Aturan Penggunaan Semicolon Dalam Bahasa Inggris Yang Tepat


Kamu tau apa itu semicolon? Kalau di terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia artinya adalah “titik-koma”. Saya pribadi sih tau bahwa ada tanda baca dalam Bahasa Indonesia yang disebut “titik-koma” ini, tapi jujur saja nih sobat, selama ini saya juga tidak begitu mengerti tantang tata cara menggunakan tanda baca ini dalam penulisan, walaupun tulisan yang saya buat sebenarnya dalam Bahasa Indonesia hehe. Sebenarnya hal ini wajar juga sih buat saya, karena saya memang sangat jarang, bahkan hanya beberapa kali saja saya menggunakan tanda baca semicolon ini saat menulis.

Tapi tenang saja sobat, karena saya mau membuat artikel tentang penjelasan dan aturan penggunaan semicolon, saya sudah mempelajarinya terlebih dahulu kok hehe. Jadi kamu tidak perlu ragu untuk membaca penjelasan berikut ini, mudah mudahan saya tidak member penjelasan yang sesat kok. Selamat membaca ya sobat. – Bigbanktheories.com

Punctuation - Semicolon

Aturan Penggunaan Semicolon

Pengertian Semicolon

Semicolon atau yang dalam Bahasa Indonesia nya kita kenal dengan istilah “titik=koma” merupakan tanda baca (punctuation) yang kita pakai untuk menghubungkan dua independent clause. Kedua independent clause yang kita hubungkan ini pada dasarnya memiliki keterkaitan atau merupakan perbandingan antara satu dan lainnya. Tapi bila sudah ada conjunction seperti : and, but, or, nor, for, so dan yet diantara dua independent clause tersebut, jangan gunakan semicolon.

Related: Possessive Case Dalam Pronoun Bahasa Inggris Serta Contohnya

Saat menjadi penghubung antara dua independent clause, tanda baca semicolon sebenarnya bisa digantikan dengan period / full stop (tanda titik). Lalu apa alasanya kita menggunakan semicolon ? Beberapa alasan penggunaan semicolon dalam kalimat adalah sebagai berikut :

Memberi Variasi Dalam Menulis

Salah satu alasan kita menggunakan semicolon daripada period adalah untuk menambah variasi kalimat dalam tulisan kita. Kita tau bahwa independent clause bisa berdiri sendiri sebagai sebuah sentence atau kalimat. Bayangkan saja misalnya tulisan kita jadi mengandung begitu banyak kalimat yang pendek, tentunya beberapa kalimat tersebut akan lebih baik jika digabungkan dan dihubungkan menggunakan semicolon.

Semicolon Lebih Menekankan Keterkaitan Antar Kalimat

Alasan lainnya dalam menggunakan semicolon pada tulisan kita adalah untuk menunjukkan bahwa ada keterkaitan yang cukup dekat antara kedua clause. Perhatikan contoh berikut ini.

Contohnya : I have a final examination tomorrow; I can’t go out with you tonight.

Kedua kalimat ini sebenarnya bisa saja dipisah dengan period (tanda titik). Namun dengan menggunakan semicolon diantara keduanya, akan lebih menekankan alasan, mengapa subject tidak bisa ikut keluar malam itu.

Semicolon Bisa Digunakan Sebagai Pemisah Daftar Hal Hal Kompleks

Kita juga bisa menggunakan semicolon sebagai pemisah dalam sebuah list yang berisi hal hal yang cukup kompleks jika hanya dipisahkan dengan menggunakan comma (tanda koma) saja.

Contohnya : This month lucky winners are Pistachio from Reno, Nevada; Garret frim Irvine, California; and Marvee from Phoenix, Arizona.

Seperti contoh di atas ini, tanda comma digunakan untuk memisahkan antara nama kota dan negara bagiannya. Sedangkan semicolon digunakan untuk memisahkan masing masing item tersebut. Bayangkan kalau hanya menggunakan comma saja, pastinya kita akan bingung karena semua informasinya tercampur.

Itulah tadi sobat beberapa alasan mengapa kita perlu menggunakan tanda baca semicolon ini. Sekarang, bagaimana cara atau aturan penggunaan semicolon yang tepat dalam kalimat ? Mudah sekali sobat yang perlu kamu ingat. Berikut caranya.

Aturan Penggunaan Semicolon Dalam Kalimat

Ada dua hal yang kamu perlu ingat dalam penggunaan semicolon pada tulisanmu, yang pertama adalah tidak ada spasi sebelum tanda semicolon tapi ada satu spasi setelahnya. Yang kedua adalah bahwa pada dasarnya tanda semicolon ini bisa digantikan dan bisa menggantikan tanda period (tanda titik).

Bagaimana ? Mudah bukan. Sekarang ayo kita lihat contoh penggunaan semicolon berikut ini.

Contoh Penggunaan Semicolon

My mother is a teacher; My mother is kind.

(Ibu saya adalah seorang guru; ibu saya baik hati.)

The kid stole my phone; it is not his first rodeo.

(Anak itu mencuri hape saya; tindakan ini bukan aksi pertamanya.)

Miss Mayamu likes my performance last night; I feel great to hear that.

(Nona Mayamu menyukai penampilan saya kemarin malam; saya merasa senang mendengarnya.)

Nah sobat, sampai disini dulu ya pembahasan materi tentang aturan penggunaan semicolon dalam kalimat Bahasa Inggris yang tepat. Agak sulit memang membiasakan diri menggunakan tanda baca semicolon ini, tapi tentunya itu hanya awal awal saja, jika sudah terbiasa maka kita akan bisa menggunakannya dengan lancar. Kami pamit dulu, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penjelasan kami. Sampai jumpa.

Referensi :

  1. Pengertian Dan COntoh Penggunaan Semicolon (Titik Koma) – http://www.wordsmile.com/penggunaan-semicolon-titik-koma-bahasa-inggris – Diakses tanggal 17 November 2016
  2. How To Use Semicolons – http://www.quickanddirtytips.com/education/grammar/how-to-use-semicolons?page=3 – Diakses tanggal 17 November 2016
  3. How To Use A Semicolon – http://theoatmeal.com/comics/semicolon – Diakses tanggal 17 November 2016
  4. Penggunaan Tanda Baca Semicolon – http://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/penggunaan-tanda-baca-petik-dalam-bahasa-inggris/penggunaan-tanda-baca-semicolon.aspx – Diakses tanggal 17 November 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *