Bagaimanakah Cara Menggunakan So Do I Dan Me Too Yang Benar?


Dulu saya sering berkumpul bersama kenalan dari luar negeri. Terkadang kami nonton bareng di bioskop, jalan jalan ke pantai, mengadakan kegiatan barbekyu, atau bahkan sekedar nongkrong sambil ngobrol dan bermain kartu uno hehe. Bagi saya pengalaman berkumpul bersama bule itu sangat menyenangkan, karena selain mereka sering menceritakan kondisi negara mereka, saya juga punya kesempatan banyak sekali untuk mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris saya secara gratis, dan inilah yang paling saya sukai.

Saya ingat sekali waktu itu kemampuan Bahasa Inggris saya masih sangat pas pas an. Sewaktu ngobrol dengan teman teman bule, saya perhatikan, kok mereka sedikit sedikit bilang “So do I”, dan ada juga yang menyaut dengan ucapan “me too” saat mereka ingin menunjukkan persetujuan mereka atas sebuah ucapan dari seseorang. Saya jadi penasaran, kenapa begitu ya,apa sebenarnya arti dari ucapan “So do I” dan “Me too” ini. Akhirnya saat sudah pulang, saya putuskan untuk mencari tau lebih jauh tentang hal ini.

Jaman itu saya masih belum mengenal mbah google ya sobat hehe, jadi saya akhirnya bertanya kepada mbah goowe (gue) hehe. Ya, saya kebetulan punya mbah yang lumayan fasih berbahasa Inggris dan Jerman, jangan tanya gimana bisa ya sobat, saya juga nggak tau haha. Dan akhirnya kamu tau jawaban apa yang saya dapatkan ? Ternyata mbah saya nggak tau juga apa arti ungkapan “so do I” dan “Me too”. Wadooh mbah, aku kudu piyee.

Related: Antara Worth Dan Worthwhile Dimanakah Perbedaannya ?

Untung saja tetangga saya waktu itu adalah guru Bahasa Inggris, akhirnya saya beranikan diri untuk bertanya karena sangat penasaran. Dan ternyata inilah penjelasan tentang pengertian dan cara penggunaan ungkapan so do I dan me too dalam percakapan Bahasa Inggris. – Bigbanktheories.com

Arti Me Too Dan So Do I

Cara Menggunakan So Do I Dan Me Too

Pengertian So Do I Dan Me Too

Baik ucapan “so do I” dan juga “me too” keduanya bisa diartikan dengan “saya juga” atau “aku juga”. Kedua ungkapan ini sama sama digunakan sebagai jawaban singkat untuk menunjukkan bahwa kita menyetujui / merasakan / mengalami hal yang sama seperti dalam pernyataan sebelumnya. Atau singkatnya, ucapan so do I dan me too ini adalah respon singkat sebagai tanggapan atas pernyataan positif yang dilontarkan orang lain.

Nah, karena ada dua ungkapan, kamu pasti bertanya tanya deh, apa dong perbedaan antara “So do I” dan “Me too” ? Oke, abang akan jelasin hehe. Jadi begini, ungkapan “Me too” itu lebih cenderung informal dan juga cenderung lebih serba guna. Apa maksud serba guna disini ? maksudnya adalah, ucapan “Me too” bisa digunakan tanpa harus menghiraukan bentuk auxiliary verb dari pernyataan sebelumnya. Sedangkan bentuk ucapan “So do I” ini akan mengikuti bentuk auxiliary verb dari statement sebelumnya dengan pola kalimat seperti berikut ini :

So + auxiliary verb + subject

Hal ini berarti pola ini tidak hanya berlaku untuk ucapan “so do I” saja, namun dapat berubah mengikuti subject dan juga auxiliary verb dalam pernyataan sebelumnya. Berikut ini akan kami tampilkan contoh kalimat dengan menggunakan ungkapan “So do I” dan “Me too”. Melalui contoh di bawah ini kamu akan bisa memperhatikan perbedaan dalam penggunaan keduanya.

Contoh Penggunaan Ucapan “So do I” dan “Me too”

I am happy. – So am I – Me too

I did my homework last night. – So did I – Me too

I’ve had enough of this exercise. – So have I – Me too

I want to drink. – So do I – Me too

Bagaimana ? ada sedikit perbedaan kan ternyata dalam penggunaan ucapan “So do I” dan “Me too”. Kalau kamu, akan pilih untuk menggunakan yang mana nih ? Kalau saya sih, dua dua nya oke deh hehe. Sip ya sobat, terimakasih kunjungannya hari ini, selamat belajar dan sampai jumpa lagi.

Referensi :

  1. When Do We Use Me Too And So Do I – http://forum.thefreedictionary.com/postst14772_when-do-we-use—me-too–and–so-do-I–.aspx – Diakses tanggal 7 November 2016
  2. Pengertian Dan Penggunaan So Do I – http://www.wordsmile.com/so-do-i – Diakses tanggal 7 November 2016
  3. So Do I Matching Exercise – http://www.better-english.com/grammar/sodoi.htm – Diakses tanggal 7 November 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *