Aturan Perubahan Bentuk Adjective Dalam Superlative Degree


Superlative Degree adalah bentuk adjective / adverb yang kita pakai saat kita ingin membandingkan seseorang atau sesuatu dengan kelompoknya. Apa maksudnya ? maksudnya disini adalah, dalam Superlative Degree, kita tidak lagi sedang membandingkan seseorang atau sesuatu dengan satu orang atau suatu benda lainnya, namun kita sedang membahas tentang bagaimana kelebihan atau kekurangan dari suatu hal jika dibandingkan dengan hal sejenis dalam skala besar. Misalnya saja kita ingin menyatakan bahwa salah satu kucing peliharaan kita adalah yang paling malas diantara kucing lainnya, pada situasi seperti inilah kita menggunakan bentuk Superlative Degree.

Sama halnya dengan bentuk Comparative Degree, sebuah adjective dalam versi Superlative Degree akan mengalami perubahan bentuk dari bentuk dasarnya. Perubahan bentuk tersebut ada yang bersifat beraturan (Regular Form) dan ada juga yang tidak memiliki aturan (Irregular Form), namun tentunya kita harus mengetahui keduanya. Sekarang, ayoo kita pelajari pengertian serta berbagai aturan perubahan bentuk adjective dalam superlative degree. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Superlative Degree

Aturan Perubahan Bentuk Adjective Dalam Superlative Degree

Pengertian Superlative Degree

Superlative degree merupakan tingkatan ke-tiga dalam urutan Degrees of Comparison. Urutan degrees of comparison dari yang pertama hingga yang terakhir adalah sebegai berikut : Positive Degree, Comparative Degree, dan Superlative Degree. Jika dalam comparative degree kita menyatakan bahwa benda A lebih besar dari benda B, maka dalam tingkatan superlative degree tidak seperti itu lagi, namun pernyataannya menjadi benda A paling besar diantara benda sejenisnya. Hasil terjemahan yang selalu mengandung kata “paling” inilah yang menyebabkan superlative degree biasa kita kenal juga dengan “tingkatan paling” dalam Bahasa Indonesia.

Related: Bagaimanakah Cara Menggunakan So Do I Dan Me Too Yang Benar?

Hal yang perlu kita pelajari dari materi tentang Superlative Degree ini adalah pola atau rumus yang kita gunakan saat ingin membentuk sebuah Superlative Degree. Jika kita sudah memahami hal ini, akan mudah bagi kita untuk menggunakannya dalam kalimat. Berikut ini adalah penjelasan singkatnya.

Rumus Superlative Degree Beserta Berbagai Contohnya

Perubahan bentuk adjective dalam superlative degree bisa kita kelompokkan menjadi regular dan irregular form. Untuk mengawali pembahasan kita, kami akan menampilkan aturan perubahan bentuk adjective dalam regular form terlebih dahulu. Berikut penjelasannya :

Regular Form (Bentuk Perubahan Beraturan)

Sebagian adjective akan mengikuti pola pola berikut ini dalam perubahan bentuknya saat kita gunakan sebagai bentuk superlative degree.

Satu Suku Kata (One Syllable)

Penambahan Suffix “-est”

Sebuah adjective yang terdiri dari satu syllable umunya akan diberi akhiran (-est) sebagai bentuk superlative degree. Pada beberapa kata yang memiliki susunan huruf berupa “consonantvowelconsonant” , kita akan menemui penggandaan huruf consonant terakhir sebelum kemudian kita beri akhiran (-est), misalnya saja kata THIN (T : consonant, H : consonant, I : vowel, N : consonant), maka yang akan kita gandakan adalah hurufN”. Dan bentuk superlative degree dari kata “Thin” menjadi “Thinnest”.

Contoh Superlative Degree Adjective One Syllable

Young – Youngest

Old – Oldest

Cold – Coldest

Fine – Finest

Tall – Tallest

Lebih Dari Satu Suku Kata (More Than One Syllable)

Penambahan Kata “Most”

Sebuah adjective yang terdiri dari lebih satu suku kata umumnya diberi tambahan katamost” di depannya sebagai perubahan kedalam bentuk superlative degree.

Contoh Superlative Degree Adjective With “Most”

Difficult – Most difficult

Beautiful – Most beautiful

Handsome – Most handsome

Famous – Most famous

Stupid – Most stupid

Aturan Superlative Degree Untuk Adjective Berakhiran Huruf “Y”

Untuk beberapa adjective yang berakhiran hurufY” terdapat peraturan khusus, yaitu dengan menghilangkan hurufY” tersebut, dan kemudian menambahkan akhiran-iest”.

Contoh Superlative Degree Adjective Berakhiran Huruf “Y”

Lazy – Laziest

Easy – Easiest

Funny – Funniest

Pretty – Prettiest

Busy – Busiest

Penambahan Suffix “-est”

Meskipun terdiri dari lebih dari satu suku kata, beberapa adjective berikut ini sudah bisa dirubah kedalam bentuk superlative degree hanya dengan menambahkan akhiran (-est) seperti halnya dalam aturan satu syllable. Kata kata tersebut diantaranya adalah : SimpleSimplest, CleverCleverest, NarrowNarrowest.

Irregular Form (Bentuk Perubahan Tak Beraturan)

Adjective berikut ini tidak memiliki pola dalam perubahannya kedalam bentuk superlative degree, jadi sebisa mungkin cobalah untuk menghafalkannya.

Bad

Superlative Degree Form : Worst

Far

Superlative Degree Form : Furthest

Good

Superlative Degree Form : Best

Little

Superlative Degree Form : Least

Contoh Kalimat Superlative Degree

Marjuki is the oldest in his family.

My house is the biggest in the neighbourhood.

Marjoko is the most famous person in my village.

Today is the busiest day in this week.

Marjoko and Marjuki are the best fighter in my village.

Bagaimana sobat ? mudah dimengerti kan penjelasan yang kami berikan dalam artikel ini. Kami harap artikel kami kali ini bisa membantu sobat dalam mempelajari materi superlative degree dalam Bahasa Inggris. Jika sobat menyukai artikel ini dan merasa materi ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya di facebook atau twitter kamu ya, suaya semakin banyak yang bisa mempelajari Bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan. Kami akhiri dulu sampai disini, terimakasih banyak atas kunjungannya, sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *