Baca Artikel Ini Untuk Tau Perbedaan Antara Must Dan Have To


Pengen tau nggak sih apa bedanya must dan have to itu? Kalau saya sih pengen banget, soalnya nih ya, kedua kata init uh sering banget di pakai di kegiatan kita sehari hari, maksudnya kegiatan yang berhubungan dengan Bahasa Inggris ya, kayak misalnya speaking, writing dan juga reading.

Kata must dan have to kalau diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia artinya “harus”, nah lho, kalo dua kata ini artinya sama, terus apa nggak ada bedanya? Jawabannya ya ada dong, kalau dilihat dari bentuk fisik nya saja sudah jelas beda ya sobat, saya pun awalnya cuma tau bahwa kata “must” itu tidak pakai “to”, jadi nggak ada tuh istilah “must to”, yang ada ya “have to”. Jadi selama ini saat ingin mengungkapkan kata “harus” dalam Bahasa Inggris saya tinggal memilih antara kedua kata itu secara random. Padahal ada lho perbedaan antara must dan have to yang perlu kita ketahui supaya kita bisa memilih dengan tepat. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Must Dan Have To

Perbedaan Antara Must Dan Have To

Perbedaan Antara Must Dan Have To

Kata must dan have to memiliki persamaan yaitu sama sama bisa digunakan untuk mengungkapkan kata “harus”. Namun kedua kata ini juga memiliki beberapa perbedaan. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara must dan have to yang telah kami kumpulkan dari berbagai sumber.

Related: Pengertian Reciprocal Pronoun Each Other Dan One Another

Perbedaan pertama yang bisa kita amati adalah saat kalimat dimana kata must dan have to digunakan, diubah kedalam bentuk negative dan juga interrogative. Supaya lebih mudah mengamatinya, kami akan tampilkan dalam bentuk rumus must dan have to.

Rumus Penggunaan Must

Positive: Subject + Must + Bare Infinitive

Negative: Subject + Must + not + Bare Infinitive

Interogative: Must + Subject + Bare Infinitive

Rumus Penggunaan Have to

Positive: Subject + have/has to + Bare Infinitive

Negative: Subject + don’t/doesn’t + have to + Bare Infinitive

Interogative: do/does + Subject + have to + Bare Infinitive

Bagaimana sobat? Terlihat kan bedanya. Ternyata saat berubah kedalam bentuk kalimat negative dan interrogative, pola “Have to” memerlukan tambahan berupa “do/does” yang merupakan dummy auxiliary. Hal ini dikarenakan “have to” merupakan phrasal modal yang masih membutuhkan “do”, sedangkan “must” adalah termasuk modal auxiliary verb jadi tidak membutuhkan “do” lagi yang merupakan auxiliary juga. Selain itu, perlu kita ketahui juga bahwa “have to” memiliki bentuk past yaitu “had to” dan juga bentuk future berupa “will have to”.

Perbedaan selanjutnya terletak pada sumber dari mana rasa keharusan itu muncul. Maksudnya disini adalah, kata “must” digunakan saat penilaian itu datang dari diri kita sendiri, misalnya saat kita memutuskan untuk melakukan sesuatu (subjective obligation). Sedangkan “have to” digunakan saat ada campur tangan orang lain yang menyebabkan adanya keharusan atau kewajiban tersebut (objective obligation). Supaya lebih jelas, ayo kita amati contoh kalimat must dan have to berikut ini.

Contoh Kalimat Must Dan Have To

I must study seriously for final exam.

(Saya harus belajar dengan serius untuk ujian akhir.)

We must not consume too much sugar.

(Kita tidak boleh memakan gula terlalu banyak.)

Must you quit your job?

(Haruskah kamu keluar dari pekerjaanmu?)

I have to arrive at school before 7.00 am or the security will already close the gate.

(Aku harus tiba di sekolah sebelum pukul 7.00 atau satpam sudah akan menutup gerbang.)

She doesn’t have to pay the hospital fee.

(Dia tidak perlu membayar biaya rumah sakit.)

Do you have to attend the meeting?

(Apakah kamu harus menghadiri pertemuan itu?)

Itulah tadi sekilas materi yang bisa kami sampaikan tentang perbedaan must dan have to, semoga bisa dipahami dengan baik. Terimakasih untuk kunjungannya hari ini, jika ada kekurangan dan kesalahan dalam materi yang kami sampaikan, kami minta maaf dan harap untuk bisa dimaklumi. Sebagai penutup, kami ingin menambahkan sedikit informasi lagi tentang penggunaan must dan juga have to dalam Bahasa Inggris, yaitu ternyata saat digunakan dalam situasi informal, seperti saat berbicara misalnya, kata must dan have to ini bisa saling menggantikan, namun yang paling sering digunakan adalah “have to”. Semoga informasi ini berguna, dan sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya.

Referensi:

  1. Penggunaan ‘Must’ dan ‘Have to’ – http://www.englishcafe.co.id/penggunaan-must-dan-have-to/ – Diakses tanggal 28 Januari 2017
  2. Perbedaan Must Dan Have To Dalam Bahasa Inggris – http://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/perbedaan-must-dan-have-to-dalam-bahasa-inggris.aspx – Diakses tanggal 28 Januari 2017
  3. Pengertian, Penggunaan, dan Contoh Kalimat Must dan Have To – http://www.wordsmile.com/penggunaan-contoh-kalimat-must-have-to – Diakses tanggal 28 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *