Artikel Ini Khusus Membahas Penggunaan Verb Go Dalam Kalimat


Selama kita belajar Bahasa Inggris, kita pasti sudah pernah menggunakan kata Go dalam kalimat. Kami yakin sobat pun pasti tau bahwa kata Go artinya “Pergi” dan memang kata ini merupakan salah satu verb (kata kerja) paling populer dalam Bahasa Inggris. Namun ternyata kata Go yang merupakan sebuah irregular verb (bentuk kata kerja tak beraturan) ini masih sering menimbulkan pertanyaan bagi sebagian orang, terutama pertanyaan yang berhubungan dengan cara penggunaan masing masing bentuk dari verb Go ini yaitu: Go, Went, Gone, Goes dan Going.

Melalui artikel kali ini, kami akan mencoba menjelaskan kepada sobat pembaca semua hal hal yang perlu kita ketahui tentang penggunaan verb Go dan berbagai perubahan bentuknya dalam kalimat. Kami harap dengan informasi yang kami sajikan dalam tulisan ini, sobat pembaca akan tau perbedan antara Go, Goes, Went, Gone dan juga Going dalam Bahasa Inggris, sehingga kamu bisa menggunakan semua bentuk verb Go tersebut dengan tepat. Yuk kita simak penjelasan lengkapnya. – Bigbanktheories.com

Perbedaan Go dan Goes

Berbagai Penggunaan Verb Go

Perbedaan Go dan Goes

Mari kita awali dari pertanyaan yang paling dasar, yaitu tentang perbedaan Go dan Goes. Kenapa saya sebut paling dasar? Karena sebenarnya kedua kata ini bisa dibilang setara, dan dari bentuknya pun bisa kita lihat bahwa keduanya hanya sedikit sekali bedanya, yaitu adanya tambahan akhiran “es”. Lalu apa yang membedakan kedua kata ini dalam kalimat? Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita baca penjelasan tentang penggunaan masing masing kata berikut ini.

Related: Cara Membaca Angka, Tanggal Dan Tahun Dalam Bahasa Inggris

Pengertian dan Penggunaan Go

Kata Go artinya “Pergi”, bentuk ini merupakan contoh verb dasar (Verb 1) yang juga merupakan bare infinitive (kata kerja dasar tanpa penambahan / imbuhan apapun). Verb “Go” biasanya kita gunakan dalam Simple Present Tense untuk kalimat positive yang subject nya I, They, We dan You, dalam kalimat positive future tense, dalam kalimat negative, dan dalam kalimat interrogative.

Contoh Penggunaan Go dalam Kalimat

We go to school by bus everyday.

Mr. Dwayne Johnson will go to Indonesia next month.

I didn’t go there alone.

Will you go to the party?

Pengertian dan Penggunaan Goes

Kata Goes juga berarti “Pergi”, bentuk ini merupakan contoh verb dasar (Verb 1) sebenarnya, namun sudah bukan lagi berupa bare infinitive, karena sudah mendapatkan imbuhan “es” di belakangnya. Lalu dari manakah akhiran “es” ini muncul? Ingatkah sobat bahwa ada aturan khusus dalam Simple Present Tense yang mengatur bahwa, untuk setiap kalimat yang subject nya berupa She, He dan It (singular subject) maka verb atau kata kerjanya harus mendapat suffix (akhiran) berupa “-s/-es” sebagai tanda bahwa verb nya juga hadir dalam bentuk singular, panjelasan lebih lengkapnya bisa sobat temukan dalam materi subject-verb agreement.

Contoh Penggunaan Goes dalam Kalimat

She goes to the market every morning.

He goes to Palembang by train.

It goes to the parking lot.

Bagaimana sobat, sudah jelas kan, ternyata perbedaan antara Go dan Goes terletak pada subject nya dalam bentuk singular atau tidak, ingat ya, ini hanya terjadi dalam simple present tense lho.

Penjelasan Tentang Go, Went, Gone dan Going

Jika ada yang masih bingung dengan perbedaan antara Go, Went, Gone dan juga Going, jangan khawatir sobat, berikut ini adalah penjelasan singkatnya:

Go merupakan bentuk dasar atau Verb 1 umumnya digunakan dalam present tense seperti yang telah dijelaskan di atas.

Went merupakan Verb 2 dari Go, atau bisa dikatakan bentuk perubahan kedua dari verb Go. Umumnya digunakan dalam past tense dalam membicarakan aksi di masa lalu.

Contoh Penggunaan Went dalam Kalimat

We went to Musi river yesterday.

They went to Japan last Summer.

Gone merupakan Verb 3 dari Go, atau bisa dikatakan bentuk perubahan ketiga dari verb Go. Umumnya digunakan dalam perfect tense.

Contoh Penggunaan Gone dalam Kalimat

She said she would be gone for two weeks.

I would have gone to college if I passed the test.

Going merupakan bentuk Verb-ing atau –ing form, atau progressive dari Go. Umumnya digunakan dalam continuous tense.

Contoh Penggunaan Going dalam Kalimat

My friend and I are going to start a website.

I’m going to stay longer in your house.

Itu dia sobat penjelasan singkat tentang perbedaan Go, Went, Gone dan juga Going. Ternyata semuanya merupakan perubahan bentuk dari verb dasar “Go” dan digunakan dalam tense yang berbeda beda.

Nah itulah tadi sekilas pengetahuan dasar yang perlu kita ketahui tentang bentuk bentuk perubahan dari verb Go dalam Bahasa Inggris serta bagaimana cara penggunaannya dalam kalimat. Berikutnya kami akan menampilkan beberapa kombinasi part of speech dengan verb Go dalam kalimat.

Berbagai Contoh Penggunaan Kata Go

Go + -ing form (Present Participle)

Penggunaan pola ini umumnya bertujuan untuk membicarakan kegiatan yang berkaitan dengan perpindahan atau pergerakan.

Contoh: Let’s go swimming this weekend.

Go + over / back / on

Penggunaan pola ini umumnya bertujuan untuk membentuk phrasal verb.

Contoh: Listen to the instruction and then go on to the next chapter.

Go + Adjective

Penggunaan pola ini umumnya bertujuan untuk menggambarkan perubahan dari suatu kondisi atau keadaan.

Contoh: I think we have to stop before everything goes wrong.

Go + and + bare infinitive

Pola seperti ini umumnya digunakan dalam percakapan langsung yang bersifat casual atau tidak formal.

Contoh: You need to go and ask someone who really understand this.

Baiklah sobat, itulah sekilas ulasan singkat yang bisa kami bagikan berkaitan dengan penggunaan verb Go dalam kalimat. Terimakasih atas kunjungannya, kami harap informasi yang ada dalam artikel ini bermanfaat. Tetap semangat belajar, kami tunggu kunjunganmu lagi besok.

Referensi:

  1. Pengertian, Penggunaan, dan Contoh Kalimat Verb Go – https://www.wordsmile.com/pengertian-penggunaan-contoh-kalimat-go – Diakses tanggal 20 April 2017
  2. Perbedaan Kata Go dan Goes – http://tresnoenglish.blogspot.co.id/2016/02/perbedaan-kata-go-dan-goes.html – Diakses tanggal 20 April 2017
  3. Bedanya Go, Goes, Gone dan Went – https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20130824042421AAG5Wtg – Diakses tanggal 20 April 2017
  4. Use Gone in a Sentence – http://sentence.yourdictionary.com/gone – Diakses tanggal 20 April 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *