggunaan Kata Born dan Borne dalam Kalimat

The hospital records show that there were around 350 babies born in the hospital last month.

(Catatan rumah sakit menunjukkan bahwa ada sekitar 350 bayi lahir di rumah sakit itu bulan lalu.)

Having a new project in Australia, the Indonesian-born architect decided to move into the country with his family.

(Memiliki sebuah proyek baru di Australia, arsitek kelahiran Indonesia itu memutuskan untuk pindah ke negara tersebut bersama keluarganya.)

Alicia had borne her misery for more than seven years.

(Alicia telah menanggung penderitaan itu selama lebih dari tujuh tahun.)

The old lady has borne two sons and a daughter.

(Wanita tua itu telah melahirkan dua anak laki-laki dan satu anak perempuan.)

Seperti itulah tadi sobat penjelasan singkat serta contoh penggunaan kata Born dan Borne dalam kalimat, semoga penjelasan yang saya sajikan bisa kamu pahami dengan mudah ya. Terimakasih banyak atas waktu yang kamu luangkan untuk membaca keseluruhan artikel ini, mudah-mudahan informasi yang ada di dalamnya bermanfaat bagimu. Sampai ketemu lagi dalam artikel lainnya. Sekarang silahkan lanjutkan dengan membaca artikel yang berjudul: Beda Lend Dan Borrow Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya.

Referensi:

  1. Born vs. Borne – https://www.grammarly.com/blog/borne-born/ – Diakses tanggal 25 Mei 2019
  2. Borne vs. Born: What’s the Difference? – https://writingexplained.org/borne-vs-born-difference – Diakses tanggal 25 Mei 2019
  3. Difference Between Born and Borne – http://www.differencebetween.net/language/words-language/difference-between-born-and-borne/ – Diakses tanggal 25 Mei 2019
  4. Perbedaan antara “Born” dan “Borne” beserta Contoh Kalimatnya – https://www.wordsmile.com/pengertian-perbedaan-contoh-kalimat-born-borne – Diakses tanggal 25 Mei 2019
  5. Use Borne in a sentence – https://sentence.yourdictionary.com/borne – Diakses tanggal 25 Mei 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *