Arti Ungkapan Can’t Stand Dalam Bahasa Inggris


Sobat, taukah kamu apa arti dari frasa “Can’t Stand”? Misalnya saja dalam kalimat “I can’t stand it anymore”, apakah menurutmu dalam contoh tersebut ungkapan Can’t stand artinyatidak bisa berdiri”? sepertinya bukan ya. Kalimat ini tidak bisa kita terjemahkan secara literal karena ternyata frasaCan’t stand” adalah idiomatic expressions, yang artinya ia mengandung makna khusus yang mungkin berbeda dari terjemahannya secara literal.

Dalam kesempatan kali ini, saya akan menyajikan pembahasan singkat mengenai arti ungkapan Can’t stand dalam Bahasa Inggris serta contoh penggunaannya dalam kalimat. Bagi sobat yang sedang mencari tau tentang makna dan cara penggunaan expression ini, silahkan baca penjelasan di bawah ini dengan teliti. – Bigbanktheories.com

The Meaning of Can't Stand In English

Arti Ungkapan Can’t Stand Dalam Bahasa Inggris

Arti Can’t Stand

Ungkapan Can’t stand artinya “tidak tahan”. Jadi contoh kalimat “I can’t stand it anymore” bisa kita artikan “Saya tidak bisa menahannya lagi”. Tapi perlu sobat ingat bahwa terjemahan dari frasa “Can’t stand” ini bisa fleksibel mengikuti konteks kalimat. Yang jelas, makna yang sebenarnya terkandung di dalam idiom ini adalah:

Related: Arti Ungkapan Catch You Later Dalam Bahasa Inggris

1) Rasa ketidaksukaan terhadap seseorang atau sesuatu yang begitu kuat / dalam

Contohnya: Mr Priyono can’t stand the smell of Jengkol. (Mr Priyono tidak suka bau Jengkol.)

2) Bahwa sesuatu / seseorang itu sama sekali tidak menyenangkan

Contohnya: Alyssa never talk to Hanun anymore because she can’t stand her. (Alyssa tidak pernah bicara pada Hanun lagi karena dia tak tahan dengannya.)

3) Ketidakmampuan untuk menoleransi sesuatu / seseorang dikarenakan rasa jijik atau tidak suka yang begitu kuat (bisa dikatakan bahwa kita membenci sesuatu / seseorang).

Contohnya: I can’t stand loud noises in my workplace. (Saya tidak tahan dengan suara keras di tempat kerja saya.)

Karena frasa Can’t stand mengandung makna seperti yang saya jelaskan di atas, maka menurut Macmillan Dictionary, frasa ini memiliki sinonim yaitu: hate, dan dislike.

Dalam penggunaannya, frasa “Can’t stand” ini akan diikuti oleh direct object. Berikut ini adalah pola atau rumus yang bisa sobat ikuti jika ingin menggunakan ungkapan “Can’t stand” dalam kalimat:

Can’t stand someone / something

Pola: Can’t stand + noun / pronoun

Can’t stand doing something

Pola: Can’t stand + gerund (phrase)

Can’t stand someone doing something

Pola: Can’t stand + agent + gerund (phrase)

Contoh Penggunaan Can’t Stand Dalam Kalimat

Berikut ini saya tampilkan beberapa contoh penggunaan frasa Can’t stand dalam kalimat.

1.I can’t stand cold weather.

(Saya tidak tahan cuaca dingin.)

2.I can’t stand him.

(Saya tidak tahan dengannya / saya membencinya.)

3.I can’t stand waiting for someone.

(Saya tidak suka menunggu seseorang.)

4.I can’t stand my brother making noises in the middle of the night.

(Saya tidak suka adik saya membuat keributan di tengah malam.)

Bagaimana sobat, mudah untuk dipahami kan penjelasan di atas? Saya harap begitu ya. Sampai di sini penjelasan singkat tentang arti ungkapan Can’t stand dalam Bahasa Inggris, mudah-mudahan materi kali ini juga bermanfaat bagi sobat pembaca semua. Oh ya, perlu kamu ketahui bahwa frasa can’t stand ini bisa berubah menjadi couldn’t stand yang cara penggunaan dan artinya sama saja. Saya akhiri sampai di sini, silahkan lanjutkan dengan mempelajari Capitalization Rules Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat “can’t stand” dan Artinya – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-cant-stand-artinya – Diakses tanggal 13 Mei 2019
  2. Someone can’t stand someone / something (phrase) definition and synonyms – https://www.macmillandictionary.com/dictionary/british/someone-can-t-stand-someone-something – Diakses tanggal 13 Mei 2019
  3. can’t stand – https://www.ldoceonline.com/dictionary/can-t-stand – Diakses tanggal 13 Mei 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *