Ayo Pahami Perbedaan Antara Effective dan Efficient Di Sini


Sering sekali kita mendengar seseorang menggunakan kata Effective dan Efficient, terutama saat sedang membahas tentang suatu pekerjaan. Kita lihat saja dari kutipan berikut ini: “kita harus berusaha untuk bisa bekerja secara effective dan efficient”, melihat contoh kalimat tersebut kita mungkin bisa membuat dugaan bahwa kata Effective dan juga Efficient itu adalah dua hal yang berbeda. Namun yang jadi pertanyaan sekarang adalah, apakah kita benar benar paham perbedaan antara kata Effective dan Efficient ini? Kita harus berhati hati lho, karena kalau tidak bisa saja kita tertukar saat menggunakannya dalam kalimat.

Jika kita mengenal kedua kata ini hanya karena sering mendengar orang lain menggunakannya dalam kalimat, ada kemungkinan lho pemahaman yang kita punya sekarang salah. Alasannya karena kata Effective dan Efficient ini sering dianggap memiliki pengertian yang sama, padahal sebenarnya keduanya merujuk pada hal yang berbeda. Oleh karena itu ada yang menjuluki nya sebagai “false friend” atau dalam Bahasa Indonesia nya “teman palsu”, ya seperti kamu, pura pura temen tapi… cie curhat hehe. Intinya kedua kata ini sering dianggap sama namun sebenarnya tidak. Untuk itu, kita perlu mempelajari pengertian dan juga cara penggunaan yang tepat dari kata Effective dan Efficient ini. – Bigbanktheories.com

Perbedaan Antara Kata Effective Dan Efficient

Ayo Pahami Perbedaan Antara Effective Dan Efficient Di Sini

Perbedaan Effective dan Efficient

Saat kita menggunakan kata Effective dan Efficient, arah pembicaraan kita sebenarnya sama, yaitu membahas tentang “hasil” dari suatu tindakan atau usaha. Keduanya juga sama sama merupakan adjective (kata sifat), jadi sangat wajar kalau kita bingung dalam membedakan keduanya. Supaya tidak bingung lagi, perhatikan penjelasan singkat di bawah ini:

Related: Pengertian Dan Penggunaan Gonna Dalam Bahasa Inggris

Sesuatu yang disebut “Effective” adalah sesuatu yang bisa menghasilkan apa yang diharapkan. Misalnya saja, saat belajar Bahasa Inggris di kelas, pelajar di tingkat SMP ternyata masih kesulitan dalam mengingat vocabulary atau kosa kata baru yang di ajarkan oleh guru. Lalu guru itu pun menganalisa proses belajar mengajar di kelas selama ini, ternyata selama ini yang dilakukan oleh Guru tersebut adalah menuliskan kata kata baru yang ingin di ajarkan kepada siswa. Kemudian guru tersebut memutuskan untuk mengganti metode mengajarnya dengan menggunakan kartu bergambar yang mengilustrasikan vocabulary baru tersebut. Dan ternyata setelah dilakukan, siswa mampu mengingat lebih banyak kosa kata baru. Dengan begini kita bisa mengatakan bahwa metode baru yang digunakan guru tersebut adalah metode yang “Effective”.

Sesuatu yang disebut “Efficient” adalah sesuatu yang bisa menghasilkan apa yang diharapkan tanpa harus membuang atau menghabiskan energi, waktu dan sumber daya lainnya yang tidak diperlukan. Kita gunakan contoh yang sama dengan contoh di atas, yaitu tantangan dalam mengajar vocabulary. Metode baru yang digunakan guru tersebut memang berujung pada hasil yang diharapkan, tapi dalam proses nya, guru tersebut tentu membutuhkan waktu tambahan untuk mempersiapkan “kartu bergambar” untuk mengajar keesokan harinya kan? Nah, sekarang metode tersebut kita ganti dengan cara membawa laptop ke sekolah, dan di saat siswa menemukan kosakata baru, kita tinggal mencari nya di Google dan menunjukkan gambar nya. Cara ini tentu lebih instan, tidak menguras waktu guru tersebut namun tetap bisa mencapai hasil yang diinginkan. Nah, cara kedua ini bisa kita sebut dengan cara yang “Efficient”.

Bagaimana sobat? Bisa dipahami sampai disini? Jadi bisa kita simpulkan bahwa selama sesuatu itu bisa menghasilkan apa yang kita harapkan, maka sesuatu itu “Effective”, namun bila dalam pelaksanaannya ternyata banyak hal tidak penting yang kita lakukan, maka hal tersebut sebenarnya tidak “Efficient”. Intinya kata “Efficient” disini mengandung makna bahwa tidak banyak yang terbuang percuma dalam mencapai sebuah “Goal” atau tujuan.

Oke deh, sekarang sudah tidak bingung lagi kan tentang perbedaan antara Effective dan Efficient? Sebagai penutup kami akan menampilkan sebuah contoh penggunaan kata Effective dan juga Efficient dalam kalimat yang mungkin akan lebih memantapkan pemahaman sobat semua.

Contoh Penggunaan Kata “Effective” dan “Efficient” dalam Kalimat

The flash card method is an effective way in teaching vocabulary, but it is more efficient for the teacher to show the picture of the word by using their laptop.

Sekian yang bisa kami sampaikan seputar pengertian dan juga perbadaan antara kata Effective dan Efficient, semoga bisa dipahami dengan mudah. Sampai ketemu lagi dalam artikel lainnya dan jangan lupa baca postingan terbaru kami yang berjudul Elliptical Construction Beserta Fungsi dan Contohnya.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Efficient dan Effective – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-efficient-effective – Diakses tanggal 12 September 2017
  2. How to Use Effective and Efficient – http://www.learnersdictionary.com/qa/How-to-Use-Effective-and-Efficient – Diakses tanggal 12 September 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *