Aturan Penggunaan Tanda Baca Slash Dalam Bahasa Inggris


Saat mempelajari Bahasa Inggris, tidak hanya kosakata (vocabulary) dan grammar saja ternyata yang perlu kita ketahui, tapi juga tentang penggunaan tanda baca (punctuation). Kenapa begitu ya ? Hal ini karena ada beberapa tanda baca yang juga berperan dalam membentuk makna kalimat. Salah satunya adalah tanda “Slash” atau garis miring. Nah, bagaimanakah pengertian dan juga cara penggunaan tanda baca slash ini dalam kalimat Bahasa Inggris ? Baca penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini. – Bigbanktheories.com

Tanda Slash Sebagai Salah Satu Punctuation Dalam Bahasa Inggris

Penggunaan Tanda Baca Slash Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Tanda Baca Slash

Tanda slash ( / ) umumnya dalam Bahasa Indonesia dikenal juga dengan istilah “garis miring” atau dalam Bahasa Inggrisnya disebut juga dengan “virgule”. Ternyata tanda baca yang satu ini memiliki beberapa kegunaan, yang sebagian besarnya haruslah dihindari dalam penulisan yang bersifat formal. Dan perlu diingat juga bahwa tanda “backslash” atau yang bentuk nya seperti ini ( \ ) tidaklah sama dengan tanda “slash”, jadi jangan sampai tertukar.

Aturan Penggunaan Tanda Baca Slash

Berikut ini sudah kami rangkum beberapa aturan penggunaan tanda baca slash dalam Bahasa Inggris yang penting untuk kamu ketahui. Silahkan dibaca satu persatu.

Related: First Person, Second Person Dan Third Person Dalam Grammar

Penggunaan Tanda Baca Slash Dalam Puisi (Poetry)

Salah satu penggunaan tanda baca slash yang diterima secara umum dalam bentuk tulisan yang bersifat formal adalah penggunaan slash dalam poetry atau puisi. Tanda baca slash dengan satu spasi dikedua sisinya menandakan line break (pemisah baris).

Penggunaan Tanda Baca Slash Dengan Makna nya

Bermakna “per”

Tanda slash terkadang digunakan sebagai bentuk pendek dari “per”, misalnya seperti kasus berikut ini : a $200/day earning – dibaca “a two hundred dollar per day earning.

Bermakna “and”

Tanda slash terkadang digunakan juga sebagai bentuk pendek dari “and” atau dan. Contohnya seperti dalam kalimat berikut ini : Jimmy is taking basic structure/intermediate structure subject this semester.

Bermakna “or”

Tanda slash juga bisa mewakili makna “or” dalam kalimat, misalnya seperti contoh berikut ini : Each passanger must bring his/her boarding pass to the gate of departure.

Singkatan Menggunakan Tanda Baca Slash

Berikut ini adalah contoh singkatan menggunakan tanda baca slash dan makna nya :

c/o

Artinya : care of

P/E ratio

Artinya : price-to-earnings ratio

w/

Artinya : with

Pecahan (Fractions)

Tanda baca slash juga digunakan sebagai pemisah antara penyebut (denominator) dengan pembilang (numerator) di dalam sebuah pecahan. Misalnya 1/4

Rentang Waktu 2 Tahun

Tanda baca slash juga digunakan untuk menunjukkan rentang waktu 2 tahun. Misalnya seperti contoh berikut ini : This regulation is for 2010/11 curriculum only. Selain untuk rentang waktu 2 tahun, tanda slash ini bisa juga digunakan untuk menunjukkan rentang waktu yang berdekatan seperti : sunday/monday evening.

Oke sobat, itulah tadi beberapa aturan penggunaan tanda baca slash dalam Bahasa Inggris. Semoga dengan contoh yang kami berikan, kamu akan lebih mudah memahami cara penggunaan tanda slash tersebut. Kami akhiri dulu sampai disini ya sobat, mohon maaf jika ada kekurangan dalam penjelasan yang kami berikan. Terimakasih untuk kunjungannya.

Referensi :

  1. Slash – http://www.thepunctuationguide.com/slash.html – Diakses tanggal 10 November 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *